Bahasa inggris
|
What is integrated language learning
(Integrasi Pembelajaran Bahasa) |
MUHAMMAD
REZKI RASYAK
|
WHAT
IS INTEGRATED LANGUAGE LEARNING ??
Language
Integrated adalah sebuah Integrasi System Pendidikan yang meliputi; materi
komprehensive, penyampaian attractive, instructor qualified, siswa
active,secara utuh,bertahap hingga tahapa penyempurnaan.
Integrasi
berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi
sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling
berbeda dalam
kehidupan
masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki
keserasian fungsi.seseorang akan secara
efektif jika mereka diperkenankan melihat hubungan antara ide dan mata
pelajaran yang sedang mereka pelajari secara utuh dan tak
terpisah-pisah/terintegrasi.
Definisi
lain mengenai integrasi adalah suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik
beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat,
namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu :
§
Membuat suatu keseluruhan dan
menyatukan unsur-unsur tertentu
Sedangkan
yang disebut integrasi sosial adalah jika yang dikendalikan, disatukan, atau
dikaitkan satu sama lain itu adalah unsur-unsur sosial atau kemasyarakatan.
Suatu
integrasi sosial di perlukan agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi
berbagai tantangan, baik merupa tantangan fisik maupun konflik yang terjadi secara sosial budaya.
Menurut
pandangan para penganut fungsionalisme struktur sistem sosial senantiasa terintegrasi di atas
dua landasan berikut :
§
Suatu masyarakat senantiasa
terintegrasi di atas tumbuhnya konsensus (kesepakatan) di antara sebagian besar anggota
masyarakat tentang nilai-nilai kemasyarakatan yang bersifat fundamental
(mendasar)
§
Masyarakat terintegrasi
karena berbagai anggota masyarakat sekaligus menjadi anggota dari berbagai
kesatuan sosial (cross-cutting affiliation). Setiap konflik yang terjadi
di antara kesatuan sosial dengan kesatuan sosial lainnya akan segera
dinetralkan oleh adanya loyalitas ganda (cross-cutting loyalities) dari
anggota masyarakat terhadap berbagai kesatuan sosial.
Language Integrated Learning
Language Integrated Learning (LIL) telah
menjadi istilah payung yang menggambarkan baik belajar topik lain (isi) seperti
fisika atau geografi melalui medium bahasa asing dan belajar bahasa asing
dengan mempelajari subjek berbasis konten. Dalam ELT, bentuk LIL sebelumnya
telah dikenal sebagai 'Konten berbasis instruksi', 'Inggris di seluruh
kurikulum' dan 'pendidikan bilingual'.
Mengapa LIL penting? Bagaimana LIL
bekerja?
Keuntungan dari LIL LIL
di kelas
Masa depan LIL Dimana LIL terjadi?
Mengapa LIL penting?
Dengan perluasan Uni Eropa, keragaman
bahasa dan kebutuhan untuk komunikasi dipandang sebagai isu sentral.
Bahkan dengan bahasa Inggris sebagai
bahasa utama, bahasa lain tidak mungkin menghilang. Beberapa negara memiliki
pandangan yang kuat mengenai penggunaan bahasa lain dalam perbatasan mereka.
Dengan kontak meningkat antara
negara-negara, akan ada peningkatan kebutuhan untuk keterampilan komunikatif
dalam bahasa kedua atau ketiga.
Bahasa akan memainkan peran kunci
dalam kurikulum di seluruh Eropa. Perhatian perlu diberikan kepada pelatihan
guru dan pengembangan kerangka kerja dan metode yang akan meningkatkan kualitas
pendidikan bahasa
Komisi Eropa telah melihat ke kondisi
bilingualisme dan pendidikan bahasa sejak tahun 1990, dan memiliki visi yang
jelas dari Eropa multibahasa di mana orang dapat berfungsi dalam dua atau dalam
tiga bahasa.
Bagaimana LIL bekerja?
Dasar LIL adalah bahwa mata pelajaran
konten diajarkan dan dipelajari dalam bahasa yang bukan bahasa ibu peserta
didik.Pengetahuan tentang bahasa menjadi sarana konten pembelajaran
Bahasa terintegrasi ke dalam kurikulum
yang luas
Belajar dapat ditingkatkan melalui
peningkatan motivasi dan studi bahasa alam dilihat dalam konteks. Ketika
peserta didik tertarik dalam topik mereka termotivasi untuk belajar bahasa
untuk berkomunikasi
CLIL didasarkan pada akuisisi bahasa
daripada belajar ditegakkan
Bahasa adalah terlihat dalam situasi
kehidupan nyata di mana siswa dapat memperoleh bahasa. Ini adalah bahasa
pengembangan alam yang didasarkan pada bentuk-bentuk pembelajaran lainnya
CLIL adalah jangka panjang
pembelajaran. Akademis siswa menjadi mahir dalam bahasa Inggris setelah 5-7
tahun di program bilingual yang baik
Kefasihan adalah lebih penting
daripada akurasi dan kesalahan adalah bagian alami dari belajar bahasa. Peserta
didik mengembangkan kefasihan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa
Inggris untuk berkomunikasi untuk berbagai tujuan
Membaca adalah keterampilan penting.
Keuntungan dari LIL
LIL membantu untuk:
Perkenalkan konteks budaya yang lebih
luas
Siapkan untuk internasionalisasi
Akses Sertifikasi Internasional dan
meningkatkan profil sekolah
Meningkatkan kompetensi bahasa secara
keseluruhan dan spesifik
Siapkan untuk studi masa depan dan /
atau kehidupan kerja
Mengembangkan minat dan sikap
multibahasa
Diversifikasi metode & bentuk dari
kelas mengajar dan belajar
Meningkatkan motivasi pembelajar.
LIL di kelas
LIL mengasumsikan bahwa guru mata
pelajaran dapat memanfaatkan kesempatan untuk belajar bahasa. Peluang terbaik
dan yang paling umum muncul melalui membaca teks.LIL mengacu pada pendekatan
leksikal, mendorong peserta didik untuk melihat bahasa saat membaca. Berikut
ini adalah sebuah paragraf dari sebuah teks pada mode:
Rok mini adalah rok yang hemline
tinggi di atas lutut (umumnya 200-300 mm di atas lutut-tingkat). Keberadaannya
umumnya dikreditkan ke perancang busana Mary Quant, yang terinspirasi oleh
mobil Mini Cooper, meskipun André Courrèges juga sering disebut sebagai penemu,
dan ada ketidaksepakatan mengenai siapa yang menemukan pertama kali.
Bahasa yang akan melihat dalam bagian seperti
ini jatuh ke dalam tiga kategori - topik tertentu, Lexis akademik dan lainnya
termasuk ekspresi tetap dan collocations:
Subjek tertentu
Akademik
Bahasa lain
rok mini
hemline
lutut tingkat
perancang busana dikreditkan
perancang
dikutip
ditemukan
di atas lutut (s)
dikreditkan ke
terinspirasi oleh
dikutip sebagai
ketidaksepakatan untuk
Perlakuan ini Lexis memiliki fitur berikut:
Melihat bahasa oleh peserta didik
Fokus pada Lexis daripada tata bahasa
Fokus pada bahasa yang berhubungan
dengan subjek. Tingkat dan grading yang penting
Pra-, sementara-dan pasca-membaca
tugas-tugas yang sesuai dalam konteks subjek seperti dalam konteks bahasa.
Masa depan LIL
Tidak ada keraguan bahwa belajar
bahasa dan belajar melalui bahasa adalah proses konkuren, tetapi menerapkan LIL
membutuhkan memikirkan kembali konsep tradisional kelas bahasa dan guru bahasa.
Hambatan langsung tampaknya akan:
Oposisi untuk mengajar bahasa dengan
guru mata pelajaran dapat berasal dari guru bahasa sendiri. Guru mata pelajaran
mungkin tidak bersedia untuk mengambil tanggung jawab.
Program LIL Kebanyakan saat ini
eksperimental. Ada beberapa suara berbasis penelitian studi empiris, sedangkan
LIL-jenis program bilingual terutama dilihat produk dipasarkan di sektor
swasta.
LIL didasarkan pada akuisisi bahasa,
tapi dalam situasi satu bahasa, banyak belajar secara sadar terlibat, menuntut
keterampilan dari guru subjek.
Kurangnya guru LIL program pelatihan
menunjukkan bahwa mayoritas guru yang bekerja pada program bilingual mungkin
kurang diperlengkapi untuk melakukan pekerjaan secara memadai.
Ada sedikit bukti untuk menunjukkan
bahwa pemahaman konten yang tidak berkurang oleh kurangnya kompetensi
bahasa.Pendapat saat ini tampaknya adalah bahwa kemampuan bahasa hanya dapat
ditingkatkan dengan berbasis konten belajar setelah tahap tertentu.
Beberapa aspek LIL tidak wajar,
seperti apresiasi sastra dan budaya negeri sendiri pembelajar melalui bahasa
kedua.
Sampai LIL pelatihan untuk guru dan masalah
bahan yang diselesaikan, waktu dekat tetap dengan paralel daripada konten
terintegrasi dan belajar bahasa. Namun, kebutuhan untuk reformasi pengajaran
bahasa dalam menghadapi Europeanisation dapat membuat CLIL fitur umum dari
banyak sistem pendidikan Eropa di masa depan.
Dimana LIL terjadi?
LIL memiliki preseden dalam program
perendaman (Amerika Utara) dan pendidikan melalui minoritas atau bahasa
nasional (Spanyol, Wales, Perancis), dan banyak variasi pendidikan melalui
bahasa 'asing'. Euro-proyek yang didanai menunjukkan bahwa sistem LIL atau
serupa sedang diterapkan di beberapa negara, tetapi bukan bagian dari program
pelatihan guru. Telah ada peningkatan jumlah sekolah yang menawarkan kurikulum
bilingual 'alternatif', dan beberapa penelitian ke dalam pelatihan dan
metodologi. Beberapa organisasi besar Eropa yang mengkhususkan diri dalam
proyek-proyek LIL telah muncul, termasuk UNICOM, EuroCLIC dan TIE-LIL (lihat
referensi web untuk detail).
Di Inggris insentif berasal dari
Proyek Integrasi Konten dan Bahasa (KLIP) yang diselenggarakan oleh CILT,
(Pusat Nasional untuk Bahasa) yang merupakan pusat pemerintah Inggris keahlian
pada bahasa. CILT memantau sejumlah proyek yang mencakup rentang usia 7-16 dan
melibatkan inovasi dalam pengajaran bahasa seperti integrasi Perancis ke dalam
kurikulum utama. Penelitian lainnya adalah berbasis di University of
Nottingham, sementara guru pelatihan dan kursus pengembangan di CLIL tersedia
melalui NILE (Institut Pendidikan Norwich Language).
Penganut konflik berpendapat bahwa masyarakat terintegtrasi atas
paksaan dan karena adanya saling ketergantungan di antara berbagai kelompok.
Integrasi
sosial akan terbentuk apabila sebagian besar masyarakat memiliki kesepakatan
tentang batas-batas teritorial, nilai-nilai, norma-norma, dan pranata-pranata sosial
Pembelajaran
Bahasa yang dilakukan secara tematik, artinya bahwa tiap kegiatan
berbahasa pastilah berpangkal pada tema tertentu. Implikasinya, secara
operasional suatu sajian pembelajaran Bahasa Indonesia di dalam suatu pertemuan
haruslah menggunakan suatu tema tertentu. Misalnya, jika dalam suatu
pertemuan dipilih tema teknologi, diskusinya tentang teknologi, begitu pula
kosakatanya, latihan menulisnya, dan sebagainya.
Di samping
secara tematik, pembelajaran Bahasa Indonesia juga dilakukan secara integrative
(terpadu). Artinya, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan
memadukan empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan mendengarkan,
membaca, berbicara, dan menulis. Ini sering disebut dengan keterpaduan
internal.
Nielsen (1989)
menyatakan bahwa pendekatan terpadu adalah suatu pendekatan pembelajaran yang
secara sengaja mengaitkan aspek-aspek intra dan inter-bidang studi, sehingga
pembelajar memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh dan simultan
dalam konteks yang bermakna. Karena itu, ukuran keterpaduan dalam pembelajaran
terpadu adalah bahwa pembelajaran dilakukan secara sadar, sengaja, bertujuan,
dan sistematis yang dapat membantu anak memahami topik tertentu atau ide umum
dari berbagai sisi. Aktivitas pendidikan hendaknya menghilangkan jurang pemisah
antara bidang-bidang studi dan agar memfokuskan arah pembelajaran kepada proses
integratif, yang mengharuskan anak larut bila hendak mengorganisasi pengetahuan
dan pengalaman mereka.
Sementara itu, ahli pembelajaran
terpadu seperti H.H. Jacobs dalam sebuah wawancara dengan Brandt (1991)
mengatakan bahwa kebutuhan untuk melaksanakan pembelajaran terpadu didasari
beberapa alasan, yaitu (1) bahwa sementara jam belajar di sekolah tetap, ilmu
pengetahuan terus berkembang, (2) ada kecenderungan anak tidak betah di sekolah
karena apa yang harus dipelajari tidak sesuai dengan kebutuhannya, dan (3)
sudah jelas tidak logis mengajarkan konsep-konsep secara terpisah-pisah
sementara kehidupan anak tidak pernah menuntut pemisahan tersebut.
Dari sejumlah teori pembelajaran
terpadu yang ada, maka pengertiannya dapat diuraikan sebagai berikut (1)
pembelajaran terpadu beranjak dari suatu tema sebagai pusat perhatian yang
digunakan untuk memahami gejala-gejala dan konsep lain, baik yang berasal dari
bidang studi yang bersangkutan maupun dari bidang studi lain, (2) pembelajaran
terpadu merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai bidang
studi yang mencerminkan dunia nyata di sekeliling dan dalam rentang kemampuan
dan perkembangan anak, (3) pembelajaran terpadu merupakan suatu cara untuk
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan secara simultan, dan (4)
pembelajaran terpadu merakit dan menghubungkan sejumlah konsep dalam beberapa
bidang studi yang berbeda, dengan harapan anak akan belajar dengan lebih baik
dan bermakna.
Sebagai suatu pendekatan yang
berorientasi proses, pembelajaran terpadu mempunyai ciri-ciri (1) berpusat pada
siswa, (2) memberikan pengalaman langsung pada anak, (3) pemisahan antarbidang
studi tidak begitu jelas, (4) menyajikan konsep dari berbagai bidang studi
dalam satu proses pembelajaran, (5) bersifat luwes, dan (6) hasil pembelajaran
dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak (Zuchdi, 1997).
Model
pembelajaran terpadu yang paling dikenal adalah model terhubung (connected
model), model jaring laba-laba (webbed model), dan model terpadu (integrated
model). Pembelajaran terpadu antarbidang studi dapat dilihat pada contoh di
bawah ini.
Brownell dan Van Engen ( 1935 ), bahwa belajar itu pada
hakekatnya merupakan suatu proses yang bermakna. Pembelajaran Bahasa Inggris
merupakan proses belajar secara realita yang bermakna, dimana siswa dapat
secara langsung merangkai kata-kata serta menggunakannya untuk berinteraksi.
Thorndike ( 1874 – 1949 ), Mengemukakan teori belajar bahwa
pada hakekatnya belajar merupakan proses pembentukan hubungan antara stimulus
dan respon. Menurut hukum ini belajar lebih berhasil bila respon siswa terhadap
suatu stimulus segera diikuti dengan rasa senang atau kepuasan. Rasa senang
atau puas ini bisa timbul sebagai akibat siswa mendapat pujian atau ganjaran,
sehingga ia bisa merasa puas dari sukses yang diraihnya dan sebagai akibatnya
akan mengantarkan dirinya kejenjang kesuksesan berikutnya. Stimulus linguistik
dapat berupa benda, sifat benda, jumlah benda, perlakuan yang tepat terhadap
benda tersebut dan hubungan interaksi benda tersebut dengan manusia.
Selanjutnya respon yang timbul adalah bunyi bahasa yang sesuai dengan stimulus
yang diberikan.
Namun
tidak semudah membalikkan telapak tangan,diperlukan beberapa pendekatan,adapun
pendekatannya antara lain
·
Pendekatan Whole
Language
Awalnya pembelajaran Bahasa
Inggris di negara asalnya sendiri yaitu Inggris dan beberapa negara pengguna
Bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya seperti Australia, New Zaeland,
Kanada dan Amerika Serikat mengajarkan bahasa secara terpisah-pisah. Sejak
sekitar tahun 1980-an mulai menerapkan pendekatan whole language pada
pembelajaran bahasa ( Routman, 1991). Whole language adalah pendekatan
pengajaran bahasa secara utuh tidak terpisah-pisah (Edelsky, 1991 ; Froese,
1990; Goodman, 1986; Weaver , 1992) . Pendekatan whole language didasari oleh
paham kontruktifisme yang menyatakan bahwa anak dapat mengkonstruksikan sendiri
strutur kognitifnya berdasarkan pengalaman yang didapatkannya melalui peran
aktif dalam belajar secara utuh (whole) dan (integrated) terpadu. (Robert,
1996).
Komponen whole language adalah
Komponen whole language adalah
1.
Reading alloud, yaitu kegiatan membaca yang dilakukan guru kepada siswanya.
2.
Jurnal writing, yaitu suatu kegiatan menulis jurnal yang memberikan siswa
mencurahkan perasaannya tentang kegiatan belajar dan hal ikwal yang ada
hubungannya dengan pembelajaran serta sekolah dalam bentuk tulisan.
3.
Sustained silent
reading, yaitu kegiatan
membaca dalam hati.
4.
Guided reading, yaitu kegiatan membaca terbimbing.
5.
Guided Writing, yaitu kegiatan pembelajaran menulis terbimbing.
6.
Independen
reading, yaitu
kegiatan membaca bebas sesuai bacaan yang siswa gemari.
7.
Independent
writing, yaitu
kegiatan menulis bebas sehingga siswa dapat berfikir kritis dalam menganalisa
obyek atau hal yang ia tulis.
Kelas yang menerapkan pembelajaran berbasiskan whole language
adalah merupakan kelas yang kaya akan barang cetak, seperti buku, majalah,
koran, dan buku petunjuk. Di samping itu kelas whole language dilengkapi dengan
sudut-sudut yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan secara mandiri. Strategi
penilaian yang guru dapat lakukan dalam hal ini adalah melalui penilaian proses
dan fortofolio.
·
Pendekatan
Komunikatif
Menurut David Nunan (1989) dalam Solchan T.W., dkk (2001:66)
pembelajaran bahasa hendak dibelajarkan menggunakan pendekatan komunikatif.
Dimana pendekatan komunikatif berdasarkan teori bahasa adalah suatu sistem
untuk mengekspresikan suatu makna, yang menekankan fasa dimensi semantik dan
komunikatif daripada ciri-ciri gramatikal bahasa. Oleh karna itu yang perlu
ditonjolkan adalah interaksi dan komunikasi bahasa, bukan pengetahuan tentang
bahasa.
Teori belajar yang cocok untuk pendekatan ini adalah teori
pemerolehan bahasa ke dua secara alamiah. Teori ini beranggapan bahwa proses
belajar lebih efektif apabila bahasa diajarkan secara alamiah sehingga proses
belajar bahasa lebih efektif dilakukan melalui komunikasi langsung dalam bahasa
yang dipelajari. Kebutuhan siswa yang utama dalam belajar bahasa berkaitan
dengan kebutuhan berkomunikasi maka tujuan umum pembelajaran bahasa adalah
untuk mengembangkan siswa untuk berkomunikasi. Dalam pembelajaran Bahasa
Inggris dengan pendekatan komunikatif siswa dihadapkan pada situasi komunikasi
nyata , seperti tukar menukar informasi, negoisasi makna atau kegiatan lain
yang sifatnya riil.
Dalam pendekatan komunikatif peran guru hanya bersifat
memfasilitasi proses komunikasi , partisipan tugas dan teks, menganalisa
kebutuhan, konselor dan manajer pembelajaran. Sementara siswa berposisi pada
pemberi dan penerima, negosiator, dan interaktor sehingga siswa tidak hanya
menguasai bentuk-bentuk bahasa, tetapi bentuk dan maknanya dalam kaitannya
dengan konteks pemakaian. Materi yang disajikan dalam peranan sebagai pendukung
usaha meningkatkan kemahiran berbahasa dalam tindak komunikasi nyata.
Menurut pendekatan komunikatif metode yang tepat diterapkan
adalah metode komunikatif itu sendiri dengan uraian teknik seperti yang
diuaraikan dalam Santosa, dkk yang dipetik dari Tarigan yang disarikan dari
Solchan, dkk. (2001) berikut ini,
1.
Teknik pelajaran menyimak,
2.
Teknik pembelajaran
berbicara,
3.
Teknik pembelajaran membaca,
4.
Teknik pembelajaran menulis.
Sementara teknik evaluasi untuk pendekatan ini adalah tes
diskrit yaitu
1.
Tes yang bersifat terpisah
antar aspek kebahasaan.
2.
Tes integratif yaitu tes yang
memadukan semua aspek kebahasaan pada suatu tes evaluasi yang bersifat
tercampur.
3.
Tes pragmatik yaitu kemampuan
siswa dalam menggunakan elemen-elemen kebahasaan dalam konteks situasional
tertentu sebagai tolak ukurnya. Beberapa jenis tes pragmatis adalah, dikte,
berbicara, parafrase, menjawab pertanyaan, dan teknik rumpang.
·
Pendekatan
Ketrampilan Proses
Pendekatan yang lain yang sering dianjurkan untuk diterapkan
adalah pendekatan ketrampilan proses. Dimana pendekatan ketrampilan proses
diidentifikasi sebagai pendekatan yang memberi kesempatan seluas-luasnya kepada
siswa untuk terlibat secara aktif dan kreatif dalam proses pemerolehan bahasa.
Kalau dibandingkan dengan pendekatan whole language dan pendekatan komunikatif
maka pendekatan ketrampilan proses adalah dijiwai oleh dua pendekatan tersebut.
Demikian halnya dengan pendekatan CBSA yang pernah populer di era tahun 1980-an
juga merupakan cerminan dari dua pendekatan sebelumnya. Sampai kepada
pendekatan pakem dan yang terakhir adalah pendekatan quantum teaching.
1. Metode Pembelajaran
Metode mengajar guru akan mempengaruhi belajar siswa. Untuk itu guru harus berani mencoba metode-metode atau teknik-teknik baru yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan motivasi siswa. Sampai saat ini (sepanjang pengetahuan penulis) belum ada metode pembelajaran yang benar-benar sempurna. Untuk itu tidak ada salahnya jika guru mempertimbangkan saran yang disampaikan Soenjono Dardjowidjojo, yaitu guru harus bisa memetik dan memakai mana yang unggul dan membuang mana yang busuk. Artinya guru harus berani memadukan beberapa metode pembelajaran dalam rangka menuju 'kesempurnaan' pembelajaran.
Sebagai contoh, guru menggunakan pendekatan komunikatif sekaligus menggunakan pendekatan longitudinal. Dari kedua pendekatan ini, guru dapat mengambil sisikeunggulan kedua pendekatan tersebut. Dalam hal ini guru menyampaikan struktur bahasa yang benar (tetapi tidak melulu mengajarkan struktur) dan disertai memberikan kesempatan pada pembelajar (siswa) untuk mempraktikkan bahasa yang diperolehnya agar lebih komunikatif. Ketika pembelajar (siswa) mempraktikkan bahasanya, guru membetulkan kesalahan yang dibuat oleh pembelajar (siswa). Dengan demikian pembelajar akan terampil menggunakan bahasanya dengan meminimalkan kesalahan.
Selain itu, pengajar harus mengingat apa yang dikatakan Widdowson (dalam Dardjowidjojo, 2003:5) yaitu sudah saatnya kita meninggalkan model pembelajaran yang berorientasi pada language usage, sebab yang diperlukan pembelajar (sisiwa) sebenarnya adalah language use. Dalam hal ini guru hendaknya lebih menekankan pada penggunaan bahasa, artinya pembelajar (sisiwa) ditunjukkan tentang aplikasi bahasa dan ragam bahasa yang ada di tengah masyarakat. Hal ini bertujuan agar pembelajar (sisiwa) dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar jika ia nantinya terjun ke masyarakat.
Keputusan tentang metode pembelajaran mana yang akan dipakai harus
mempertimbangkan latar belakang pembelajar (siswa), antara lain latar belakang
sosial budaya dan bahasa ibu yang dipergunakan. Sebagai ilustrasi, berikut
contoh situasi yang dapat dipertimbangkan guru dalam mengambil keputusan
tentang metode pembelajaran yang berkaitan dengan bahasa ibu. Apabila
pembelajar (siswa) mempunyai ibu berupa bahasa daerah, maka sangat dimungkinkan
pembelajaran bahasa keduanya sangat dipengaruhi bahasa pertamanya.
PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TAHAP DEMI TAHAP ATAU "STEP BY
STEP:"
Pembelajaran adalah proses atau cara orang atau makhluk hidup
berkendak untuk terus belajar. Oleh karena itu kita diharapkan sebagai
pembelajar, yakni seorang yang tahu akan proses atau cara bagaimana menjadikan
dirinya senantiasa mau terus belajar. Demikian pula untuk menjadi pembelajar
bahasa Inggris, kita butuh ketelatenan dan ketekunan sedikit demi sedikit,
sehingga dari yang sedikit bisa menjadi bukit.
Yuk kita melakukan pembelajaran bahasa Inggris bersama-sama tahap
demi tahap (step by step), agar kita tahu dasar-dasar Bahasa Inggris secara
baik dan benar. Adapun sumber pembelajaran kita berasal dari Radio BBC (British
Broadcasting Service) yang secara kebetulan telah saya ikuti sejak saya
mahasiswa di Yogyakarta Sebelum kita mendengarkan program bahasa Inggris Step
By Step, biasanya kita sering mendengar siaran dalam bahasa Inggris sebagai
berikut :
BBC World Service, broadcasting to Indonedia. And now, it's time
for Step By Step, series for beginners. This program give you an opportunity to
learn the basic rules of grammar as well as some new language and which a
chance to practice what you hear.
Here's Step By Step. And now, it's time, An English Teaching
Program For Beginners. Step By Step gives you simple introduction to basic
English.
In the program you hear some everyday English. You learn some new
language as well as the basic rules of grammar. You also have chance to
practice some of words you hear.
BBC Step By Step, An English Teaching Program For Beginners, give
you a simple and practical English.
Oleh karena itu bahan pembelajaran bahasa Inggris yang paling pas
adalah kita ambilkan dari induk bahasanya di Inggris. Atau dengan kata lain,
kita ambilkan dari sumber yang dapat dipercaya yang mewakili negara asal bahasa
Inggris di Indonesia, yaitu Radio BBC Seksi Indonesia.
Pembelajaran akan kita bagi menjadi berbagai topik/tema/judul
pembelajaran.
Sebagai awal pembelajaran, marilah kita memulai dengan Pembelajaran
I : Bagaimana Kita Menyapa Orang Lain.
Thanks for listeners, you can hear more English Step By Step at
the sane time next.week. The series is
produced by Sue Coco Fok. To make sure, you don't miss any BBC English Teaching Program. a
broadcast on a number frequencies at different time to last today to find out
when and where you hear this teaching program in your areas, Write for the
letters to distant a far free program guide. The address is BBC English Program
Guide, Bush House, London.
Hal-Hal yang
Perlu Diperhatikan dalam Pembelajaran Bahasa 1. Metode Pembelajaran
Metode mengajar pengajar akan mempengaruhi belajar siswa. Untuk itu guru harus berani mencoba metode-metode atau teknik-teknik baru yang dapat membantu meningkatkan kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan motivasi siswa. Sampai saat ini (sepanjang pengetahuan penulis) belum ada metode pembelajaran yang benar-benar sempurna. Untuk itu tidak ada salahnya jika guru mempertimbangkan saran yang disampaikan Soenjono Dardjowidjojo, yaitu guru harus bisa memetik dan memakai mana yang unggul dan membuang mana yang busuk. Artinya guru harus berani memadukan beberapa metode pembelajaran dalam rangka menuju 'kesempurnaan' pembelajaran.
Sebagai contoh, pengajar menggunakan pendekatan komunikatif sekaligus menggunakan pendekatan longitudinal. Dari kedua pendekatan ini, guru dapat mengambil sisikeunggulan kedua pendekatan tersebut. Dalam hal ini guru menyampaikan struktur bahasa yang benar (tetapi tidak melulu mengajarkan struktur) dan disertai memberikan kesempatan pada pembelajar (siswa) untuk mempraktikkan bahasa yang diperolehnya agar lebih komunikatif. Ketika pembelajar (siswa) mempraktikkan bahasanya, guru membetulkan kesalahan yang dibuat oleh pembelajar (siswa). Dengan demikian pembelajar akan terampil menggunakan bahasanya dengan meminimalkan kesalahan.
Selain itu, pengajar harus mengingat apa yang dikatakan Widdowson (dalam Dardjowidjojo, 2003:5) yaitu sudah saatnya kita meninggalkan model pembelajaran yang berorientasi pada language usage, sebab yang diperlukan pembelajar (sisiwa) sebenarnya adalah language use. Dalam hal ini pengajar hendaknya lebih menekankan pada penggunaan bahasa, artinya pembelajar (sisiwa) ditunjukkan tentang aplikasi bahasa dan ragam bahasa yang ada di tengah masyarakat. Hal ini bertujuan agar pembelajar (sisiwa) dapat menggunakan bahasa dengan baik dan benar jika ia nantinya terjun ke masyarakat.
Keputusan tentang metode pembelajaran mana yang akan dipakai harus
mempertimbangkan latar belakang pembelajar (siswa), antara lain latar belakang
sosial budaya dan bahasa ibu yang dipergunakan. Sebagai ilustrasi, berikut
contoh situasi yang dapat dipertimbangkan pengajar dalam mengambil keputusan
tentang metode pembelajaran yang berkaitan dengan bahasa ibu. Apabila pembelajar
(siswa) mempunyai ibu berupa bahasa daerah, maka sangat dimungkinkan
pembelajaran bahasa keduanya sangat dipengaruhi bahasa pertamanya.
REFERENSI
European Commission - Languages
www.europa.eu.int
EuroCLIC www.euroclic.net
Translanguage in Europe www.tieclil.org
Centre for Information on
Language, Teaching and Research www.cilt.org.uk
Forum for Across the Curriculum
Teaching www.factworld.info
There has also been an ongoing
debate about CLIL in the press:www.guardian.co.uk/guardianweekly
Posted By : Muhammad Rezki Rasyak
No comments:
Write comments