Monday, April 16, 2012

Adat Naik Rumah Masyarakat Bugis-Makassar (Ade 'Mmenre' Bolana Tau Ugi'-mangkasara')

Adat Naik Rumah Masyarakat Bugis-Makassar (Ade'Mmenre' Bolana Tau Ugi'-mangkasara')

Oke cika' kali ini daeng ekky akan bagikan adat budaya naik rumah khas bugis-makassar,bagaimana adat bugis-makassar saat pertama kali nai atau memasuki rumah,beragam polemik dan pendapat mengenai hal ini cika' tap kali ini saya akan bagikan apa-apa saja yang orang bugis lakukan saat pertama kali menginjakkan kaki mereka ke dalam rumah baru mereka.

Langsung saja, untuk adat naik rumah dari masyarakat ini disebut masyarakat sekitar dengan nama MMenre' Bola atau  Nai' Balla', truz bagaimana adatnya,?? mari perhatikan artikel dibawah.


MMENRE' BOLA (NAI' BALLA')

masyarakat yang mengenal dengan nama mmenre'bola atau nai' balla' ini merupakan adat yang sebenarnya sudah melekat di adat bugis makassar sejak lalu,ada beberapa aktivitas atau hal yang masyarakat kerjakan pada ada'mmenre bola ini, oke berikut ini rangkaian acara ataupun ritualnya



1.Barzanji

Barzanji atau nyanyian,puji-pujian kepada Allah dan Nabi besar Muhammad SAW, untuk acara ini masyarakat sendiri menghdirkan para petua atau petinggi masyrakat ataupun para petinggi yang dianggap petinggi agama,selanjutnya para petinggi membaca dan mendo'akan rumah yang akan di masuki atau di tinggali dalam hal ini rumah baru, selanjutnya, para tamu atau para petinggi agama di sajikan kue dan minum.

2.Mappasili

selanjutnya pemilik rumah menyiapkan daun passili,daun khusus yang biasanya sengaja ditanam ataupun di simpan dan dibudidayakan oleh masyarakat, daun mappsili kemudian di taruh pada wajan yang berisi air atau wadah yang berisi air yang sebelumnya telah disiapkan atau di lafazkan bacaan tertentu (Baca-baca bugis makassar)

3. Putara' Mattuliling Bola (berputar mengelilingi rumah)

Setelah menyediakan daun Passili sang pemilik rumah  kemudian berjalan megitari rumah dan memercik-mercikkan air daun passili ke arah rumah atau dinding rumah.

4. Menre Bola

Mmenre bola adalah ritual selanjutnya yaitu para pemilik rumah,orang tua,ayah,ibu dan anak menaiki rumah dengan harapan yang baik,tenang,aman,dan sejahtera

5. Mappaluttu manu

Mappaluttu manu adalah ritual selanjutnya,setelah menaiki rumah,atau masuk ke dalam rumah ritual selanjutnya adalah menerbangkan ayam,ayam yang telah disiapkan sebelumnya akan diterbangkan dan barang siapa yang ada diatas rumah atau didalam rumah yang berhasil menangkapnya menjadi pemilik atau yang mendapatkannya, merupakan bentuk sumbangan sukarela dari pemilik rumah dengan harapan mendapat ridha allah.

6. Mappenre tau

Nah cika' acara inilah rangkaian kegiatan terakhirnya, yaitu mengundang sanak keluarga,tetangga maupun para masyarakat lainnya, untuk naik ke rumah dan disuguhkan kue dan minum teh,dari situ harapannya bisa membentuk keakraban dan sikap saling menghargai,dan menghormati terutama sang empunya rumah sebagai penghuni di tempat atau kampung yang baru.


dari acara dan rangkaian kegiatan itu maka menurut adat bugis makassar sah lah sepasang suami istri atau sebuah keluarga menempati rumah yang baru.

itu dia cika' adat naik rumah bugis-makassar semoga bisa menambah referensi kalian,menambah informasi,juga melestarikan adat budaya kita.

thanks,dan jangan lupa leave commentnya untuk penyempurnaan blog daeng ekky


Posted by : Muhammad Rezki Rasyak

Sunday, April 15, 2012

Mengapa Orang menggunakan Internet (orang menggunakan Internet untuk ???) => Why People Use Internet, People Use Internet for ???

Mengapa Orang menggunakan Internet (orang menggunakan Internet untuk ???) => Why People Use Internet, People Use Internet for ??? 


Nah kali ini daeng Ekky akan bahas mengapa orang menggunakan internet,orang menggunakan internet untuk ?

Internet berasal dari kata International Networking, suati integrasi sosial yang membuat jarak dan eaktu sekarnag sangat verdekatan,kita sekarang seakan hidup dan tinggal di tepat yang sama dengan orang luar negeri,hal itu dikarenakan akses yang sudah sangat mudah sekaranga. Budaya indonesia,adat indonesia dapat disaksikan langsung oleh orang luar negeri ya salah satunya dengan integrasi Internet.

kenapa banyak orang menggunakan internet,kenapa sekarang internet seakan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sendiri,memangnya apa saja yang bisa sesorang lakukan dengan internet,bahkan sekarang banyak orang yang mencari uang dan kaya lewat internet,lewat iklan,lewat toko online, dll.



dari situ salah satu Universitas terkemuka Amerika serikat melakukan survey tentang penggunaan internet,orang-orang menggunakan Internet untuk apa saja ??

nah salah satu Universitas terkemuka Carniege Melon University melakukan survey dengan teknik Homenet,dengan cara ini para pesurvey bisa tau dan memahami penggunaan Internet masyrakat di rumah mereka masing-masing.Mulai tahun 1955 mereka (para pesurvey) menyediakan 50 keluarga dengan hardware koneksi dan mulai mendokumentasikan dengan hati-hati bagaiman mereka menggunakan layanan On-line seperti surat elektronik,Buletin komputerisasi,grup obrolan,dan world wide web.Pada Maret 1997 sudah ada 100 keluarga yang masuk dalam perhitungan survey,melalui perhitungan dan pemantauan rinci pengunaan internet di masing-masing keluarga,survei berkala dan wawancara dengan anggota keluarga,kita dapat mengukur kebutuhan dan dampak dari komunikasi elektronik dan jasa telekomunikasi dari waktu ke waktu.Dan dari temuan awal menunjukan hasil dengan kontras yang besar dari masing-masing keluarga yang menggunakan Internet.
Remaja jauh lebih banyak menggunakan integrasi internet dibandingkan orang tua mereka dan anak laki-laki jauh lebih sering menggunakan Internet dibandingkan anak perempuan,namun diantara orang dewasa  pengguna perempuan lebih banyak daripada pria,terutama dalm penggunaan surat elektronik dalam catatan laporan mereka memerikasa dan mendapati beberapa alasan masing-masing kelompok yang berbeda dalam menggunakan internet tersebut,tujuannya adalah untuk mengetahui apakah tujuan mereka dalam menggunakan internet.



Nah gambar diatas menunjukkan persentase dari masing-masing pengguna Homenet di masing-masing keluarga.Secara keseluruhan Peserta Homenet melaporkan bahwa mereka jjauh lebih sering menggunakan Internet untuk diri mereka sendiri,untuk mendapatkan Informasi seputar hobi dan minnat masing-masing dan untuk berkomunikasi dengan keluarga. Tiga hal tersebut yang paling sering masyarakat kerjakan.seperti yang ditunjukkan pada kolom paling kanan gambar, 35% dari sampel melaporkan bahwa mereka "sering" menggunakan internet untuk mendapatkan informasi terkait hobi, dan 35% melaporkan sering menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan teman dan keluarga luar daerah Pittsburgh. Persentase pengguna sering kurang untuk tujuan lain seperti melakukan pekerjaan sekolah (29%), melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan (23%), atau mendapatkan informasi produk (17%). Peserta jarang melaporkan penggunaan Internet sering untuk bergabung dengan kelompok (4%), untuk benar-benar membeli sesuatu (3%), untuk menghasilkan uang (2%), atau untuk melihat bahan yang berorientasi seksual (2%).

Wanita melaporkan bahwa mereka menggunakan Internet untuk komunikasi lebih dari laki-laki lakukan, termasuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga baik di dalam dan di luar daerah Pittsburgh, dan untuk dirinya sendiri. Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan juga dilaporkan menggunakan Internet lebih untuk tugas sekolah. Pria lebih mungkin untuk melaporkan menggunakan Internet untuk kegiatan non-sosial-untuk mendapatkan informasi produk, untuk men-download perangkat lunak, atau untuk melihat bahan yang berorientasi seksual.
Perbedaannya paling menonjol pada usia tidak mengejutkan. Dewasa lebih cenderung untuk menggunakan Internet sebagai bagian dari pekerjaan mereka dan untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang berhubungan sedangkan remaja lebih cenderung menggunakan Internet untuk sekolah dan untuk mendapatkan informasi orientasi mendidik. Tapi mungkin kurang jelas bahwa orang dewasa daripada remaja lebih cenderung untuk menggunakan Internet untuk mendapatkan informasi produk, untuk membeli barang, untuk membaca berita, dan untuk melihat bahan yang berorientasi seksual.Dibandingkan dengan kelompok lain, laki-laki dewasa yang terutama cenderung menggunakan internet untuk membaca berita. Sebaliknya, remaja lebih cenderung menggunakan internet untuk bermain game, mendengarkan musik, dan untuk bertemu orang baru. Dibandingkan dengan kelompok lain, baik perempuan dewasa dan remaja laki-laki  melaporkan menggunakan internet untuk iklan, untuk menjual, dan untuk menghasilkan uang.


Kesimpulan
Singkatnya, sejauh yang bisa kita bisa pahami dari sampel kami dari 100 rumah tangga di daerah Pittsburgh, kita bisa berasumsi bahwa penggunaan utama masyarakat untuk Internet pada tahun  adalah untuk kesenangan.Mereka menggunakan internet untuk hiburan-untuk  diri mereka sendiri dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kepentingan pribadi mereka. Mereka juga menggunakannya untuk mempertahankan hubungan pribadi. Penggunaan yang paling populer untuk Internet di luar dari kategori hiburan itu untuk berhubungan melalui surat elektronik.Akhirnya, minoritas besar orang juga menggunakan internet untuk tujuan kerja - baik untuk bekerja dibayar dalam kasus orang dewasa atau untuk sekolah dalam kasus remaja.
Dibandingkan dengan alasan-alasan yang sangat dikutip sedikit untuk menggunakan Internet, yang lain seperti bertemu orang baru, bergabung dengan kelompok, atau berpartisipasi dalam group atau chatting tercatat relatif jarang. Kategori umum dari perdagangan elektronik yang diterima dirincikan juga sedikit. Meskipun terlihat seperti banyak orang yang kadang-kadang menggunakan Internet untuk menemukan informasi tentang produk, mereka tampaknya mengeksekusi pembelian mereka melalui saluran lain.



Internet yang signifikan dan  Dampak terhadap Pendidikan
Untuk para murid pada waktu itu, melihatnya sebagai alat untuk kemajuan pembelajaran. Buku pelajaran di beberapa sekolah , berbasis komputer, dan kursus-kursus  sering disebut monoton, sedangkan penelitian di internet bergerak cepat, up to date, dan dan berasal dari sumber-sumber internasional. Siswa merupakan yang pertama  menyadari dampak internet, dari situ kemudian terasa hambatan pendidikan ke pembelajaran telah dihapus. Guru, peneliti, dan akademisi melihat kesempatan pada saat yang sama. 

Pendidikan online lahir.
Kami, para pengembang situs web ini, terkejut mengetahui pada konferensi orang tua-guru bahwa anak kami,  akan menjadi salah satu yang pertama untuk lulus yang karyanya menunjukkan lebih mengandalkan informasi yang diperoleh dari internet dari pada buku teks-nya.Untungnya, guru progresif dan melihat pokok pembelajaran online sebagai keuntungan dan mendorong kebiasaan belajarnya selama ia mencapai tujuan saja.

Dengan hampir 888.631.131 pengguna di internet pada tahun 2005, 13,9% dari populasi. Ketergantungan pada alat ini telah meningkat secara eksponensial. Hambatan sosial menghilang, mahasiswa berinteraksi di seluruh dunia. Seperti meningkatkan teknologi, revolusi teknologi memiliki dampak yang lebih cepat dan lebih dalam pada kehidupan lebih dan lebih.

Pendidik, terutama di perguruan tinggi seperti University of Phoenix, melihat kesempatan awal dan membangun kursus online dan struktur gelar online. Perguruan tinggi yang lebih tradisional berada jauh di belakang karena mereka agak telat menemukan akibatnya mereka kehilangan  partisipasi siswa untuk sekolah berorientasi profit dan harus beradaptasi, untuk mengubah paradigma mereka dan pindah ke pendidikan online.

Ada keuntungan beberapa kunci untuk menggunakan internet untuk pendidikan:
• Fleksibilitas dan berbagai mode dan penampilan
• Kemudahan dan rendah biaya akses untuk pelajar di seluruh dunia
• Kemudahan menempatkan mahasiswa informasi online
• Kemudahan memperbarui informasi program.

Fleksibilitas dan Ragam
Fleksibilitas dari internet adalah keuntungan terbesar untuk pendidikan online. Pada awalnya, beberapa program kuliah berusaha mereplikasi pengalaman perguruan tinggi tradisional: kuliah adalah rekaman video sehingga mahasiswa luar kampus bisa menonton mereka. Namun, seperti Bernadette Howlett dari SPI sehingga dengan cekatan menunjukkan, itu sudah jelas bahwa kuliah adalah bukan cara yang paling berhasil untuk menyampaikan informasi kepada siswa. Mencoba untuk "... pengajaran di kelas mereplikasi dalam lingkungan online ..." akan menyebabkan pendidik  "gagal untuk mengambil manfaat dari kemampuan media.Beberapa situasi mungkin bisa dimanfaatkan misalnya untuk video, tapi bukan hanya untuk menggantikan kuliah face-to face. "
Dengan kemudahan membuat website, termasuk kegiatan interaktif, chatroom, dan blog, siswa pendidikan online dan profesor ataupun pendidik mereka dapat berinteraksi langsung dengan cara yang akrab bagi. Bagi mereka yang baru kenal dengan internet, kegiatan kursus online yang berasimilasi dengan mudah karena ketergantungan pada user-friendly pendekatan. Bahkan mereka yang baru mengenal internet akan belajar menggunakannya sebagai bentuk kemajuan mereka dalam kursus online mereka.

Setidaknya satu program MBA telah dibuat di mana lingkungan perusahaan disimulasikan dengan sangat efektif sehingga siswa memperoleh praktek nyata mengakses dokumen khas, menghadiri pertemuan simulasi, menciptakan "dunia nyata" tugas, dan pada dasarnya mendapatkan on-the-job pengalaman ketika mereka belajar online.

Kemudahan dan Rendah Biaya Akses

Mungkin salah satu dampak terbesar dari internet di pendidikan adalah penghapusan hambatan untuk memperoleh pengetahuan. Hal ini tidak lagi penting gerakan mahasiswa atau bahkan perjalanan dalam rangka mengambil ilmu atau mendapatkan gelar dari perguruan tinggi yang tepat.Pekerja internasional yang harus melakukan perjalanan dari satu daerah ke daerah lain,tentunya menganggap itu suatu kemajuan besar. Untuk mereka yang cacat, studi online adalah equalizer yang lebih besar.
Dengan pendaftaran dalam kursus online dan motivasi dan tanggung jawab diperlukan, seorang mahasiswa di daerah pedesaan dapat tinggal di rumah dan belajar online, misalnya, pemrograman atau database administrator keterampilan. meski tinggal di  pedesaan dan ingin belajar bahasa atau Prinsip Bisnis Internasional?  semuanya udah bisa dikerjakan. Pensiun dan ingin belajar lukisan minyak dari ruang tamu? Anda hanya perlu menemukan kursus seni online yang tepat untuk Anda. Tidak memiliki dana untuk menghadiri sebuah sekolah ? Mengambil kursus online atau mengajar.

Kemudahan dan Rendah Biaya Puting Saluran Informasi

Teknologi online saja terus membaik. Perguruan tinggi telah memanfaatkan media yang tersedia, teknologi yang diuji dari vendor yang terbukti menemukan lebih mudah untuk pindah ke arena online lebih cepat daripada mereka yang berusaha menciptakan pendekatan baru.

Kelas online sekarang berkisar fakultas dan mahasiswa kemudahan menggunakan chat, email, dan pertemuan interaktif untuk mendapatkan dan berbagi informasi. Siswa pemalu yang tidak mungkin berbicara di kelas merasa mudah untuk memasukkan ide-ide mereka selama kelas online mereka. Dan akses masih bisa dipertahankan sehingga mereka yang tidak dapat hadir masih bisa mengakses  informasi. 

Kemudahan Memperbarui Informasi
Tidak seperti merevisi buku teks, perubahan kursus online dapat dengan mudah dibuat atau bahan baru ditambahkan ke kursus online yang ada.Pendaftar kelas online dapat menerima langsung hasil ujian mereka daripada harus menunggu hari untuk mengetahui bagaimana mereka melakukannya.Makalah mahasiswa dapat ditawarkan secara online untuk ditinjau oleh rekan-rekan.  Sumber baru informasi, mungkin sebuah makalah penelitian atau editorial, mudah ditambahkan ke dalam silabus online.

Dan pada akhirnya pertumbuhan internet telah berubah secara signifikan terutama dengan cara kita belajar.Pendidikan online telah memungkinkan bagi kebanyakan dari kita untuk belajar online, untuk menjadi ahli bidang studi, untuk mengembangkan keterampilan bisnis, bahkan untuk belajar meditasi dari mana saja, kapan saja. Pendidikan online memiliki fleksibilitas yang memungkinkan mereka yang terdaftar untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan, itu juga memungkinkan seseorang bisa berkumpul terus dengan  teman kelas, atau menghabiskan waktu dengan keluarga tanpa mempengaruhi pembelajarannya.  Para pekerja termotivasi untuk belajar dan untuk mendapatkan gelar online.

Dan pembelajaran online masih dalam masa pertumbuhan! Pemimpin di lapangan sekarang melihat bagaimana pendidikan bisa menggunakan platform-mobile ponsel, PDA (personal digital assistant), tablet, MP3 player, handheld, laptop, di antara kemungkinan lain, menurut Ellen D. Wagner dan Robby Robson di " Pendidikan Unplugged: Belajar dengan Handphone "

nah itu dia sob seputar internet,penggunaannya dan kemajuaannya,tidak menutup kemungkinan nantinnya kita juga bisa belar homeschool dengan hanya menggunakan akses internet kita dapat menuntut ilmu,tanpa harus keluar biaya lagi kan untuk transportasinya.

oke sekian dulu dari daeng ekky,semoga bisa bermanfaat,jangan lupa tinggalkan komentar untuk penyyepurnaannya.

thanks.....


Posted by : Muhammad Rezki Rasyak






 

Saturday, April 14, 2012

Musim Panen Padi Pangkep sukses (Anynyangki,Akkatto,Massangki) "kakkala' muri-murina pagalungna Pangkep,cawa-cawana pa'galungna Pangkep"

Musim Panen Padi Pangkep (Anynyangki,Akkatto,Massangki) "kakkala' muri-murina pagalungna Pangkep,cawa-cawana pagalung Pangkep"


Setelah beberapa waktu dalam perjalanan ke kampung halaman akhirnya sampai juga saya di kampung halaman Labakkang kabupaten Pangkep. pas sekali rasanya karena saat pulang kampung saya kali ini bertepatan dengan waktu musim panen padi di daerah Pangkep, Pangkep yang seakan hidup dengan hasil pertaniannya kini kembali menampakkan wajah berserinya setelah para petani memanen hasil tangan mereka,hasilkeringat mereka "pipiisi songo'na pagalung na pakokoa", "tetti na,lumpa puse'na pa'galunge".

Para petani nampak sangat bahagia karena hasil panen tahun ini lebih baikdibandingkan tahun sebelumnya,di tambah lagi sekarang petani pangkep telah mencanagkan dua kali panen tiap tahunnya, panen musim hujan dan panen musim kemarau (Galung bara' & Galung timoro') / (ma'galung timo' & ma'galung bare'), gluG br (glug brE) & gluG timoro (glug timo)





akan menjadi suatu hal yang sangat membanggakan tentunya jika nantinya bila panen musim kemarau juga bisa berhasil salah satu masyarakat Labakkang Pangkep daeng kio mengatakan : "anne panynyangkiang napakattoangnga wassele'na la'bi baji' nna panyangkiang taung riolo, bara' ngapaji salla' na gaba na wassele'na galung timoro' anne battua sallang baji'tong,nacanning nyawana ngaseng patani na pagalunga"

aen pNkiaG weseln lbi bji n pNkiaG riolow, br Gpji slG gb nweseln glu timoro aen btuw sl bji toGi n cni Nwn GesG ptnia n pgluG

"wassele'na iyye galungnge,galung sangkie le'bi makessing nawassele'na galung bare' taung rioloe, bara' magama matu namaccoe to makessing galung timo'e na macawa-cawa maneng pa' galungnge na pirasai nyamenna na tetti puse'na iyya napakewe ma' galung"

weseln iaiey glueG,glu sKiea elbi meksiGi nweseln glu ber tauG riaoloew.br mgm mtu nmcoew to meksiG gluG timoea n mcw-cw men pglueG npirsai Nemn etti puesn  aiy npekew mgluG.

daeng kio mengatakan bahwa panen musim penghujan tahun ini lebih baik dibandingkan panen musim penghujan tahun lalu dan harapan daeng kio agar panen musim kemarau juga akan menghasilkan gabah dan beras yang baik sama halnya dengan panen musim penghujan tahun ini,agar para petani dapat tersenyum bahagia menikmati tetes keringat,peluh dan rasa capek yang hilang dengan tidak sia-sia.




untuk persentase hasil pertanian padi pangkep sendiri belum selesai di rata-ratakan atau di akumulasikan,karena masih ada beberapa lahan dalam hal ini sawah yang belum panen,artinya dinas pertanian belum bisa mengkonstruksi atau menjumlahkan hasil panen tahun ini,harapan masyarakat semua tentunya agar pangkkep sebagai daerah teritorial pertanian dan penghasil gabah-beras yang baik dapat member kontribusi yang baik dan ikut mensukseskan swasembada beras dan menjadi cerminan suksesnya revolusi hijau.




yapz cayo selalu petani Pangkep, kalian adalah simbol kita semua, seperti kata saya di postingan sebelumnya pangkep besar karena petani dan petambaknya....!!

Akhir kata terima kasih dan salam sukses selalu untuk petani wanuatta,bori' mala'biritta butta Pangkep.


Posted By : Muhammad Rezki Rasyak

Barongko (Burongko), kuliner Kue khas sulawesi selatan => Special cake from South Sulawesi

Barongko (Burongko), kuliner khas sulawesi selatan   => Special cake from South Sulawesi

Kanrejawa Barongko (beppa barongko) Kue barongko

keRjw broKo (ebp broKo)


wetz ketemu lagi dengan artikel-artikelnya daeng ekky, di SC Sains and Culture, nah pada kesempatan kali ini daeng akan bagikan satu nama makanan yang cukup terkenal di sulawesi selatan,bukan coto makassar,bukan konro, bukan juga pallu basa melainkan barongko (burongko).


saya yakin sekali kalau di semua daerah di sulawesi-selatan mengenal kue Barongko ini, kue yang berbahan dasar pisang,buah pisang yang masyarakat sulawesi kenal dengan nama Utti atau Otti Aauti (aoti), ataupun Unti Aaut yang kemudian di buat sedemikian baik hingga membentuk kue dengan rasa yang enak dan lezat, kalau di sulawesi selatan sendiri buah pisang ini menjadi satu buah yang sangat populer karena ada berbagai macam kue yang dapat masyarakat buat dengan buah ini salah satunya ya Barongko broKo

nah pada kesempatan kali ini kita akan bagi resep kue barongko,ini satu upaya agar Kue kita ini bisa dikenal bukan hanya oleh orang-orang sulawesi, juga agar semua bisa buat kue barongko ini di rumah, nah langsung saja kita kasih.

Resep Barongko broKo

1. Pisang (Utti), yang sudah masak atau yang ranum satu sisir (sisappe) sisep
    biasanya masyarakat sulawei-selatan menggunakan Pisang susu atau yang masyarakat   
    lebih kenal dengan nama Unti te'ne auti eten (aoti eten)


2. Gula Enam sendok atau sesuai kebutuhan anda  gol 

3. Telur Lima Biji  (byao) (etlo)

4. Santan satu gelas atau disesuaikan dengan bahan (stG)

5. Garam secukupnya (ecl) (epej)

*Sediakan Daun pisang untuk pembungkus atau kemasan barongko atau yan masyarkat sulawesi selatan sebut dengan nama Pa'roko' (proko) (pdoko)

Cara pembuatannya cr aper

1. Ambil daging buah pisang dan buang bagiantengahnya yang berwarna hitam kemudian bersihkan
2. Campur semua bahan kemudian dikocok dengan pengaduk atau mixer, namun masyarakat sulwesi
    selatan masih menggunakan pengaduk tradisional yang masyarakat kenal dengan nama Passe'bo 
  (pesbo) kemudian dimasak dengan api yang agak kecil sampai setengah matang saja

3. Ambil daun pisang yang sudah dibentuk persegi panjang sebelumnya bungkus dengan bentuk yang
    mirip dengan cara membungkus pecel ataupun nasi kuning, isi dengan adonan barongko

4. Tutup atasnya dengan menyematkan lidi atau ikat dengan daun pisang juga


Atau


5. Selanjutnya kukus selama 20 menit


6. setelah selesai di kukus sebenarnya kue barongko sudah bisa dinikmati,namun untuk menambah
    lezatnya kue barongko masukkan ke dalam kulkas, dinginkan lalu rasakan kelezatannya.



Nah gimana ?? tertarik tidak ?, ayo buat dan rasakan lezatnya kue khas sulawesi selatan ini.

oke sekian dari daeng ekky, semoga bisa bermanfaat, untuk dijadikan referensi pembuatan kue juga untuk melestarikan kue khas sulawesi selatan

( artikel saya sajikan dengan huruf lontara bugis makassar, dengan hal itu saya harap aksara bugis-makassar bisa terjaga dan tetap lestari )


thanks....!!


Posted By : Muhammad Rezki Rasyak






    


Korupsi dan Jenis-jenis Korupsi (Corruption and kind of corruption)

Korupsi dan Jenis-jenis Korupsi


(Corruption and  kind of corruption)

Oke, jumpa lagi di blognya daeng Ekky, nah pada kesempatan kali ini daeng akan bahas salah satu virus negara kita,virus besar,atau banyak orang yang mengatakan itu adalah virus terbesar yah The King Of Virus, yang man virus tersebut telah menjangkiti negara kita,yang membuat negara kita sekarang pincang dan nyaris buta melihat semua penderitaan rakyat.

Langsung saja virus itu kita namakan Korupsi?? sepakat ??

nah kali ini kita akan bedah mengenai korupsi,jenis-jenis korupsi dan sejarah pemberantasan korupsi.



- Defenisi (pengertian) Korupsi

Korupsi,berasal dari Bahasa latin "Corruptio atau Corruptus", yang kemudian muncul pada bahasa Ingris dan Perancis "Corruption" dalam bahasa Belanda "Korruptie",dan selanjutnya dalam bahasa Indonesia dengan sebutan "Korupsi" (Dr.Andi Hamzah, S.H.,1958: 143),Korusi berarti Jahat atau Busuk (John M Echols dan Hassan Shadily,1997: 149),sedangkan A.I.N Kramer ST, menerjemahkannya sebagai busuk,rusak atau dapat disuapi (A.I.N. Kramer ST, 1997: 62) oleh karena itutindak Pidana Korupsi berarti suatu detik akibat perbuatan buruk,busuk,jahat,rusak,atau suap.

Istilah korupsi pertama kali muncul pada khasanah hukumindonesia dalam Peraturan Penguasa Perang  Nomor Prt/Perpu/013/1958 tentang Peraturan Pemberantasan Korupsi.Kemudian, dimasukkan juga dalam Undang-undang Nomor 24/Prp/1960 tentang Pengusutan Penuntutan dan pemeriksaan Tindak Piidana Korupsi.


- Jenis-jenis korupsi


Memperhatikan Undang-undang nomor 31 tahun 1999 Undang-undang Nomor 20 tahun 2001,maka tindak Pidana Korupsi itu dapat dilihat dari dua segi yaitu korupsi Aktif dan Korupsi Pasif, Adapun yang dimaksud dengan Korupsi Aktif adalah sebagai berikut :


- Secara melawan hukum memperkaya diri sendiri atau orang lain atau Korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian Negara (Pasal 2 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999)


- Dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau Korporasi yang menyalahgunakan kewenangan,kesempatan atau dapat merugikan keuangan Negara,atau perekonomian Negara (Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999)


-Memberi hadiah Kepada Pegawai Negeri dengan mengingat kekuasaan atau wewenang yang melekat pada jabatan atau kedudukannya,atau oleh pemberi hadiah atau janji dianggap melekat pada jabatan atau kedudukan tersebut (Pasal 4 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999)


- Percobaan pembantuan,atau pemufakatan jahat untuk melakukan Tindak pidana Korupsi (Pasal 15 Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Memberi atau menjanjikan sesuatu kepada pegawai negeri atau Penyelenggara Negara dengan maksud supaya berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya (Pasal 5 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Memberi sesuatu kepada pegawai negeri atau Penyelenggara negara karena atau berhubung dengan sesuatu yang bertentangan dengan kewajibannya dilakukan atau tidak dilakukan dalam jabatannya (Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 20 Tagun 2001)


- Memberi atau menjanjikan sesuatu kepada Hakim dengan maksud untuk mempengaruhi putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili (Pasal 6 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001)


- Pemborong,ahli bangunan yang pada waktu membuat bangunan atau penjual bahan bangunan yang pada waktu menyerahkan bahan bangunan,melakukan perbuatan curang yang dapat membahayakan keamanan orang atau barang atau keselamatan negara dalam keadaan perang (Pasal (1) huruf a Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


-Setiap ot\rang yang bertugas mengawasi pembangunan atau penyerahan bahan bangunan,sengaja membiarkan perbuatan curang sebagaimana dimaksud dalam huruf a (Pasal 7 ayat (1) huruf b Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Setiap orang yang pada waktu menyerahkan barang keperluan Tentara nasional Indonesia atau Kepolisian negara Reublik Indonesia melakukan perbuatan curang yang dapat membahayakan keselamatan negara dalam keadaan perang (Pasal 7 ayat (1) huruf c Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Setiap orrang yang bertugas mengawasi penyerahan barang keperluan Tentara nasional indpnesia atau Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan sengaja mebiarkan perbuatan curang sebagaimana dimaksud dalam huruf c (pasal 7 ayat (1) huruf d Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001)


- Pegawai negeri atau selain pegawai negeri yyang di tugaskan menjalankan suatu jabatan umum secara terus-menerus atau untuk sementara waktu,dengan sengaja menggelapkan uang atau mebiarkan uang atau surat berharga tersebut diambil atau digelapkan oleh orang lain atau membantu dalam melakukan perbuatan tersebut (Pasal 8 Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Pegawai negeri atau selain Pegawai Negeri yang diberi tugas menjalankan suatu jabatan umum secara terus menerus atau sementara waktu,dengan sengaja memalsu buku-buku atau daftar-daftar khusus pemeriksaan administrasi (Pasal 9 Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001)


- Pegawai negeri atau orang selain Pegawai Negeri yang diberi tugas menjalankan suatu jabatan umum secara terus-menerus atau untuk sementara waktu dengan sengaja menggelapkanmenghancurkan,merusakkan,atau mebuat tidak dapat dipakai barang,akta,surat atau daftar yang digunakan untuk meyakinkan atau membuktikan di muka pejabat yang berwenang yang dikuasai karena jabatannya atau membiarkan orang lain menghilangkan,menghancurkan,merusakkan,attau membuat tidak dapat dipakai barang,akta,surat atau daftar tersebut (Pasal 10 Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Pegawai negeri atau Penyelenggara Negara yang :


a. Dengan maksud menguntungkan diri sendiri atau orang a
lain secara melawan hukum atau dengan menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang memberikan sesuatu atau menerima pembayaran dengan potongan atau mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri (pasal 12 e undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


b.Pada waktu menjalankan tugas meminta,menerima atau memotong pembayaran kepada pegawai Negeri atau Penyelenggara negara yang lain atau kas umum tersebut mempunyai hutang kepadanya.padahal diketahui bahwa hal tersebut bukan mrupakan hutang (huruf f)


c Pada waktu menjalankan tugas meminta atau menerima pekerjaan atau penyerahan barang seplah-olah merupakan hutang pada dirinya,padahal diketahui bahwa hal tersebut bukan merupakan hutang (huruf g)


d. Pada waktu menjalankan tugas telah menggunakan tanah negara yang di atasnya terdapat hak pakai,seolah-olah sesuai dengan peraturan perundang-undangan,telah merugikan orang yang berhak,apadahal diketahuinya bahwa perbuatan tersebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan atau


e. baik langsung maupun tidak langsung dengan sengaja turut serta dalam pemborongan,pengadaan,atau persewaan yang pada saat dilakukan perbuatan,untuk seluruhnya atau sebagian ditugaskan untuk mengurus atau mengawasinya (huruf i)


- Memberi hadiah kepada pegawai negeri dengan mengingat kekuasaan atau wewenang yang melekat pada jabatan atau kedudukannya,atau oleh pemberi hadiah atau janji dianggap melekat pada jabatan atau kedudukan itu (Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999).




Sedangkan Korupsi Pasif adalah sebagai berikut :


- Pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima pemberian atau janji karena berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya (pasal 5 ayat (2) Undang-undang Nomor 20 tahun 2001)


- Hakim atau advokat yang menerima pemberian atau janji untuk mempengaruhi putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili atau untuk mepengaruhi nasihat atau pendapat yang diberikan berhubung dengan perkara yang diserahkan kepada pengadilan untuk diadili (Pasal 6 ayat (2) Undang-undang nomor 20 Tahun 2001)


- Orang yang menerima penyerahan bahan atau keparluan tentara nasional indonesia, atau kepolisisan negara republik indonesia yang mebiarkan perbuatan curang sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf a atau c Undang-undang nomor 20 tahun 2001 (Pasal 7 ayat (2) Undang-undang nomor 20 tahun 2001)


- Pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji padahal diketahui atau patut diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan utnuk mengerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya,atau sebaga akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya (pasal 12 huruf a dan huruf b Undang-undang nomor 20 tahun 2001)




 - Hakim yang enerima hadiah atau janji,padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk mempengaruhi putusan perkara yang diserahkan kepadanya untuk diadili (pasal 12 huruf c Undang-undang nomor 20 tahun 2001)


- Advokat yang menerima hadiah atau janji padahal diketahui atau patut diduga,bahwa hadiah atau janji itu diberikan untuk mempengaruhi nasihat atau pendapat uang diberikan  berhubungan dengan perkara yang diserahkan kepada pengadilan untuk diadili (pasal 12 huruf d Undang-undang nomor 20 tahun 2001)


- Setiap pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima gratifikasi yang diberikan berhubungan dengan jabatannya dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya (pasal 12 Undang-undang nomor 20  tahun 2001).






sedangkan dalam prakteknya kita kenal ada dua jenis korupsi yaitu :


a. Adminstrative Coruption


dimana segala sesuatu yang dijalankan adalah sesuai dengan hukum/peraturan yang berlaku.Akan tetapi individu-individu tetentu memperkaya dirinya sendiri.Misalnya proses rekruitmen pegawai negeri,dimana dilakukan dalam negeri,dimana dilakukan ujian seleksi mulai dari seleksi administratif sampai ujian pengetahuan atau kemampuan,akan tetapi yang harus diluluskan sudah tertentu orangnya.




b.Against The Rule Corruption


Artunya korupsi yang dilakukan adalah sepenuhnya bertentangan dengan hukum,misalnya penyuapan,penyalahgunaan jabatan untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi.






nah itu dia korupsi dan jenis-jenis korupsi cika',semoga dapat membantu mengenali korupsi disekitar kita,mari kita beri peran serta kita dalm memberantas korupsi, agar negara kita menjadi negara yang tentram,transparan dan bersih dari KKN


sekian dari daeng Ekky semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, thanks, dan jangan lupa beri komentarnya yah...!!




Referensi : "Pemberantasan tindak Pidana Korupsi" oleh Darwan Prininst S.H. 





Posted By " Muhammad Rezki rasyak