blog visitors

Apa sih itu IT ( Teknologi Telematika ) ?? What Is IT ?

Apa sih itu IT ( Teknologi Telematika ) ?? What is IT ?


Oke cika, kali ini kita akan sharing masalah IT, cieeee !!
ini penting, karena mengapa, karena eh karena jika sekarang belum bisa menguasai IT, itu sudah dianggap jadul,katro atau bahasa gaulnya sekarang kamseupay gitu....!! banyak produk IT bermunculan sekarang, mulai dari HP,laptop,bahkan sekarang ada PC Tablet,yang disentuh2 itu loh...!!

nah pertanyaannya sekarang apa sih itu IT kawan ?? hah lucu yah kalau kita sudah pake produk IT tapi belum tau IT itu apa ! oke mari kita bahas....


Istilah tekhnologi telematika (telekomunikasi,media dan Informasi) bermula dari istilah teknologi informasi,(Information Technology ata IT).Istilah ini sendiri mulai populer di akhir dekade 70-an,pada masa sebelumnya teknologi informasi masih disebut dengan nama teknologi komputer atau pengelolaan data elektronik yang biasanya orang panggil dengan nama PDE (Electronic data Processing atau EDP)

Istilah Telematika lebih kearaha penyebutan kelompok teknologi yang disebut secara bersama-sama,namun sebenarnya yang dimaksudkan adalah teknologi informasi yang digunakan di media massa serta teknologi telekomunikasi yang umumnya digunakan dalam bidang Komunikasi dan lainnya.

Istilah Teknologi seringkali rancu dengan istilah sistem informasi itu sendiri, dan kadang menjadi bahan perdebatan.Ada yang menggunkan istilah teknologi informasi untuk menjabarkan sekumpulan sistem informasi,pemakai dan manajemen. Pendapat ini menggambarkan teknologi dalam perspektif yang luas, namun kalau didasarkan pada defenisi sistem informasi menurut Alter didepan teknologi informasi hanyalah bagian adri sistem informasi.


Menurut Kamus Oxford (1995) teknologi informasi adalah studi atau penggunaan teknologi elektronika,terutama komputer,untuk menyimpan,menganalisis dan mendistribusikan informasi apa saja,termasuk kata-kata,bilangan dan gambar. Menurut Alter (1992) teknologi informasi mencakup perangkat lunak dan perangkat kerasuntukelaksanakan satu atau jumlah tugas pemrosesan seperti menangkap,mentransmisikan,menyimpan,mengambil,memanipulasi,atau menampilkan data. Martin (1999) mendefinisikan teknolog informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Secara lebih umum Lucas (2000) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memprose dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. Mikrokomputer,komputer mainframe,pembaca barcode,perangkat lunak pemroses transaksi,perangkat lunak lembar kerja (spreadsheet) dan peralatn komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi (Kadir: 28)


secara garis besar teknologi informasi jaringan dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu perangkat lunak (software),dan perangkat keras (Haedware).Perangkat keras menyangkut pada peralatan-peralatan yang bersifat fisik,seperti memori,printer,keyboard,scan dll. adapun perangkat perangkat lunak adalah yang berhubungan dengan instruksi-instruksi untuk mengatur perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan konstruksi tersebut.




Referensi :  Buku "Sosiologi komunikasi" oleh Prof. Dr. H.M. Burhan Bungin S.Sos. M.Si

Nah itu dia sobat penjelasan tentang IT dari daeng ekky,semoga dapat menambah ilmu kalian sekaligus dijadikan referensi pendidikan mungkin,atau berbagi dengan teman-teman kalian yang belum tau !!

terima kasih sudah mau berkunjung ke blognya daeng ekky, dan jangan lupa leave commentnya untuk penyempurnaan blognya daeng yah cika'.....!!

Salam hangat Penulis !

Posted By : Muhammad rezki rasyak


0 comments:

Post a Comment