Tuesday, August 14, 2012

Alasan orang belajar Bahasa Inggris

Alasan orang belajar Bahasa Inggris ?? (why people learn english language ???)

Nah kali ini daeng ekky akan bagikan alasan mengapa orang belajar bahasa inggris, mengapa sih banyak orang belajar bahasa inggris,memang untuk apa sih bahasa inggris itu ??

mari baca alasannya......





Mungkin Anda memiliki berbagai alasan untuk tidak meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda: Anda terlalu sibuk, bahasa Inggris terlalu sulit atau Anda tidak membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. Tetapi Anda salah! Temukan berbagai alasan mengapa bahasa Inggris penting bagi Anda dan juga orang lain!

Mendapatkan (jauh) lebih banyak teman
Bila Anda dapat berbahasa Inggris, maka Anda dapat berbicara dengan lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia. Itu bukan jumlah teman yang sedikit tentunya! Satu di antara empat orang di dunia berbicara paling tidak sedikit bahasa Inggris, dan jumlah yang belajar terus bertambah. Misalnya, di Cina sendiri, jumlah orang yang belajar bahasa Inggris telah melampaui jumlah seluruh penduduk Amerika Serikat. Bila Anda menguasai bahasa Inggris, Anda dapat chatting secara online, menulis surat dan berkeliling dunia – menggunakan satu bahasa!

Mempercepat kemajuan karir Anda
Kebanyakan bisnis internasional dilakukan dalam bahasa Inggris. Jika Anda menginginkan jabatan managerial di perusahaan multinasional, kemungkinan besar Anda akan dituntut untuk dapat berbahasa Inggris. Sejumlah perusahaan bergengsi bahkan sekarang menetapkan nilai IELTS atau TOEFL minimum bagi para calon pelamar pekerjaan. Dan lagi, bahasa Inggris tidak hanya penting bagi para pelaku bisnis. Dunia teknologi, penerbangan, pariwisata dan diplomatik bergantung erat kepada bahasa Inggris.

Menanyakan jalan di 75 negara
Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi atau paling tidak memiliki kedudukan khusus di 75 negara dan digunakan di lebih dari 100 negara. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional untuk bisnis, olahraga, akademik, ilmu pengetahuan, teknologi, periklanan dan diplomatik. Kuasai bahasa Inggris dan Anda dapat pergi ke mana saja, melakukan apa saja!

Membuka jendela dunia lebih lebar
Banyak buku, majalah dan surat kabar yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Banyak pula buku berbahasa asing yang hanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Jika Anda dapat membaca bahasa Inggris, Anda akan memiliki pilihan bacaan yang jauh lebih beragam; sama pula halnya dengan film.

Menaklukkan internet
Anda mungkin berpikir bahwa banyak situs yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya, 80% informasi elektronik hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sedangkan 20% bagian yang lainnya itu tidak semuanya didominasi oleh bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa asing non-Inggris lain, seperti bahasa Cina, bahasa Jepang, bahasa Perancis dan sebagainya. Jadi bayangkan hanya berapa persen dari seluruh informasi di internet yang tersaji dalam bahasa Indonesia.

Menjadi ilmuwan
Para peneliti dan ilmuwan di seluruh dunia berkomunikasi satu sama lain dalam bahasa Inggris. Konferensi ilmiah diadakan dalam bahasa Inggris dan hasil-hasil penelitian juga dipublikasikan dalam jurnal berbahasa Inggris. Lebih dari dua pertiga ilmuwan di seluruh dunia membaca dalam bahasa Inggris.

Mengejar kesempatan di luar negeri
Ada ribuan program belajar, bekerja dan sukarelawan di seluruh dunia, tetapi hampir seluruhnya hanya ditawarkan kepada mereka yang menguasai bahasa Inggris. Dunia yang penuh dengan kesempatan terbuka bila Anda berbicara bahasa Inggris.



Alasan lain mengapa orang belajar bahasa inggris  ??

1. Akses terhadap pengetahuan
Media-media yang ada sekarang ini – seperti internet, televisi, dan pers – memberikan kita akses yang hampir tidak terbatas terhadap pengetahuan tentang subjek-subjek favorit kita. Bahkan kita telah hidup di era informasi. Namun hanya ada satu masalah. Kebanyakan pengetahuan ini adalah dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa contoh pengetahuan yang dapat Anda gunakan jika Anda tahu bahasa Inggris.
·         Website-website di internet. Terdapat lebih dari 1 milyar halaman informasi di internet. Cukup menakjubkan bahwa dengan hanya mempelajari satu bahasa Anda sudah dapat mengakses hampir semua pengetahuan di Internet.
·         Buku - tentang subjek apapun, dari seluruh dunia. Buku dari berbagai pengarang, dan buku yang diterjemahkan dari bahasa lain. Apapun yang Anda tertarik dengannya, Anda bisa membacanya dalam bahasa Inggris.
·         Pers. Majalah-majalah dan surat kabar yang tersedia di seluruh pelosok dunia hanya yang berbahasa Inggris.
·         Sains. Bahasa Inggris adalah kunci bagi dunia sains. Pada tahun 1997, 95% dari artikel dalam Indeks Kutipan Sains ditulis dalam bahasa Inggris, meski hanya sekitar 50% diantaranya yang berasal dari negara berbahasa Inggris. (sumber)
·         Berita. Anda dapat menonton jaringan televisi internasional seperti CNN internasional dan NBC. Mereka menyiarkan berita jauh lebih cepat, dan lebih profesional dibanding jaringan-jaringan nasional yang lebih kecil. Dan Anda dapat menontonnya dimana saja di dunia.
2. Komunikasi luas
Bahasa Inggris suka disebut sebagai “bahasa komunikasi”. Mengapa? Karenapa kelihatannya semua orang di dunia telah sepakat menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara satu sama lain.
·         Sekitar 1.500.000.000 orang di dunia berbahasa Inggris. Sebanyak 1.000.000.000 lainnya sedang mempelajarinya. (sumber)
·         75% dari surat dan kartu-pos dunia dituliskan dalam bahasa Inggris. (sumber)
·         Hampir semua konferensi internasional dan kompetisi internasional diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Misalnya olimpiade.
Jika Anda bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, Anda dapat:
·         Menghubungi orang-orang dari seluruh dunia. Anda dapat menyuarakan ide-ide dan pendapat anda di kelompok-kelompok diskusi dan forum-forum di Internet. Mengirim e-mail ke orang-orang yang istimewa. Mempelajari kehidupan dan kebudayaan mereka.
·         Bepergian menjadi lebih mudah. Berkomunikasi dengan siapa saja kemanapun Anda pergi – English dipakai di lebih 100 negara (sumber). Menananyakan arah, melakukan percakapan, atau meminta bantuan. Siapa tahu, mungkin bahasa Inggris akan menyelamatkan nyawa Anda suatu hari.
3. Mendorong kemajuan karir
Jika Anda menginginkan pekerjaan yang baik di bidang bisnis, teknologi, atau sains, mulailah belajar bahasa Inggris sekarang juga! (Jika sebelumnya Anda telah memiliki pekerjaan yagn baik, maka mulailah belajar bahasa Inggris sebelum Anda kehilangan pekerjaan Anda tersebut!)
Dengan mengetahui bahasa Inggris anda dapat:
·         Memajang informasi “menguasai bahasa Inggris” di CV Anda. Anda akan mendapatkan pekerjaan impian Anda, dan mendapatkan lebih banyak gaji.
·         Memperoleh pengetahuan teknis. English adalah bahasa teknologi, khususnya teknologi tinggi seperti sains komputer, genetika, dan kedokteran. JIka Anda akan membaca informasi tentang teknologi, Anda kemungkinan harus melakukannya dalam bahasa Inggris.
·         Mempelajari ilmu komputer. Mampu membaca artikel-artikel teknis tanpa kesulitan. Atau menulis artikel sendiri.
·         Menjadi pebisnis kelas dunia. Bisnis internasional dilakukan dalam bahasa Inggris. Dan semua bisnis sekarang ini sifatnya internasional. Jadi jika Anda ingin terlibat, Anda harus mengetahui bahasa Inggris – menghubungi pebisnis lain, menghadiri pertemuan, membaca surat kabar bisnis internasional dan lain-lain.
·         Menggunakan komputer secara lebih efisien. Kebanyakan aplikasi komputer berbahasa Inggris, sehingga Anda akan paham lebih baik. Hampir semua masalah yang terkait dengan komputer, internet, blog, etc. dapat ditemukan solusinya di Internet dalam bahasa Inggris (ini pengalaman pribadi 
·         Mempelajari keterampilan baru untuk pekerjaan Anda.
4. Menikmati seni
Bahasa Inggris memungkinkan Anda untuk merasakan kebudayaan dunia tanpa ada bahasa lain yagn bisa menyamai. Dengan pengetahuan yagn baik tentang bahasa Inggris, Anda dapat melakukan hal-hal yang luar biasa:
·         Membaca buku-buku hebat. Setiap buku yang terkenal dituliskan dalam bahasa Inggris atau telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.
·         Menonton film dengan bahasa aslinya.
·         Lebih menikmati musik berbahasa inggris karena faham artinya.
5. Bahasa Inggris mudah dipelajari
Bahasa Inggris bukan saja bahasa yang paling bermanfaat di dunia, tetapi ia juga merupakan salah satu bahasa termudah untuk dipelajari dan digunakan. (sumber)
Itulah beberapa alasan perlunya mengetahui bahasa inggris dengan baik, dan menurut prof McKenzie, tidak lama lagi bahasa Inggris akan menjadi bahasa ke-dua dari semua orang di dunia. Bahasa Inggris akan menjadi sebuah mata pelajaran wajib dalam kurikulum semua sekolah di dunia. Pada akhir tahun 2010 sekitar 2 milyar orang (sekitar sepertiga populasi dunia) akan berbahasa Inggris sebagai bahasa ke-dua mereka. Ini tidak berarti bahwa kita tida perlu lagi belajar bahasa Indonesia. Justru terlihat ganjil jika kemampuan bahasa Inggris kita lebih baik dibanding kemampuan berbahasa Indonesia, sementara kita tinggal di Indonesia.
Menyadari pentingnya bahasa Inggris ini, dan terbatasnya sumber belajar bahasa Inggris yang gratis, terstruktur dan lengkap, saya telah mendedikasikan sebagian waktu saya untuk membangun sebuah media pembelajaran bahasa Inggris gratis online dan pilihan saya jatuh pada blog. Proyek ini sementara berjalan namun sebagian besar telah diselesaikan dan sudah dapat diakses. Buat sahabat-sahabat yang merasa masih perlu belajar bahasa Inggris, silakan segera meluncur ke TKP.




10 ALASAN LAIN BELAJAR BAHASA INGGRIS
1. Bahasa bisnis Internasional.
2. Bahasa perlombaan Internasional seperti Olympiade.
3. Bahasa yang paling banyak digunakan di internet.
4. Bahasa utama yang paling tertulis dari semua bahasa.
5. Bahasa utama komunikasi nomor satu di Dunia.
6. Bahasa wisata nomor satu di Dunia.
7. Bahasa Inggris dapat ditemukan di belahan Dunia manapun.
8. Bahasa utama organisasi Dunia seperti PBB, NATO, dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa.
9. Bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi nomor satu di Dunia.
10. Koran, majalah, berita TV dalam
bahasa Inggris ada di seluruh Dunia.

Alasan lain orang  belajar bahasa Inggris

Sudah lama penguasaan bahasa Inggris menjadi pengetahuan yang perlu dipelajari oleh orang Indonesia. Mulai dari tahun 60’an hingga sekarang, pelajaran bahasa Inggris menjadi subyek yang tidak kalah gengsinya dari pelajaran lain seperti Matematika dan IPA. Besarnya kebutuhan untuk belajar bahasa Inggris telah membuat pengetahuan ini menjadi sebuah komoditas bisnis tersendiri. Lembaga pengajaran bahasa Inggris swasta pun bermunculan seperti LIA, Jakarta College, Oxford, BBC, IEC, EF, TBI dan lain-lainnya. Lewat tulisan ini, saya menyatakan faktor geografi, komunikasi, akses pada informasi menjadi tiga alasan  yang masuk di akal di balik perlunya belajar bahasa Inggris bagi orang Indonesia.
Pertama, Indonesia dikelilingi oleh negara-negara yang kebanyakan penduduknya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama atau kedua. Negara-negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini. Selain di negara ini, dimana lagi sih ada orang yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu? Bahasa Melayu dan Indonesia memang masih bersaudara tapi belum tentu orang-orang dari Malaysia dan Indonesia saling memahami satu sama lainnya saat berbicara dengan bahasa masing-masing. Yang menguasai bahasa Indonesia di Singapura saja tidak banyak apalagi di Australia, Papua Nugini, atau Filipina. Faktor geografis menjadi alasan pertama mengapa orang Indonesia perlu mempelajari bahasa Inggris. Apabila suatu saat nanti seorang WNI bepergian ke salah satu negara yang disebutkan di atas, bekal pengetahuan bahasa Inggris akan mempermudah orang itu dalam berkomunikasi dengan warga negara setempat

Alasan kedua dan paling umum, bahasa Inggris perlu dipelajari karena penggunaan luasnya sebagai bahasa komunikasi Internasional. Agar dapat melakukan komunikasi dengan orang-orang yang berbeda latar belakang budaya dan kenegaraan, bahasa Inggris menjadi pilihan utama yang sering dipakai dalam melakukan komunikasi. Contoh yang mudah dilihat ada di dunia pariwisata. Para wisatawan yang melakukan perjalanan di negara asing lazim menggunakan bahasa Inggris untuk dapat berkomunikasi dengan warga negara asli yang dikunjunginya. Bukan hanya penutur jati bahasa Inggris, wistawan yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu juga memilih bahasa Inggris sebagai lingua franca-nya. Orang Jepang yang melancong ke Indonesia, menggunakan bahasa Inggris apabila dia hendak menanyakan sesuatu pada orang pertama yang ditemuinya di jalan. Wisatawan Indonesia yang berjalan-jalan di Paris akan sangat senang sekali apabila bertemu dengan penduduk setempa yang menguasai bahasa Inggris untuk dimintai bantuannya. Juga kecil kemungkinannya ada orang Italia yang berani berwisata ke India tanpa memiliki bekal bahasa Inggris yang memadai. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar resmi dalam dunia transportasi udara dan laut. Pilot pesawat, apapun kewarganegaraanya, dilatih untuk menguasai bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan pihak menara pengawas bandara yang menjadi tujuan pesawat yang diterbangkannya. Apakah dia menerbangkan pesawat di Asia atau di Afrika, dia harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Begitu pula pihak menara pengawas bandara pun harus mahir berbicara dalam bahasa Inggris, karena pesawat yang mendarat di bandara tidak hanya datang dari satu negara tapi juga manca negara. Tidak bisa dibayangkan rupanya apabila para pilot dan petugas menara pengendali harus menguasai seluruh bahasa di dunia ini. Sama halnya dengan dunia pelayaran, bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi resmi. Para petugas pelabuhan yang mengendalikan situasi akan selalu berhadapan dengan kedatangan kapal-kapal asing. Agar komunikasi lancar, petugas dan Syahbandar harus mampu berbicara dalam bahasa Inggris dengan kapal yang mana nahkodanya datang dari Amerika, Rusia, Perancis, Afrika Selatan, Korea, ataupun kepulauan Salomon. Agar urusan pekerjaan lancar, para pelaut dan petugas pelabuhan musti menggunakan satu bahasa yang umum dan netral. 

Informasi yang bersikulasi di dunia ini kebanyakan diterbitkan dalam bahasa Inggris. Buku-buku banyak yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Tidak soal siapa yang menerbitkannya, yang pasti untuk memperoleh pasar yang luas banyak penerbit menerbitkan bacaan dalam bahasa Inggris. Majalah besar seperti Newsweek, Time, Vogue, Bazaar, People, Life, National Geographic, MacWorld dll ditulis dan diterbitkan dalam bahasa Inggris. Koran seperti Washington Post, New York Times, Wall Street Journal, dan Sun juga terbit dengan bahasa Inggris. Buku-buku ilmiah pun terbit dalam bahasa Inggris. Apabila ada bahan bacaan yang terbit dalam bahasa non-Inggris, maka terjemahan bahasa Inggris pun pasti langsung dibuat dan dipasarkan. Website populer di dunia internet lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar untuk artikel di dalamnya, lihat saja Yahoo, Google, Wikipedia, Amazon, YouTube, dan Reuters. Acara televisi populer di seluruh dunia--F1, MotoGP, World Cup, Champions, American Idol, 24, CSI, MacGyver, dll--disajikan dengan bahasa pengantar Inggris. Stasiun televisi terkenal di dunia juga disiarkan dalam bahasa Inggris--CNN, BBC, NBC, Discovery, National Geographic, Animal Planet, ESPN, HBO, dan masih banyak lainnya. Jurnal ilmiah yang bersirkulasi di antara universitas elit dunia juga tercetak dalam bahasa Inggris.  Bahan referensi yang tersedia di universitas-universitas di Indonesia pun secara tidak langsung mengharuskan mahasiswa untuk memiliki bekal pengetahuan bahasa Inggris. Apapun minat Anda, informasi yang tersedia di sekitar Anda saat ini mensyaratakan pengetahuan bahasa Inggris yang akan sangat membantu dalam menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Ketrampilan bahasa Inggris yang dimiliki seseorang akan menolong dia untuk mengakses hal-hal yang selama ini tidak ada di dalam bacaan-bacaan yang terbit di Indonesia. Karena itu, kemampuan berbahasa Inggris akan memudahkan orang Indonesia untuk mengembangkan wawasan pengetahuannya dengan memberikan akses pada pengetahuan yang ada di luar Indonesia.

Berdasarkan ketiga alasan di atas, pengetahuan bahasa Inggris untuk perkembangan seorang individu di negara Indonesia menjadi suatu hal yang tidak terelakan. Suka tidak suka, subyek yang satu ini menjadi hal yang perlu dipelajari oleh setiap orang Indonesia. Biarpun Anda tidak yakin akan mendapat kesempatan untuk ke keluar negeri, pengetahuan ini tetap diperlukan juga. Minimal, Anda tidak perlu terbengong-bengong ketika menonton siaran berita CNN lantaran tidak ada terjemahan di bagian bawah layar televisi atau bingung saat membaca buku manual penggunaan alat elektronik yang hanya  tercetak dalam bahasa Inggris


berikutnya alasan lain Mengapa Anda harus belajar Bahasa Inggris?? 
Ada banyak sekali alasan dan manfaat yang akan anda petik jika Anda bisa menguasai Bahasa Inggris (paling tidak, Anda bisa secara pasif menguasainya). Dan inilah 9 alasannya: 



1. Untuk meningkatkan pemahaman secara global
Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Jika Anda sudah menguasai bahasa inggris secara benar, maka Anda berpeluang untuk bisa memahami kondisi global saat ini. Paling tidak, Anda sudah mengerti dengan berbagai istilah asing maupun bisa meng-eksplorasi kondisi dan pemahaman yang berlaku secara global. 

2. Untuk meningkatkan potensi kerja (jabatan, gaji lebih baik, dll)
Tidak bisa dipungkiri, kemampuan bahasa Inggris mutlak diperlukan untuk menunjang karier bagi para karyawan maupun bagi para pencari kerja yang sedang dalam tahap mencari kerja. Bahkan untuk beberapa perusahaan multinasional, kemampuan bahasa inggris Anda akan langsung di uji pada tahap akhir sesi wawancara.

3. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa kita sendiri  
Johann Wolfgang von Goethe pernah berkata: "Those who know nothing of foreign languages, knows nothing of their own." Kemampuan berbahasa manusia sungguh tidak terbatas, karena pada dasarnya bahasa adalah cara/alat untuk berkomunikasi. Sehingga pada orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, biasanya juga sangat piawai berkomunikasi dengan bahasanya sendiri.

 4. Untuk mengasah kognitifitas dan keterampilan dalam hidup
Bagaimanapun juga ketrampilan bahasa adalah skill yang diperlukan setiap manusia. Kebutuhan bersosialisasi dan memahami perilaku manusia adalah alasan kenapa setiap orang butuh mempelajari kemampuan berbahasa dengan baik dan benar.

  5. Untuk meningkatkan peluang masuk ke perguruan tinggi
Untuk para pelajar yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi favorit, maka mutlak diperlukan skill dan knowledge bahasa inggris yang baik.

6. Untuk membuat perjalanan lebih layak dan menyenangkan
Anda punya rencana ke luar negeri? Maka jangan ditunda lagi untuk mulai belajar bahasa inggris dari sekarang. Jangan sampai Anda mengalami kesusahan karena Anda tidak mempunyai kemampuan berbahasa Inggris sama sekali.

7. Untuk memperluas pilihan studi keluar negeri
Anda ingin berkuliah atau meneruskan kuliah Anda di luar negeri? Belajarlah bahasa inggris mulai sekarang. Karena takkan ada yang tahu ketika kesempatan itu datang, maka Anda sudah siap untuk menjalaninya.

8. Untuk meningkatkan value Anda dan agar Anda lebih dihormati
Dengan menguasai bahasa inggris Anda akan lebih dihormati di dalam lingkup sosial Anda, karena tidak semua orang bisa menguasai bahasa ini. Dan ketika Anda maju untuk membuktikan kemampuan Anda, maka Anda akan satu tingkat di atas orang rata-rata.

9. Untuk menjalin persahabatan maupun membangun jaringan Internasional
Anda sudah mahir melakukan percakapan dalam bahasa inggris? atau Anda sudah jago menulis dengan bahasa inggris? Maka gunakan kemampuan itu untuk mencari teman dari belahan dunia mana saja (ingatlah bahwa bahasa inggris adalah bahasa dunia) ataupun membangun kerjasama dan jaringan bisnis Internasional Anda.

subhanallah luar biasa kan kegunaan bahasa inggris itu,so buat apa nahan kebodohan lama-lama mari budayakan belajar bahasa inggris demi pengadaptasian di masa depan dan untuk masa depan kalian juga semuanya, sampai jumpa di artikel selanjutnya....


makasih udah ngunjungin blognya ekky....

Posted by : Muhammad Rezki Rasyak

3 comments:
Write comments