blog visitors

Komunikasi,Pers dan Jurnalistik


Komunikasi,Pers dan Jurnalistik 

Oke sodara-sodara ku semua,jumpa lagi dengan daeng Ekky nih di blog Sains and Culture,nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas tiga batasan yang sebenarnya semuanya saling berkaitan satu sama lain, komunikasi,pers dan jurnalistik, bagaimana sebenarmay komnikasi,pers dan jurnalistik itu oke mari kita bahas.


Komunikasi

Komunikasi atau dalam bahasa Inggris Communication berasal dari kata Latin communication berasal dari kata latin communicatio,dan bersumber dari kata Communis yang berarti Sama,sama disini maksudnya adalah sama makna.

Nah jadi kalau dua orang terlibat dalam komunikasi,misalnya dalam bentuk percakapan maka komunikasi akan terjadi atau berlangsung selama ada kesamaan maknamengenai apa yang dipercakapkan.kesamaan bahasa yang yang dipergunakan dalam percakapan itu belum tentu menimbulkan kesamaan makna.Dengan lain perkataan,mengerti bahasanya saja belum tentu mengerti makna yang dibawakan oleh bahas itu.Jelas Bahwa percakapan kedua orang tadi dapat dikatakan komunikatif apabila kedua-duanya,selain mengerti bahasa yang dipergunakan,juga mengerti makna dari bahan yang diercakapkan.

 

akan tetapi pengertian komunikasi yang diatas sifatnya dasariah,dalam arti kata bahwa komunikasi itu minimal harus mengandung kesamaan makna antara dua pihak yang terlibat.Dikatakan minimal karena kegiatan komunikasi tidak hanya informatif yakni agar orang lain mengerti dan tahu tetapi juga persuasif yaitu agar orang lain mau atau bersedia menerima suatu paham dan keyakinan,melakukan suatu perbuatan atau kegiatan dll.

 

pentingnya komunikasi bagi kehidupan sosial,budaya,pendidikan,dan politik sudah disdari oleh para cendekiawan sejak aristoteles hidup ratusan tahun sebelum masehi.Akan tetapi studi Aristoteles  hanya berkisar pada retorika dlam lingkungan kecil.


Pers 

Istilah Pers berasal dari bahasa belanda,yang dalam bahasa Inggris berarti pressSecara Harfiah Pers berarti cetak dan secarah maknawiah berarti penyiaran secara tercetak atau publikasi secara cetak (Printed Publications)
 
Dalam Perkembangannya pers mempunyai pengertian yakni pers dalam arti luas dan pers dalam arti sempit,pers dalam arti luas meliputi segala penerbitan,bahkan termasuk media massa elktronik,radio,siaran,dan televisi siaran,sedangkan pers dalam arti sempit hanya terbatas pada media massa cetak yakni surat kabar,majalah dan buletin kantor berita.

 


kenyataan bahwa radio dan televisi termasuk ke dalam lingkup pers ialah jika diadakan jumpa pers (pres confrence),maka yang meliputi berita dalam pertemuan itu bukan hanya wartawan-wartawan radio dan TV.hal ini ialah karena pada radio dan TV terdapat kegiatan jurnalistik yang hasilnya berbentuk berita seperti berita yang dimuat pada  media surat kabar.




Jurnalistik

Jurnalistik berasal dari bahasa belanda Journalistiek,seperti halnya dengan istilah bahasa Inggris Journalism yang bersumber pada perkataan Journal,ini merupakan terjemahan dari bahasa latin diurna yang berarti "harian",atau "setiap hari".

 


Dari berbagai literatur dapat dikaji defenisi jurnalistik yang jumlahnya begitu banyak,tetapi semuanya berkisar pada pengertian bahwa jurnalistik adalah suatu pengelolaan laporan harian yang menarik minat khalayak mulai dari peliputan sampai penyebaran kepada masyarakat,apa saja yang terjadi didunia, apakah itu peristiwa faktual (fact), atau pendapat seseorang (opinion),jika diperkirakan akan menarik perhatian khalayak,akan merupakan bahan dasar bagi jurnalistik akan menjadi bahan berita untuk disebarluaskan kepada masyarakat.


nah itu dia cika pengertian ketiganya semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi,terimakasih sudah mau membaca blognya daeng ekky


posted by : Muhammad Rezki Rasyak

0 comments:

Post a Comment