Sunday, February 24, 2013

Apa itu Entrepreneur ? (what is Entrepreneur ??)

Nah kali ini daeng akan share tentang  Entrepreneur, apa itu entrepreneur, bagaimana pendapat para ahli tentang itu ???


oke langsung saja yah ,...

Entrepreneur berasal dari bahasa perancis yang artinya kontraktor,asal katanya yaitu entrprenant yang artinya giat,mau berusaha,berani,penuh petualangan,dan entrepredre yang artinya undertake (berusaha).

Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha.

Jean Batiste (1810) entrepreneur adalah sorang koordinator produksi dengan kemampuan manajerial,bisa dikatakan sebagai the pivot on which everything turns,pusat dari bergeraknya segala sesuatu,ditangan entrepreneur sesuatu yang masih abstrak,bisa diwujudkan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati orang banyak (Harefa dan Siadari, 2007)


Schumpter (1942) mendefinisikan entreprenueur sebagai seorang inovetor yang kreatif, sebagai inovator yang kreatif mereka dilihat sebagai seorang yang menyimpang dari segi sosial,menyimpang karena memilih yang berbeda dari orang kebanyakan,ketika memilih untuk mendirikan bisnisnya sendiri mereka ingin berkarya menghasilkan yang terbaik.

Lognecker (2000), entrepreneur adalah seorang yang memulai atau mengoperasikan sebuah bisnis, sedangkan menurut Zimmerrer dan Scarborough (2002) entrepreneur adalah seorang yang menciptakan sebuah bisnis baru dengan mengambil risiko dan ketidak pastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumberdaya yang diperlukan untuk mendirikannya.

meskipun berbeda definisi memandang entrepreneur dengan perspektif pandangan yang agak berbeda, semua mengandung unsur yang mirip seperti kemutakhiran (newness),penciptaan (creating), kekayaan (wealth), serta pengambilan resiko (risk taking). Entrepreneur juga dapat ditemukan dalam berbagai profesi seperti Pendidikan,hukum,arsitektur,rekayasa,kerja sosial,distribusi dan pemerintahan (Hisrich dkk., 2008)


gimana nih udah ngerti nggak defenisi entrepreneur, jadi entrepreneur itu tidak langsung usaha saja, tidak sama pengusaha juga dapat dikatakan entrepreneur, kecuali ia sudah menepeti semua persyaratan entreprenur tadi...


salah satu institusi yang menawarkan untuk menciptakan sosok entrepereneur yaitu IPB (institut pertanian Bogor) salah satu insitut dan universitas terbaik inonesia yang masuk dalam jajaran top 5 universitas indonesia
oke,...slam entrepreneur, semoga ilmunya bertambah yah..

posted By : Muhammad rezki rasyak


4 comments:
Write comments
  1. Akhirnya dapat juga pengertian entrepeneur, makasih kakak
    Lowongan Kerja

    ReplyDelete
  2. Twesocial helps you grow your twitter with real twitter followers. Buy Twitter followers and grow with active followers. Real results, real people. Get twitter followers now.
    Grab the opportunity with great pricing plans at our platform as we use the authentic and genuine techniques to provide real Twitter followers.
    We offer Buy Twitter followers, targeting audience, real account growth, safe and secure services as well as customized campaigns for you.

    ReplyDelete