blog visitors

Bandang-bandang (Bandang Mallojo) / Kue Seksi => Special Cake From South Sulawesi

Bandang-bandang (Bandang Mallojo) / Kue Seksi => Special Cake From South Sulawesi

Oke Sodara-sodaraku semua yang saya banggakan dan saya hormati, kali ini Daeng Ekky akan bahas salah satu lagi kue atau mungkin bisa disebut kuliner khusus di Daerah Sulawesi Selatan, namun mungkin ini kurang di ekspos atau kuarang banyak dikenal oleh orang beda hal nya dengan Barongko.

Namanya Bandang-bandang atau banyak orang memanggilnya kue seksi atau didaerah tanah bugis di sebut bandang Mallojo,kenapa kemudian dinamakan Kue Seksi ?. Hal itu dikarenakan Kue ini memiliki tamapakan atau tampilan yang tidak tertutup sehingga oleh masyarakat di panggil kue seksi, Mallojo atau seksi begitulah pendapat masyarakat sekitar,namun jangan salah kawan,seperti yang saya katakan dulu di kuliner sebelumnya, jangan berkomentar dulu sebelum merasakan nikmatnya kue ini.Bahan Utamanya sendiri mudah didapa, apa kira-kira ??

kalau anda menjawab banana alias pisang, yapz benar sekali cika',Utti alias pisang yang memang di daerah sulawesi selatan terkenal karena dapat disulap menjadi beragam jenis kue dan makanan,salah satunya ya bandang-bandang ini sobat. kalau masyarakat Sulawesi Selatan menyebut si pisang ini UTTI BUAH MAKANJA,alias pisang yang baik hati karena menyediakan daging untuk  bermacam kue.

Oleh karena itu hadirnya saya kembali di postingan ini akan memberikan sedikit ilmu dalam pembuatan bandang-bandang atau si kue seksi ini, cara buatnya mudah sekali, penasaran ....???

Mari baca resep dan pembuatannya !


Bandang-bandang (Bandang Mallojo) 

Bahan :
- Ubi Kayu (Singkong) atau di daerah bugis makassar sering di panggil Lame Aju atau Lame Kaju
- Pisang atau Utti/unti di daerah bugis makassar,untuk pisangnya masyarakat biasanya menggunkan pisang susu atau Unti te'na

- Kelapa Parut
- Garam
- Gula

Cara pembuatan :
- Ubi kayu alias Singkong kalau di daerha bugis makassar dikenal dengan nama Lame Aju atau Lame Kaju, terlebih dahulu dibersihkan dari kulit dan pengotor-pengotornya.

-Selanjutnya Ubi kayu yang telah bersih Diparut dan ditambahkan sedikit garam,sambil menyiapkan itu anda bisa membuka kulit pisang kemudian memotongnya menjadi dua bagian atau sesuka hati anda saja.jangan lupa untuk memarut juga kelapa yang anda siapkan untuk si kue bandang-bandang

- kemudian Ubi yang sudah diparut halus di balutkan pada potongan pisang yang anda telah belah tadi

- Kukus hingga matangnya merata dan warna Ubi pada balutan berubah agak hijau tua

- Selanjutnya anda lumuri gula pada si kue dan gulingkan pada kelapa parut

- Kue siap di santap


Bagaimana Kawan mudah kan, !!

nah itu dia resep dari daeng ekky semoga bisa bermanfaat yah, untuk acar kecil-kecilan mungkin,atau anda punya banyak buah pisang mungkin,dari pada si pisang lowong mending di sulap jadi kue seksi sesuai dengan petunjuk daeng ekky tadi.

oke akhirnya saya mohon pamit dulu,jangan lupa leave commentnya yah, untuk kesempurnaan blognya daeng ekky kasian.

thankz udah ngunjungin dan Wassalam.....


Posted By : Muhammad Rezki Rasyak








0 comments:

Post a Comment