blog visitors

Makalah Sejarah,Kegunaan Internet,dan Dampak Penggunaan Internet (Sejarah Internet,Kegunaan,dan Dampak Penggunaan Internet) => History of Internet,Function and Impact Of Internet

Makalah Sejarah,Kegunaan Internet,dan Dampak Penggunaan Internet (Sejarah Internet,Kegunaan,dan Dampak Penggunaan Internet)



Nah kali ini daeng akan bagikan contoh makalahnya daeng tentang Sejarah,Kegunaan dan Dampak penggunaan Internet.Dewasa ini memangnya masih ada orang yang belum ngerti Internet,belum mengerti Facebook,Twitter dll,mungkin hanya orang hutan atai orang yang berada didaerah terpencil bahkan sangat terpencil yang tidak mengenal teknologi serta social network ini. berangkat dari situlah daeng bermaksud mengembangkn wawasan kalian untuk lebih mengenal Internet,kegunaan serta dampak dari penggunaannya, tidak usah berpanjang lebar kawan mari kita bahas........




Daftar Isi

BAB I 4
PENDAHULUAN 4
1.1.LATAR BELAKANG 4
1.2. RUMUSAN MASALAH 4
1.3. TUJUAN 5
BAB II 6

PEMBAHASAN 6
2.1. PENGERTIAN INTERNET 6
2.2. FASILITAS INTERNET 7
2.3. CARA MENJALANKAN INTERNET 13
2.4. PERANGKAT KERAS DAN FUNGSINYA UNTUK AKSES INTERNET 14
2.5. MANFAAT INTERNET 15
2.6. DAMPAK POSITIF INTERNET 17
2.7. DAMPAK NEGATIF INTERNET 18

BAB III 21
PENUTUP 21
3.1. KESIMPULAN 21

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat  Allah SWT, atas segala rahmat dan karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. 
Makalah  ini dibuat untuk memenuhi tugas yang di berikan Guru “TIK” dengan judul “INTERNET” dan juga sebagai pembelajaran / referensi saya dalam mempelajari TIK, khususnya bagi siswa SMA Negeri 2 Pangkajene. 
Kami mengucapkan terima  kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah  ini. Dan juga kepada pembaca yang telah menggunakan makalah  ini sebagai panduan belajar. 
Akhir kata, semoga makalah  ini bermanfaat bagi kami dan para pembaca untuk memberikan  tambahan pengetahuan, dan  wawasan khususnya dalam pelajaran TIK. 






Pangkajene, 28 Februari 2012 
Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


1.2. RUMUSAN MASALAH
Adapun masalah-masalah yang akan dijelaskan antara lain:
A. Apa yang dimaksud dengan Internet?
B. Apa saja fasilitas-fasilitas yang disediakan internet?
C. Bagaimanakan cara menjalankan Internet?
D. Apakah manfaat internet?
E. Apa saja perangkat keras untuk mengakses internet?
F. Apa saja dampak positif dan negative yang ditimbulkan?

1.3. TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu:
A. Untuk mengetahui menegetahui pengertian Internet.
B. Untuk  mengetahui  apa saja fasilitas yang disediakan oleh internet.
C. Untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan internet.
D. Untuk mengetahui apa saja manfaat internet.
E. Untuk mengetahui perangkat keras untuk mengakses internet.
F. Untuk mengetahui dampak positif dan negative yang ditimbulkan oleh internet.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. PENGERTIAN INTERNET
Internet merupakan kepanjangan dari interconnected networking, yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.  Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Internet adalah sebuah dunia maya jaringan computer (interkoneksi) yang terbentuk dari miliaran komputer di dunia. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda system operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun. Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan. Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.
Sejarah internet dimulai dari ARPANet, yaitu sebuah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pada tahun 1969 dilakukan sebuah riset yaitu bagaimana cara menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya atau membentuk suatu jaringan. Di tahun 1970 mereka berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer yang membentuk jaringan. Kemudian tahun 1973 jaringan ARPANet mulai dikembangkan di luar Amerika Serikat. Sejarah internet berlanjut ketika komputer di University College di London ikut bergabung dengan jaringan ARPANet. Di tahun-tahun selanjutnya jaringan ini semakin berkembang.
Pada tahun 1982, karena banyaknya komputer yang bergabung maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang menghubungkan semua komputer dan jaringan dan dibentuklah TCP/IP. Di tahun 1984 kemudian diperkenalkan sistem penamaan domain yang dikenal dengan DNS (Domain Name System). Internet kemudian tumbuh secara pesat di tahun 1990-an. Demikianlah sejarah internet secara singkat.
Internet terbagi atas 2, yaitu:

INTRANET
Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet sehingga terbentuk lingkungan yang seperti internet tetapi bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan. Biasanya Intranet dihubungkan ke jaringan Internet dengan dilengkapi firewall.

EXTRANET 
Extranet adalah jaringan privat yang menggunakan teknologi Internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok, vendor, mitra kerja, pelanggan, dan pihak bisnis lainnya dalam rangka mendukung operasi bisnis atau pengaksesan informasi bisnis 

2.2. FASILITAS INTERNET
1. WORLD WIDE WEB  [WEB]
Web merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. Untuk membuat Hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut Hypertext Mark up Language (HTML). File ini biasanya berextention *.html. Agar file yang berisi Hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP). Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL). Karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL.

Mengakses informasi berupa teks, gambar, suara, film, dll. Software browser yaitu Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator. 
Ada beberapa jenis web, antara lain Web Search Engine, Web Portal, Web Perusahaan, dan Web Pribadi. Web Searh Engine adalah web yang memiliki kemampuan untuk melakukan pencarian dokumen berdasarkan kata kunci tertentu. Selain itu, pencarian informasi dapat pula dilakukan dengan meng-klik link yang relevan pada web directory. Beberapa alamat web directory adalah: 
-Yahoo Directory (dir.yahoo.com); 
-Jayde Directory (www.jayde.com/); 
-Alive Directory (www.alivedirectory.com/); 
-A1 Web Directory (www.a1webdirectory.org)
Web directory menampilkan daftar link atau subjek berdasarkan kategori yang tersusun secara hirarki. Misalnya, informasi yang ingin ditelusuri adalah web graphics, hirarki yang muncul mungkin sebagai berikut:
Computers
     Internet
Web development
        Web graphics
Selain itu, terdapat pula situs yang dapat menampilkan daftar mesin atau alat pencari subjek spesifik, misalnya Beaucoup (www.beaucoup.com). 
Web Portal adalah web yang berisi kumpulan link, search engine, dan informasi. Web perusahaan adalah web yang menampilkan profil perusahaan atau lembaga, layanan yang ditawarkan, fasilitas yang dimiliki, dan segala sesuatu tentang perusahaan. Web pribadi adalah web yang menampilkan profil pribadi pemilik web yang bersangkutan. 
Berikut ini adalah contoh situs web yang dapat dikases berikut isi atau bidang yang termuat di dalamnya.
1) http://iteslj.org/ The Internet TESL Journal; berisi artikel-artikel, rencana pembelajaran dan bahan ajar, dan teknik pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. 
2) http://www.depdiknas.go.id/ Situs Web resmi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
3) http://www.unm.ac.id/ Situs Web resmi Universitas Negeri Makassar
4) http://www.kompas.com/ Situs Web Harian Kompas


Selain untuk menelusur informasi, situs web juga merupakan wahana yang baik untuk memperkenalkan lembaga, termasuk sekolah, kepada khalayak melalui internet. Sudah cukup banyak sekolah di Indonesia yang memiliki situs web dan dapat diakses melalui internet, misalnya Situs Web Resmi SMA Negeri 3 Bandung (http://sman3-bdg.net/05/index.php), Situs Web resmi SMK Negeri 3 Makassar (http://www.smkn3-upg.sch.id/), Situs Web resmi SMK Negeri 2 Majene (http://www.smkn2-maj.sch.id/), dan Situs Web resmi SMA Negeri 2 Makassar, (http://www.sman2mks.com/). Dalam merancang sebuah situs web sekolah, kita perlu memperhatikan jenis informasi yang akan dimuat di dalamnya. Berikut ini adalah salah satu contoh situs web sekolah, yakni SMA Negeri 3 Bandung. Situs tersebut memuat beberapa link yang memuat informasi penting sekolah, yakni artikel yang memuat sejumlah artikel; berita yang memuat berita terkini dan berita peristiwa di sekolah; kontak yang memungkinkan pengakses mengirim pesan ke situs tersebut; forum diskusi yang memungkinkan siswa dan guru berdiskusi dengan topik tertentu; tentang kami yang antara lain memuat sejarah, visi dan misi, struktur organisasi, dan komite sekolah; sarana dan fasilitas sekolah, termasuk laboratorium, perpustakaan, sarana ibadah, akses internet, dan sarana olahraga; informasi tentang beasiswa, informasi tentang penerimaan siswa baru, info akademik yang antara lain memuat kalender pendidikan, ujian nasional dan ujian sekolah, dan kriteria kenaikan kelas.  
Situs web seperti di atas merupakan media yang cukup efektif untuk dapat memperkenalkan sekolah karena dapat diakses kapan dan di mana saja. Bahkan, dengan situs web tersebut, sekolah memiliki peluang yang lebih banyak untuk bekerja sama dengan pihak lain.

2. ELECTRONIC MAIL [EMAIL]
Surat elektronik adalah pesan (surat, gambar, suara, dan video ) yang dapat dikirimkan, diterima maupun disimpan dan sewaktu-waktu dapat diambil kembali oleh user melalui internet/jaringan eletronik. Dengan fasilitas email ini mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Dengan semakin meluasnya penggunaan internet, fasilitas email juga semakin banyak digunakan untuk saling berkorespondensi, baik oleh individu maupun lembaga atau organisasi. Bahkan bagi sebagian orang atau lembaga, email sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Ini terjadi karena kelebihan yang dimiliki fasilitas email ini, yakni lebih cepat dan lebih murah. Hanya dalam hitungan detik, surat yang dikirim akan sampai pada kotak email yang dituju dengan biaya yang relatif murah. Bahkan dengan menjamurnya warung internet (warnet), harga yang ditawarkan untuk mengakses internet semakin gampang dan murah. 
Pada umumnya, email menyediakan kotak surat (mailbox) yang cukup besar sehingga dapat menampung surat-surat yang dikirim beserta lampirannya. Terdapat pula buku alamat yang bisa digunakan untuk menyimpan alamat-alamat rekan-rekan atau kolega sehingga memudahkan untuk menemukannya pada saat dibutuhkan. 
Dalam kaitannya dengan pembelajaran, email dapat menfasilitasi guru untuk mengirim tugas kepada siswa, dan sebaliknya siswa dapat menyetor tugasnya. Bahkan pada tingkat perguruan tinggi, mahasiswa memanfaatkan fasilitas ini untuk mengkonsultasikan tugas akhirnya dan koreksi dapat secara langsung dilakukan oleh dosen pada naskah tugas akhir yang dikirim oleh mahasiswanya. Guru atau siswa dapat pula menggunakan fasilitas ini untuk mengikuti milis (mailing list) sesuai bidang yang diminati, misalnya budaya, teknologi informasi, dan sains.
Untuk dapat menggunakan email, pengguna terlebih dahulu harus mendaftarkan diri. Ada beberapa search engine yang menyediakan layanan email gratis, misalnya: www.yahoo.com, www.hotmail.com, www.astaga.com, dan www.fastmail.fm.

3. TELNET
Telnet adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log in) sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada dikomputer tersebut.

4. FILE TRANSFER PROTOCOL [FTP]
Melalui FTP user bisa mengirimkan atau menerima data atau file dari satu komputer ke komputer yang lain di seluruh dunia (Download dan Upload). Anonymous FTP memungkinkan pengaksesan ke server FTP dengan login anonymous tanpa memerlukan password. Anonymous FTP adalah salah satu dari pelayanan dalam Internet yang cukup penting. Dengan akses ke berbagai anonymous FTP, Anda dapat memperoleh file-file secara grafis. Anda dapat menemukan program-program, gambar-gambar, majalah elektronik, artikel-artikel dalam kelompok diskusi tertentu. Salah satu program FTP adalah WS_FTP.

5. GOPHER
Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher. Gopher menyediakan pengaksesan informasi hanya berupa teks.

6. CHAT GROUPS / INTERNET RELAY CHAT (IRC)
Salah satu layanan komunikasi langsung di internet adalah internet relay chat (IRC). Layanan ini memungkinkan para pengakses internet melakukan chatting atau percakapan dengan pengakses internet lainnya dalam sebuah ruang chatting yang sama. Beberapa ruang chatting tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas teks, tapi juga grafik, suara, dan video. Ini berarti bahwa penggunanya tidak hanya dapat berkomunikasi lewat teks, tapi juga dapat menampilkan gambar, suara, dan video (melalui fasilitas webcam). Bahkan ia dapat digunakan untuk mengirim file. Pada umumnya, search engine menyediakan fasilitas chat. Bahkan portal e-learning yang dikembangkan lembaga pendidikan tertentu juga menyediakan fasilitas chat. 



Gambar : Ruang Chat Yahoo Messanger

Untuk melakukan chatting lewat teks, pengguna mengetikkan teks pada bagian yang disediakan dan mengirimkannya pada orang yang dikehendaki dengan mengklik tombol send atau menekan tombol enter pada keyboard. Jika terdapat fasilitas audio pada komputer yang digunakan, pengguna dapat melakukan voice chat, yakni menyampaikan atau mendengarkan pesan lisan dari teman chatting-nya, seperti halnya kalau menggunakan telepon. Bahkan bagi pengguna yang komputernya dilengkapi dengan fasilitas webcam, dia dapat melakukan chatting dengan melihat wajah rekan yang diajak bercakap-cakap.
Fitur layanan chatting ini sangat memungkinkan digunakan untuk pembelajaran jarak jauh (distance learning). Dengan fasilitas audio dan webcam yang disebutkan di atas, guru dapat merancang pembelajaran dalam bentuk teleconference, sehingga guru dapat menyampaikan pengajarannya kepada siswa-siswanya di manapun berada. Sebaliknya, siswa dapat pula berinteraksi dengan gurunya atau dengan siswa lainnya, walaupun pada tempat berbeda. Interkasi yang mungkin terjadi adalah siswa bertanya kepada guru atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa. Dengan demikian, siswa merasa bahwa gurunya berada di depannya.
Selain itu, konten yang dibicarakan dapat diarahkan pada bidang tertentu yang diminati, misalnya budaya, agama, pendidikan, teknologi, dan sebagainya. Untuk mengontrol pembicaraan atau diskusi, guru dapat mengarahkan siswanya dengan mengundang mereka masuk ruang konferensi (invite to conference) yang sebelumnya sudah dipilih atau diadakan oleh guru. Dengan demikian, guru dapat memonitor percakapan para siswanya. Pengguna chatroom dapat juga memilih untuk chat berduaan. Dengan kegiatan ini, guru atau siswa akan dapat bertukar pikiran atau saling membagi informasi tentang bidang yang sedang dibicarakan. Hal ini tentu akan memperkaya pengetahuan dan menambah wawasan mereka.


Gambar: Chat Room untuk one-to-one (berduaan)
7. USER’S NETWORK (USENET) DAN NEWSGROUP
Usenet, singkatan dari user network, adalah salah satu fasilitas di internet yang mirip dengan bulletin board system (BBS). Usenet digunakan untuk membaca dan mengirim pesan (biasanya disebut "articles" atau "posts") kepada satu atau lebih kelompok kategori. Dari segi aktivitas yang dilakukan para pengakses, usenet dan newsgroup merupakan forum diskusi. Usenet biasanya terdiri atas serangkaian newsgroups yang dibuat berdasarkan minat dan topik diskusi. Dengan kata lain, newsgroup adalah bagian dari usenet. Menurut Oetomo (2007), newsgroup ibarat papan komunikasi di mana setiap orang bebas mencari informasi yang dibutuhkan serta memberikan informasi yang dimilikinya. Setiap orang bebas memberikan komentar terhadap suatu masalah yang ada dan komentar akan terbaca pula oleh para pemakai newsgroup. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, fasilitas ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk berdiskusi tentang topik yang diinginkan. Hanya saja berbeda dengan fasilitas internet relay chat (IRC) yang dijelaskan di atas, karena bentuk komunikasi yang ditawarkan newsgroup ini adalah asinkronos. Artinya bahwa komunikasi antar pengakses tidak secara langsung pada waktu yang bersamaan. Berikut ini adalah tujuh hirarki utama usenet newsgroups yang dikenal dengan ‘Big 7”.
comp.* — Diskusi tentang topik berkaitan komputer 
news.* — Diskusi tentang Usenet sendiri
sci.* — Diskusi tentang bidang sains 
rec.* — Diskusi tentang kegiatan rekreasi (misalnya, games dan hobi) 
soc.* — Bersosialisasi dan Diskusi tentang isu sosial. 
talk.* — Diskusi tentang isu kontroversi, misalnya agama dan politik. 
misc.* — Diskusi serbaserbi—apa saja yang tidak masuk dalam hirarki lainnya. 

8. INTERNET PHONE/CONFERENCE
Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multimedia.

9. WAIS SERVER
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).

10. MAILING LIST
Kelompok diskusi - fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan seminar/konferensi konvesional.
Sejumlah milis gratis dapat dijumpai di internet, misalnya yang disediakan pada portal http://www.yahoo.com. Pengguna tinggal memilih topik yang sesuai dengan minatnya.

Dalam konteks pembelajaran, guru dapat menganjurkan atau bahkan menugaskan kepada siswa untuk mengikuti milis tertentu. Dengan milis ini, siswa akan mendapatkan pengalaman betapa banyaknya manfaat saling berbagi informasi satu sama lainnya. Selain itu, siswa juga dibiasakan untuk membagi informasi yang mereka buat sendiri kepada anggota milis lainnya. Informasi yang mereka peroleh dari milis dapat dijadikan sebagai bahan diskusi di kelas. Bahkan, ketika mereka mendapatkan masalah yang sulit dipecahkan, mereka dapat meminta bantuan dari aggota milis lainnya untuk mendapatkan jawaban atau solusi. 


2.3. CARA MENJALANKAN INTERNET
Ada 3 cara menjalankan internet, asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP:
1. Menggunakan menu
Klik START – PROGRAM – MOZILLA FIREFOX
2. Menggunakan icon di desktop 
3. Menggunakan icon di taskbar

2.4. PERANGKAT KERAS DAN FUNGSINYA UNTUK AKSES INTERNET
Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk mengakses internet dan fungsinya, antara lain adalah :
1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
2. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, Handphone
a. Saluran Telepon (Line Telepon)
Saluran telepon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan saluran telepon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Saat ini, kita tidak harus mendaftar lagi ke ISP, misalnya dengan menggunakan paket Telkomnet Instant yang secara langsung dapat melakukan akses internet.

b. TV Kabel
Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel. Agar dapat menggunakan modem kabel, computer harus dilengkapi dengan ethernet (ethernet card). Layanan akses modem kabel dapat melalui jaringan TV Kabel dengan ISP di antaranya : cbn, indosat, linknet, centrin, dan mynet.

c. ISDN
ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, serta merupakan transmisi system telepon analog ke system digital. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah. Layanan ISDN disediakan oleh ISP yang disebut dengan NSP (Network Service Provider).

d. Satelit
VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antenapenerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari 3 meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

e. Handphone 
Internet juga dikembangkan untuk aplikasi wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan handphone. Protokol yang digunakan disebut WAP. Wireless Application Protocol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. WAP bekerja dengan modus teks dengan kecepatan 9,6 Kbps. Selain WAP, dikembangkan pula teknologi GPRS (General Packet Radio Service), GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Saat ini, terdapat 3G (Third Generation) pada telepon seluler berbasis CDMA (Code Division Multiple Access), dimana 3G memiliki kecepatan transfer data hingga 230 Kbps.

2.5. MANFAAT INTERNET
Pemakai computer atau User dapat melakukan banyak hal melalui intenet, seperti:
Mencari informasi (hosting)
Belanja (e-commerce)
Berkirimsurat (e-mail)
Mengobrol (chatting)
Research dengan intenet
Manfaat Internet dalam dunia pendidikan, khususnya dalam menunjang pembelajaran, tidak diragukan lagi. Sumber-sumber belajar berupa artikel ilmiah, buku, laporan penelitian, bahan ajar siap pakai, dan media interaktif cukup banyak tersedia. Selain itu, beragam program dapat dijumpai di internet yang dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar yang lebih menarik. Bahkan, bahan-bahan otentik lebih banyak jumlahnya lagi yang sesungguhnya memiliki nilai pembelajaran bermakna apabila pemanfaatannya dirancang dengan baik. Hal ini tentu membutuhkan kompetensi guru yang memadai dalam hal menggunakan perangkat TIK yang sesuai, membuat perencanaan pembelajaran dengan integrasi TIK, mengevaluasi dan menyediakan bahan yang relevan, melaksanakan pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, dan membuat alat evaluasi.


Secara khusus, manfaat internet yaitu:
1. Bagi para guru, internet menawarkan beberapa kesempatan untuk:
a. Pengembangan Profesional.
b. Meningkatkan pengetahuan.
c. Berbagi sumber diantara rekan sejawat/ sedepartemen.
d. Bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri Kesempatan untuk menerbitkan/mengumumkan secara langsung.

e. Mengatur komunikasi secara teratur.
f. Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional.

2. Pemanfaatannya sebagai sumber bahan mengajar:
a. Mengakses rencana belajar mengajar & metodologi baru.
b. Bahan baku & bahan jadi yang cocok untuk segala bidang pelajaran.
c. Mengumumkan dan berbagi sumber. Sangat tingginya popularitas /sangat  tingginya  minat  untuk  meningkatkan  siswa  lebih  terfokusbelajar.

3. Bagi siswa Internet menawarkan kesempatan untuk:Belajar sendiri secara cepat, untuk:
a. Meningkatkan pengetahuan.
b. Belajar berinteraktif.
c. Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian.Memperkaya pengetahuan dan kemampuan diri dalam:
- Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain.
- Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia.
Salah satu dari manfaat yang sangat potensial dari Internet selain untuk para administrator dan pihak-pihak yang berkepentingan di lingkunganya itu adalah untuk memudahkan pengumpulan lembaran data-data sekolah yang dapat langsung terkirim langsung ketujuannya baik ke perorangan maupun kepada masyarakat luas. 


Guru-guru dari segala bidang mata pelajaran, terutama guru bahasa dan guru pelajaran ilmu sosial, dapat mengambil (download) berita dan kejadian-kejadian terkini yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar dikelas pada hari yang sama saat itu juga. Semua guru juga dapat menggunakan Internet baik untuk keperluan pengembangan diri secara pribadi maupun secara professional, demi kemajuan proses pendidikan bagi para siswanya dengan  bekerjasama dalam wilayah  regional maupun diseluruh dunia.
Manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi secara individual atau secara massa dan dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja. Kita juga dapat menyebarkan (publish) informasi yang kemudian bisa di akses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing. Kita bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis "chat" yangsangat luas yaitu mIRC.

2.6. DAMPAK POSITIF INTERNET
Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam interaksi sesama manusia. Dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, diantaranya:
1. Internet menghubungkan jutaan komputer yang tersebar di seluruh dunia 
2. Internet tidak terikat pada organisasi apapun 
3. Dengan Internet, organisasi dapat bertukar informasi baik secara internal maupun eksternal 
4. Internet dapat digunakan untuk semua platform
5. Internet dapat digunakan siapa saja untuk melakukan akses informasi apa saja dan bahkan untuk melakukan transaksi bisnis 
6. Surat menyurat (e-mail), fasilitas ini sudah sering kali kita dengar karena dengan fasilitas ini tidak hanya untuk saling mengirim pesan yang pnjang tapi juga dapat digunakan untuk mengirim tugas dalam proses belajar,
7. Berbincang (chatting), fasilitas ini memungkinkan seseorang untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya, dan bisa menambah teman dari berbagai belahan dunia,
8. Mengambil/mengirim informasi (download/upload), berbagai informasi mengenai apapun dapt diperoleh melalui internet, selain itu kita pun dapat turut andil dengan mengirimkan (upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui,
9. Menggunakan teknologi “teleconference” (konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh), karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis,
10. Mendapatkan hiburan, tidak hanya bagi orang dewasa, namun siswa sekolah dasarpun telah mengenal dan memanfaatkannya meski seringkali hanya untuk mendapatkan kesenangan,
11. Internet juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat belajar secara mandiri pada anak, misalnya dengan memanfaatkan software yang menarik untuk menggugah minat anak belajar. Isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang penuh dengan kegembiraan. Sekaligus menghindarkan anak dari rasa tertekan saat belajar karena menganggap pelajaran sulit dan menakutkan, dan sebagainya.

2.7. DAMPAK NEGATIF INTERNET
Pornografi, anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi memang tidak salah. Dengan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajarela. Untuk mengatasi hal ini, para produsen “browser” melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat diakses.
Violence and Gore atau kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
Penipuan, hal ini memang merajarela di bidang apapun, internet pun tak luput dari serangan penipu. Cara terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini.
Carding merupakan aktivitas pembelian barang di Internet menggunakan kartu kredit bajakan. Cara belanja menggunakan kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia Internet karena bersifat real-time (langsung). Para pelakunya paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
Perjudian, dengan jaringan yang tersedia para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi kebutuhannya.

Selain itu pun, ada beberapa dampak negatif lainnya yang dilihat secara konseptual yakni:

1. Information Anxiety
Terlalu banyak informasi sehingga tidak bisa memilih mana informasi yang benar / salah, penting / tidak, karena semakin banyaknya informasi yang ada sekarang, tidak semua informasi yang diberikan benar adanya. Khususnya yang menggunakan media internet.

2. Dehumanization
Hilangnya / turunnya penghargaan atas nilai individu, yang digantikan dengan angka identitas.

3. Health Issues
Stress yang ditimbulkan oleh penggunaan peralatan dan aplikasi berbasis TIK, ketergantungan akan teknologi informasi dan komunikasi, pengaruh radiasi gelombang elektromagnetis, pengaruh radiasi layar monitor, masalah persendian akibat kelelahan akibat kesalahan penggunaan keyboard dan mouse, masalah ergonomis, dsb.

4. Lost Of Privacy
Identitas digital membuat keberadaan kita selalu terdeteksi. Selain itu pemantauan kamera CCTV (Closed-Circuit Television) secara terus menerus yang berada / terpasang di beberapa tempat tertentu akan mengganggu privasi dalam kesaharian kita.

5. Cookies
Makin banyak informasi yang ditampilkan diinternet yang tanpa kita sadari membuka peluang penyalahgunaan oleh pihak – pihak tidak berwenang , contoh : account yang kita miliki di situs jejaring social seperti facebook, friendster, twitter, dll .

6. Digital Gap
Makin nyata adanya kesenjangan antara kelompok yang menguasai TIK dengan kelompok yang tidak menguasai TIK, baik dalam keseharian maupun di dalam pekerjaan.

7. Possible Massive Unemployment
Implementasi TIK secara besar – besaran, waktu – waktu dapat membawa dampak peningkatan jumlah pengurangan tenaga kerja, baik melalui PHK ataupun menyempitnya peluang tenaga kerja bagi karyawan yang tidak menguasai TIK.

8. Impact Of Globalization On Culture
Makin menghilangnya / menipisnya nilai – nilai budaya lokal akibat pengaruh globalisasi. Karena semakin cepat dan mudahnya penyebaran informasi dari dunia luar melalui internet.


BAB III
PENUTUP

3.1. KESIMPULAN

Internet merupakan kepanjangan dari interconnected networking, yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda system operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi.
Tingginya mobilitas penggunaan internet menuntut jaringan internet yang lebih fleksibel, sehingga seseorang yang sering bepergian tetap dapat mengakses internet walaupun di dalam mobil yang sedang berjalan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dikembangkan jaringan tanpa kabel (nirkabel) seperti telepon seluler. Jaringan ini dikenal sebagai jaringan internet tanpa kabel (nirkabel) yang dikenal dengan Wireless Aplication Protocol (WAP). WAP dalam beroperasi dapat menggunakan bantuan telepon seluler sebagai sarana penghubung.
Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi massa dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam interaksi sesama manusia. Dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu.
Daftar Pustaka

Suprihatin.2011. Makalah Dampak Positif Dan Negatif Internet Bagi Kehidupan Remaja.Ponorogo
 Maffuh, Benyamin dkk.1996. Penuntun Belajar Sosiologi II. Bandung: Ganeca Exact Bandung
M,Idianto.2006. Sosiologi untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Penerbit Erlangga.




5 comments:

Mahfud said...

wah, disini ada makalah sejarah juga..
XD

Lutvie Hakim said...

terimakasih artikel anda sangat membantu sekali

Muhammad Rezki Rasyak said...

siip

ivan verys said...

Thanks ya sob udah share ilmunya .........




bisnistiket.co.id

Muhammad Rezki Rasyak said...

sip gan, jangan lupa berkunjung lagi

Post a Comment