blog visitors

Contoh Naskah Drama "PERSAHABATAN YANG DIRUSAK oleh VIRUS CINTA NAMUN DISEMBUHKAN DENGAN PERTEMANAN"

Kali ini daeng mosting naskah drama, yang cocok untuk bahan pembelajaran atau referensi, dengan sedikit penyisipan bahasa bugis-makassar, semoga berguna..........

PERSAHABATAN YANG DIRUSAK oleh VIRUS CINTA
NAMUN DISEMBUHKAN DENGAN PERTEMANAN


                                Di suatu sekolah yang terkenal akan kejeniusan & kesopanan siswanya tepatnya SMAN 17 Avogadro, berdasarkan cerita yang beredar sekolah itu dikenal dengan cap unggulan, namun sekolah itu tidak lepas dari sekumpulan kelompok anak-anak yang badung.
         Di sekolah ini ada satu kelas yang rata-rata siswanya sangat nakal, yaitu kelas XI IPA Amedeo, namun ada juga siswa yang memiliki kecerdasan, kepribadian, dan latar belakang yang patut ditiru, anak itu bernama Ajeng. Ajeng terkenal akan pengetahuan tentang  ilmu matematis yang agak logis atau tepatnya pada mata pelajaran Matematika.
Di kelas XI IPA Amedeo . . . .
                 Ajeng sedang asik-asiknya mengerjakan LKS Matematikanya di bangkunya, namun datang Angel yang tidak menyukai sifat sok Ajeng  .
Ajeng       :  ( sedang mengerjakan LKS Matematikanya)
Angel       :hey, bikin apa ko ?sok sibuk mu saya liat (mengambil kertas yang ditulis Ajeng)
Ajeng       :Angel, Angel jangan rusak kertas itu, tugas matematikaku itueh, jaganki kodong .
Angel       :  argh ! Pentingkah (merobek kertas itu), ups sorry tidak sengaja ka, kau perbaiki sendiri mi nah .
Ajeng       :  (menangis) Angel kenapako jahat sekali sama saya ?perasaan aku nggak pernah gituin kamu .
Angel       :  pikir aja sendiri (acuh tak acuh)
                 Seorang siswa yang juga tidak berbeda jauh dengan sifat Angel terhadap Ajeng, datang menghampiri Angel dan Ajeng .
Ikram       :  hey, ada apaan sih ? (heran)
Ajeng       :  (menangis)
Angel       :  Hmm nggak ada apa apa kok. Ajeng ji itu, cengeng sekali jadi cewek .
Ikram       :  oh . perasaan dari SMP Ajeng orangnya memang cengeng .
Ajeng       :  saya bukan orang cengeng (menghapus air matanya)
Ikram       :  tuh buktinya loh nangis .
Ikram dan Angel : (tertawa sambil mengejek Ajeng)
Bel masuk pun berbunyi“KRIIIING KRIIIING !!” anak-ana kelas XI IPA Amedeo duduk dibangku mereka masing-masing .Guru Matematika yang bernama Pak Fajri pun masuk kedalam kelas XI IPA Amedeo .
Pak Fajri  : Assalamu alaikum anak-anak .
Siswa XI IPA Amedeo : Wa alaikum salam Pak guru .
Pak Fajri  :  ( melihat Ajeng yang sedang menangis ) Ada apa Ajeng kok kamu menangis ?
Ajeng       :  (menghapus air matanya)
Angel       :  Issengi Pak!cengeng sekali jadi cewek . Kenapa ada anak IPA begitu .
Pak Fajri  :Sudah sudah  . Hari ini kita kedatangan siswi baru, pindahan dari SMA 13 Galileo  Jakarta, silahkan masuk nak.
                 Murid baru ini pindahan dari SMAN 13 Galileo Jakarta, yang bernama Amel yang juga cukup pintar, baik hati, penyabar, dan suka menolong masuk ke kelas.
Amel        : ( berdiri di depan kelas ) Perkenalkan teman-teman nama saya Amel saya senangjika teman-teman dapat menerima saya dengan baik .
Pak Fajri :  ada yang mau bertanya anak-anak ?
Angel       :  Saya Pak .
Pak Fajri Iya, silahkan nak Angel .
Angel       :  Kenapa kamu mau pindah kesini ?
Amel        :  Karena orang tua saya dipindah tugaskan kesini .
Angel       :  Oh . Apa pekerjaannya orang tua mu kah ?
Amel        :  Papa saya polisi kerja di KAPOLRES .
Angel       :  Ohsaya kira presiden deh.Itu ji pertanyaanku, makasi pak .
Pak Fajri  :Iya sama-sama Angel  . Ada yang mau bertanya lagi anak-anak ?
Ikram       :  Saya Pak .
Pak Fajri  :Iya silahkan nak Ikram .
Ikram       :  Kalau boleh tahu kamu sudah punya pacar kah ?
Amel        :  Kalau pacar saya tidak punya , orang tua saya juga tidak setuju kalau saya pacaran sekarang.
Ikram       :  Jadi, kamu bisa pacarannya kapan ?
Amel        :  Kapan-kapan aja boleh .
Ikram       :  aihh tidak jelasnya !
Pak Fajri Yah anak anak, bapak kira sudah cukup perkenalannya.Kita mulai saja pelajaran hari ini, silahkan duduk Amel disebelah Ajeng .
Amel        :  Iya pak .
                 Pelajaran pun selesai dan jam istirahat pun tiba .
Pak Fajri  :Yah bapak kira pelajaran hari ini cukup anak-anak sampai ketemu minggu depan .Anak-anak kelas XI IPA Amedeo pun keluar untuk beristirahat, namun Ajeng, Amel, Angel dan Ikram tetap tinggal dikelas .
Amel        :  Perkenalkan nama ku Amel nama kamu siapa ?
Ajeng       :  Iya saya tahu, nama saya Ajeng  salam kenal .
Amel        :  (tersenyum )Kenapa kamu menangis ?
Ajeng       :  Mereka merobek kertas tugas saya .
                 Angel dan Ikram menghampiri mereka, lalu Angel memotong pembicaraan mereka
Angel       :  Amel, kekantin yuk . Kau tosse murid baru traktirkka dulueh .
Ikram       :  Lebih baik traktir saya saja .
                 Angel dan Ikram saling berebut untuk mengajak Amel, namun Amel tidak ingin pergi bersama keduanya
Amel        :  Maaf aku tidak bisa .
Angel       :  Mdd . Bilang kek dari tadi, dasar pelit luh orang kaya bede’ baru apa ji .
Ikram       :  Tapi besok kamu bisa ji toh ?
Amel        :  InsyaAllah .
Angel       : Sama mekipale Ikram deh kalo tidak mau I . . .
                 Angel dan Ikram pun pergi ke kantin bersama-sama, namun Amel dan Ajeng tetap di kelassedang berbincang-bincang . .
Amel        :Kenapa sih mereka jahat sama kamu ?
Ajeng       :  Saya juga tidak tahu kenapa begitu sekali sama saya , padahal tidak pernah ji saya gituin mereka .
Amel        :  Sabar aja, semua pasti ada hikmahnya.
Ajeng       :  ( tersenyum haru )
                 Ajeng dan Amel lalu ke kantin bersama-sama sambil mengajak Amel berkelling .
Pak Fajri  :Mau kemana Ajeng, Amel ?
Ajeng       :  Mau ajak Amel keliling-keliling Pak .
Pak Fajri :Oh ia sangat bagus, sekalian perkenalkan bangunan apa saja yang ada dan apa kegunaannya .
Ajeng       : Oh ia pak itu pasti.
Pak fajri   : Ia nak itu sangat bagus .
Ajeng dan Amel :kami permisi dulu pak  .
Pak Fajri   : oh . .  hati-hati yah nak .
                 Ajeng dan Amel pun saling akrab satu sama lain, keesokan harinya Ajeng berpapasan dengan Amel dipintu kelas .
Amel        :  eh Ajeng,selamat pagi ajeng
Ajeng       :  pagi juga Amel
Amel        :  Masuk kelas yuk .
                 Kini Ajeng dan Amel bersahabat, susah senang mereka tanggung bersama. Namun seiring waktu berjalan Amel memiliki rasa yang lebih kepada Ikram, lalu Pak Fajri masuk ke kelas XI IPA Amedeo.
Pak Fajri : Anak-anak hari ini kita akan mempelajari soal-soal yang ada di LKS Matematika kalian, namun bapak ingin membagi kalian menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 3 orang , kelompok 1 anggotanya : Ajeng, Amel, dan Ikram; kelopok 2 Angel, Afliana, dan , Azizah; kelompok 3 Ade, Alim, dan Agung, kelompok 4 Budi, Nisa, dan Nidaul husnah , bapak harap kalian tidak bermalas-malasan selamat bekerja anak-anak .
Ajeng       :  Amel kamu jawab nomor  1-4 aku nomor 4-8 .
Amel        :  Oke
Ikram       :  yang mana saya ?
Ajeng       :  Oh iya , Amel dan Ikram kerjanya sama sama saja.
                 Amel dan Ikram pun mengerjakan soal nomer 1-4 bersama-sama, Ikram merasa senang sekelompok dengan Amel , namun jam istirahat pun berbunyi ( krriiiiiing, krriiiiiig ) !
Pak Fajri  :Yah anak-anak bapak kira hari ini cukup, kita lanjutkan pertemuan selanjutnya. .
Keesokan harinya  . . . Ikram bercerita dengan Angel tentang perasaannya terhadap Amel .
Amel        : Ajeng, aku boleh tanya sesuatu tidak ?
Ajeng       :  Boleh, mau tanyaapa ?
Amel        :  kenapa setiap aku dekat sama seorang cowok, perasaanku deg-degan ?
Ajeng       :Hah ?Iya ? Anak mana ? Siapa namanya ? Kok baru bilang?
Amel        : Jangan keras-keras dong, aku malu nih , lagian kalau kamu mau nanya satu-satu dong
Ajeng       :  Iya, iya
Amel        :  Dia itu cowok .
Ajeng       : Edd , tentumi mi itu cowok masa cewek
Amel        :  Dia anak XI IPA Amedeo .
Ajeng       :  Hah ?siapa siapa ?
Amel        :  Namanya Ikram .
Ajeng       :  Ha ?Ikram ? (teriak)
                 Mendengar nama Ikram disebut, Ikram lalu mendatangi keduanya .
Ikram       :  ada apa Ajeng kamu sebut-sebut namaku ?
Ajeng       :  he. . he .he . . he. . anu . . anu . .  anu . .
Ikram       :  ha . . he . . ha . . he. .  anu . . anu . . anu . . apa ?
Amel        :  ( gugup, deg-degan )
Ikram       :  kamu juga Amel, kenapa kamu gugup gitu ?
Ajeng       :  nggak ada apa-apa kok Ikram.
Ikram       :  Oh .Kirain ada apa . . ( pergi ke tempat duduknya kembali )
Ajeng dan Amel pun legah karena Ikram sudah kembali dan tidak curiga dengan pembicaraan mereka berdua .
Ikram       :  Angel ,menurutmu bagaimana itu orangnya Amel ?
Angel       :  Kenapa kah ?
Ikram       :  Tidak ji bertanya ja .
Angel       :  Orangnya baik, asik diajak ngomong tapi tidak terlalu asyik kayak bagaimana sekali ji , agak malas jeka juga bicarasama dia  .
Ikram       :  Oh .Menurutmu lagi bagaimana kalau ada teman kelasnya yang suka Amel ?
Angel       :  Aooo .Kau mungkin yang suka sama Amel . ckckck .
Ikram       :  Husst ! Janganko keras keras .
Angel       :  Iyaiya, ko suka betulankitoh ?
Ikram       :  Sedikit ji Angel .
Angel       :  Sama ji bilang ko suka Amel bego’ luh!biarpun itu sedikit .
Ikram       :  tapi bingungka bagaimana caraku menyet sama Amel .
Angel       :  Langsung mi saja kasitau Amel bilang ko sukaki , susah begituko mammen ! Hidup jangan dibuat susah Ikram . Santai mko .
                 Ajeng dan Amel masuk ke kelas .
Angel       :  Itu Amel eh adami ikram .
Ikram       :  Bagaimana mi ini ?
Angel       :  Langsung meko datang disitu cepat baru menyet meko  .
Ikram       :  ( menghampiri Amel ) Amel . .  Aku mau ngomong sesuatu nih.
Amel        :  ( gugup, deg-degan ) mau ngomong apa ?
Ikram       :  Sebenarnya aku udah lama memendam prasaan ini, aku juga nggak tau mulainya dari mana .
Amel        :  Terus?
Ikram       :  Aku suka sama kamu, kamu mau nggak jadi pacar aku ?
Amel        :  Sebenarnya aku juga punya perasaan yang sama seperti yang kamu rasakan .
Ikram       :  Berarti ?
Amel        :  Iya (tersipipu malu ).
Angel       : Ikram bagaimanami? dia terima jeko ?
Ikram       :Iya dong masa orang cakep,gaul,baik kayak gue ditolak sama cewek .
Angle       : Haha iihh sok sekali ko jadi cowo ikram , biasanya jeko saya liat deh tidak kayak bagaimana bagaimana  jeko  !
Ikram       :Apa apaan sih loh .
Angel       : Kenyataan memang nah , amel tonji itu yang ongol-ongol mau terimako haha
Ikram       : Ckck betu-betul kauangel , mulut muh sangat kasar .
Angel       : What ever ! (pergi meniggalkan ikram)
                 Keesokan harinya ...
Amel dan Ikram : Pagi Angel .
Angel       : Iya , cie kenapanya mi ine pasangan baru . Sok mersranya mamo !
                 Tiba-tiba Pak Fajri lewat .
Pak Fajri  : Selamat Pagi anak anak .
Amel, Angel dan Ikram : Pagi Pak guru .
Amel        : Pak kami ke kelas duluan .
Pak Fajri  : Oh iya iya silahkan nak .
                 Setibanya di kelas.
Angel       : Hai Ajeng . Selesaimi PRmu ?
Ajeng       : Hmm sudah . kamu Ngel ?
Angel       : Belum . Bagaimana mi ini , maumi lagi masuk bapak .
Pak Fajri  : Assalamu alaikum wr.wb. selamat pagi anak anak .
Seluruh siswa : Walaikum salamwr.wb. pagi pak .
Pak Fajri  : Oh iya , minggu lalu bapak memberikan kalian tugas . Tugasnya silahkan di kumpu sekarang anak anak .
                 Setelah semuanya mengumpulkan tugas . Tinggal Angel dan Ajeng yang belum kumpul .Ajeng pusing mencari buku tugasnya . Ternyata yang mengambil buku tugas Ajeng adalah Angel , lalu nama Ajeng diganti menjadi nama Angel.
Pak Fajri  : Ajeng, Angel, tugas kamu kenapa belum dikumpul .
Ajeng       : Tunggu sebentar pak , buku saya kok hilang ?
Angel       : Wah . Bilang mko kalau tidak ko kerja PR dari bapak . Ini tugasku pak (sambil ketawa kecil)
Ajeng       : Ih Angel, buku tugasku itu yang ko kumpul toh? (sambil nangis)
Pak Fajri  : Maksud Ajeng apa nak ?
Angel       : Issengi pak , sok mengaku mengaku lagi bukunya . Jelas jelas namaku itu yang dibuku bukan namamu cengeng !
Pak Fajri  : Sudah , sekarang ini hukuman untuk Ajeng karena tidak mengerjakan tugas . Ajeng tidak boleh masuk pelajran bapak hari ini .
Ajeng       : Tapi Pak ..
Pak Fajri  : Keluar !
                 Setelah pelajaran Pak Fajri selesai , Ajeng masuk ke kelas dan ..
Angel       : Ck ck ck kau Ajeng , kenapa tidak kau selesaikan tugasmu ? hahaha
Ikram       : Hahaha sudah mi Angel, nanti mnangiski Ajeng . Angel pulang duluanka nah .
Angel       : Kenapa cepat sekaliko mau pulang sede?
Ikram       : Biassa . Amel, aku antar kamu pulang yuk ?
Amel        : Heheh ya sudah , yuk .
                 Beberapa minggu kemudian, Angel dibelikan HP sama orang tuanya. Angelel sangat senang dan segera memamerkan HP barunya itu ke teman temannya.
Angel       : Teman tema, liatmi HP baruku ! Bagus toh ? Cantik toh ? Up to Date ine Hpku eh .
Ikram       : Ia Tawwa tawwa ! HP baru Angel . Tepuk Tangan dulue teman teman .
Angel       : Resekmu Ikram !
Amel        : Wah , HP kamu bagus yah Angel . Beli dimana ?
Angel       : HP baruku ini dibelikan orang tuaku di Belanda . Keren toh ?
Ikram       : Belanda ? Nanti Belanda = Belakang Dapur jko kau . hahah
Amel        : Hahaha .
Angel       : Edd , siriknya semua sama HP baruku deh . Eh kau Ajeng , kenapa tidak ada responmu sama Hpku ?
Ajeng       : Bagus ji Angel .
Angel       : Jangan mko komen kalau begitu ji deh .
                 Saat pulang sekolah, Angel menitip HPnya di Amel. Saat itu Amel juga sedang diajak keluar kelas sama Ikram , dan HP Angel Amel simpan dibawah laci . Saat Amel keluar kelas, Ajeng masuk kelas.
Ikram       : Amel , ayok pergi beli minum dulu di kantin . Haus nih .
Amel        : Tapi Hpnya Angel?
Ikram       : Simpan mi dibawah lacinya .
Amel        : Ya-sudah . (setelah menyimpan HP , Amel pun langsung keluar dengan Ikram)
Ajeng       : Ih Hpnya sapa itu ? (Setelah memperhatikannya dengan cermat) Oh Hpnya Angel . Hari ini waktunya tepat sekali untuk balas dendam sama kau Angel . Saya tidak pernah cari masalah sama kau . Tapi kau selalu jahilika . Kau pikir sa hanya tinggal diam ?
                 Lalu Ajeng membuang HP Angel ke Lantai. Ajeng menginjak-nginjak HP Angel lalu membuangnya ke tempat sampah. Lalu Ajeng pulang seakan akan Ajeng tidak tahu soal HP tersebut .
Ajeng       : Ini balasannya untuk orang yang seperti kamu Angel . (meninggalkan tempat kejadian itu)
                 Tiba-tiba Angel datang ..
Angel   : Ih kosongnya kelas . Kemana ini Amel ? Di mana m Amel simpan Hpku?
Amel    : Hai Angel , pulang duluan yaa .
Angel   : Eh tunggu tunggu . Dimana ko simpan Hpku Amel ?
Amel    : Di bawah bangkunya Angel. Emang kenapa ?
Ikram   : Amel , buruan .
Amel    : Ia tunggu . Aku mau bantu Angel cari Hpnya dulu .
Ikram   : Itu dibilang Angel, jangab mko bawa HP ke sekolah. Dimana kau simpan kah ?
Angel   : Edd bantu mka iah cariki Hpku . Saya titip tadi Hpku di pacarmu .
Tiba-tiba terdengar suara Amel berteriak dari depan kelas . Ternyata HP Angel ada dalam tempat sampah .Dan Hpnya pun sudah hancur.
Angel   : Astagaa . Siapami kodong tega sekali kasi begini Hpku ? (sambil menangis)
Amel    : Aku minta maaf Angel karena sudah ceroboh menjaga HP kamu .
Ikram   : Haddeh ! Parahnya Hpmu Angel .
Angel   : (Tidak henti-hentinya menangisi HP barunya itu)
            Keesokan harinya disekolah . . .
Angel   : We Ajhenk bukan ji kau hancurkan HP baruku ?
Ajeng   : Menghancurkan?
Angel   : Edd Sok tidak tahu lagi disitu . Mengaku mko !
Ikram   : STOP ! Ini berdua toh kalau ketemu seperti kucing sama tikus . Heranko liatko .
Angel   : Jangan mko wae kau pusingi (emosi)
Amel    : Sebaiknya kamu jangan ikut campur disini. Angel lagi emosi .
Angel   : Kenapakah kau simpan d bawah laci HP baruku ?
Amel    : Aku minta maaf Mel .
Angel   : Edd bagaimana mi ini saya bilang sama mamaku ? gara gara kau mi ini Amel .
Amel    : Aku minta maaf Angel . Aku benar benar tidak sengaja , aku sungguh menyesal .
Beberapa hari kemudian ..
Ajeng       :  Amel kenapa nda pernahmi belajar bareng ?
Amel        :  maaf Ajeng hari ini aku ada janji dengan Ikram  . . . daa . . . aku pergi dulu yah . . .
                 Amel pun lebih mementingkan Ikram dibandingkan sahabatnya Ajeng dan tugas-tugasnya disekolahnya . . .melihat nilai Amel yang menurun Pak Fajri selaku wali kelas XI IPA Amedeo, Pak Fajri memanggil Amel keruangannya . . .
Pak Fajri  :  (sedang mmbaca buku tugas Amel)
Amel        : (mengetuk pintu) Assalamualaikum Pak . . .
Pak Fajri  :  wa alaikumsalam silahkan masuk nak . . .
Amel        :  ada apa bapak memanggil saya ?
Pak Fajri  :  kenapa akhir-akhir ini nilai kamu menurun ?
Amel        :  ( diam tanpa kata )
Pak Fajri  : bapak lihat kamu juga jarang membentuk kelompok diskusi dengan Ajeng . . .
Amel        :  ( tertunduk malu )
Pak Fajri  :  bapak harap kamu bisa berubah . . .
                 Setelah kembali ke kelas Amel meminta maaf kepada Ajeng, karena dia melupakan arti persahabatan yang mereka jalin sebelumnya . .  .
Amel        :  Ajeng . . aku minta maaf karena selama ini aku salah . . . sekarang aku tahu bahwa sahabat lebih baik daripada pacar . . .
Ajeng       :  syukurlah kalau sekarang kamu udah sadar . . .
Amel        :  aku juga mau bicara sama Ikram . . .
                 Amel menghampiri Ikram dibangkunya . . .
Amel        :  Ikram . . .
Ikram       :  iya ada apa Amel ??
Amel        :  Aku minta maaf sebelumnya, bukannya aku sudah tidak sayang lagi sama kamu . . tapi aku rasa jauh lebih baik jika kita berteman saja . . .
Ikram       : aku juga berfikir begitu kok . . . aku rasa ini yang terbaik, daripada kita pacaran tapi nilai mu menurun, itu kan percuma . . .
Amel        : ( tersenyum manis )
Ikram       : tapi, aku harap kita masih bisa berteman . . .
Amel        : tentu saja bisa . . .  kenapa tidak . . .

Tiba-tiba angel datang,
Angel       : hey semuanya , senangmu saya liat semua , mauka juga saya minta maaf sama Ajeng, ajeng minta maapka nah karena selaluka jahat sama kau
Ajeng       : iya ngel ngak apa-apa jauh sebelum kamu mau minta map aku udah maapin kamu.Minta maafka nah juga karena saya yang kasih rusak HPmu .
Angel       : hah ? Nda apa apa ji , mungkin blasannya mi semua perbuatanku ini. Baek mentong hatimuh ajeng  , dan ikram mauka juga minta eh maaf nah karena kasar terlalu kasar mulutku ke kau
Ikram       : iya angel aku maapin kamu , senang bisa liat kamu beruah seperti ini
Angel       : makasih sekali nah ikram , dan yang terakhir untuk kau ini amel , minta maapka nah sudah meka kata-kataiko khilafka kodong amel
Amel :      ia,ia angel itu hal yang biasa , aku udah maapin kamu kok
Angel       : makasih nah semuanya sudah meko maapkan
                 Akhirnya semua kembali lagi seperti semula, Ajeng bersahabat dengan Amel, dan berteman dengan Ikram juga Angel . . . nilai mereka berempat pun tidak ada yang dibawah standar . . . Pak Fajri sebagai wali kelas XI IPA Amedeo merasa bangga akan murid-muridnya, dan mendapakan hadiah dari Pak Kepaa sekolah atas diikannya . . . 


z� ��n


Posted By : Muhammad Rezki Rasyak

1 comments:

Ushan Hidayat said...

Ada bagian yg susah dimengerti seperti "Langsung meko datang disitu cepat baru menyet meko"

Post a Comment