blog visitors

Nasuroka Amma na Manggeku Appilajara basa Inggris,Kenapa Sih orang harus belajar bahasa inggris ???, kenapa banyak orang yang belajar bahasa inggris ??? (Why You Should Learning English)

Nasuroka Amma na Manggeku Appilajara basa Inggris ( kenapa saya harus belajar bahasa Inggris ? )

hahahay....... itu adalah kata dari seorang anak di kampung halaman saya yang oleh ibunya dituntut serius untuk belajar bahasa nggris, dia kemudian bertanya kenapa saya harus belajar beahasa inggris ??

kenapa saya harus belajar bahasa Inggris ?
itu adalah pertanyaan yang paling sering muncul di kalangan masyarakat,pertanyaan yang sebenarnya kalau kita berandai dan berimajinasi bisa terjawab, nah cikali kali ini saya akan bahas kenapa orang belajar bahasa inggris,alasan orang belajar bahasa inggris,dan kenapa bahasa inggris seakan sangat penting ?

penasaranqi cikali nah ini dia beberapa alasannya


1. Akses terhadap pengetahuan
Media-media yang ada sekarang ini – seperti internet, televisi, dan pers – memberikan kita akses yang hampir tidak terbatas terhadap pengetahuan tentang subjek-subjek favorit kita. Bahkan kita telah hidup di era informasi. Namun hanya ada satu masalah. Kebanyakan pengetahuan ini adalah dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa contoh pengetahuan yang dapat Anda gunakan jika Anda tahu bahasa Inggris.
Website-website di internet. Terdapat lebih dari 1 milyar halaman informasi di internet. Cukup menakjubkan bahwa dengan hanya mempelajari satu bahasa Anda sudah dapat mengakses hampir semua pengetahuan di Internet.

Buku - tentang subjek apapun, dari seluruh dunia. Buku dari berbagai pengarang, dan buku yang diterjemahkan dari bahasa lain. Apapun yang Anda tertarik dengannya, Anda bisa membacanya dalam bahasa Inggris.

Pers. Majalah-majalah dan surat kabar yang tersedia di seluruh pelosok dunia hanya yang berbahasa Inggris.

Sains. Bahasa Inggris adalah kunci bagi dunia sains. Pada tahun 1997, 95% dari artikel dalam Indeks Kutipan Sains ditulis dalam bahasa Inggris, meski hanya sekitar 50% diantaranya yang berasal dari negara berbahasa Inggris. 

Berita. Anda dapat menonton jaringan televisi internasional seperti CNN internasional dan NBC. Mereka menyiarkan berita jauh lebih cepat, dan lebih profesional dibanding jaringan-jaringan nasional yang lebih kecil. Dan Anda dapat menontonnya dimana saja di dunia.

2. Komunikasi luas
Bahasa Inggris suka disebut sebagai “bahasa komunikasi”. Mengapa? Karenapa kelihatannya semua orang di dunia telah sepakat menggunakan bahasa Inggris untuk berbicara satu sama lain.
Sekitar 1.500.000.000 orang di dunia berbahasa Inggris. Sebanyak 1.000.000.000 lainnya sedang mempelajarinya. (sumber)

75% dari surat dan kartu-pos dunia dituliskan dalam bahasa Inggris. (sumber)

Hampir semua konferensi internasional dan kompetisi internasional diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Misalnya olimpiade.
Jika Anda bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris, Anda dapat:

Menghubungi orang-orang dari seluruh dunia. Anda dapat menyuarakan ide-ide dan pendapat anda di kelompok-kelompok diskusi dan forum-forum di Internet. Mengirim e-mail ke orang-orang yang istimewa. Mempelajari kehidupan dan kebudayaan mereka.

Bepergian menjadi lebih mudah. Berkomunikasi dengan siapa saja kemanapun Anda pergi – English dipakai di lebih 100 negara (sumber). Menananyakan arah, melakukan percakapan, atau meminta bantuan. Siapa tahu, mungkin bahasa Inggris akan menyelamatkan nyawa Anda suatu hari.

3. Mendorong kemajuan karir

Jika Anda menginginkan pekerjaan yang baik di bidang bisnis, teknologi, atau sains, mulailah belajar bahasa Inggris sekarang juga! (Jika sebelumnya Anda telah memiliki pekerjaan yagn baik, maka mulailah belajar bahasa Inggris sebelum Anda kehilangan pekerjaan Anda tersebut!)
Dengan mengetahui bahasa Inggris anda dapat:

Memajang informasi “menguasai bahasa Inggris” di CV Anda. Anda akan mendapatkan pekerjaan impian Anda, dan mendapatkan lebih banyak gaji.

Memperoleh pengetahuan teknis. English adalah bahasa teknologi, khususnya teknologi tinggi seperti sains komputer, genetika, dan kedokteran. JIka Anda akan membaca informasi tentang teknologi, Anda kemungkinan harus melakukannya dalam bahasa Inggris.

Mempelajari ilmu komputer. Mampu membaca artikel-artikel teknis tanpa kesulitan. Atau menulis artikel sendiri.

Menjadi pebisnis kelas dunia. Bisnis internasional dilakukan dalam bahasa Inggris. Dan semua bisnis sekarang ini sifatnya internasional. Jadi jika Anda ingin terlibat, Anda harus mengetahui bahasa Inggris – menghubungi pebisnis lain, menghadiri pertemuan, membaca surat kabar bisnis internasional dan lain-lain.

Menggunakan komputer secara lebih efisien. Kebanyakan aplikasi komputer berbahasa Inggris, sehingga Anda akan paham lebih baik. Hampir semua masalah yang terkait dengan komputer, internet, blog, etc. dapat ditemukan solusinya di Internet dalam bahasa Inggris (ini pengalaman pribadi  .

Mempelajari keterampilan baru untuk pekerjaan Anda.






4. Menikmati seni

Bahasa Inggris memungkinkan Anda untuk merasakan kebudayaan dunia tanpa ada bahasa lain yagn bisa menyamai. Dengan pengetahuan yagn baik tentang bahasa Inggris, Anda dapat melakukan hal-hal yang luar biasa:
Membaca buku-buku hebat. Setiap buku yang terkenal dituliskan dalam bahasa Inggris atau telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris.
Menonton film dengan bahasa aslinya.
Lebih menikmati musik berbahasa inggris karena faham artinya.

5. Bahasa Inggris mudah dipelajari

Bahasa Inggris bukan saja bahasa yang paling bermanfaat di dunia, tetapi ia juga merupakan salah satu bahasa termudah untuk dipelajari dan digunakan. (sumber)
Itulah beberapa alasan perlunya mengetahui bahasa inggris dengan baik, dan menurut prof McKenzie, tidak lama lagi bahasa Inggris akan menjadi bahasa ke-dua dari semua orang di dunia. Bahasa Inggris akan menjadi sebuah mata pelajaran wajib dalam kurikulum semua sekolah di dunia. Pada akhir tahun 2010 sekitar 2 milyar orang (sekitar sepertiga populasi dunia) akan berbahasa Inggris sebagai bahasa ke-dua mereka. Ini tidak berarti bahwa kita tida perlu lagi belajar bahasa Indonesia. Justru terlihat ganjil jika kemampuan bahasa Inggris kita lebih baik dibanding kemampuan berbahasa Indonesia, sementara kita tinggal di Indonesia.
Menyadari pentingnya bahasa Inggris ini, dan terbatasnya sumber belajar bahasa Inggris yang gratis, terstruktur dan lengkap, saya telah mendedikasikan sebagian waktu saya untuk membangun sebuah media pembelajaran bahasa Inggris gratis online dan pilihan saya jatuh pada blog. Proyek ini sementara berjalan namun sebagian besar telah diselesaikan dan sudah dapat diakses. Buat sahabat-sahabat yang merasa masih perlu belajar bahasa Inggris, silakan segera meluncur ke TKP.

Bukan hanya itu cikali ada lagi alasan lainnya nih

1. Bahasa bisnis Internasional.
2. Bahasa perlombaan Internasional seperti Olympiade.
3. Bahasa yang paling banyak digunakan di internet.
4. Bahasa utama yang paling tertulis dari semua bahasa.
5. Bahasa utama komunikasi nomor satu di Dunia.
6. Bahasa wisata nomor satu di Dunia.
7. Bahasa Inggris dapat ditemukan di belahan Dunia manapun.
8. Bahasa utama organisasi Dunia seperti PBB, NATO, dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa.
9. Bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi nomor satu di Dunia.
10. Koran, majalah, berita TV dalam bahasa inggris
 ada di seluruh Dunia

Mengapa Anda harus belajar bahasa inggris ?? 
Ada banyak sekali alasan dan manfaat yang akan anda petik jika Anda bisa menguasai Bahasa Inggris (paling tidak, Anda bisa secara pasif menguasainya). Dan inilah 9 alasannya: 
1. Untuk meningkatkan pemahaman secara global
Bahasa Inggris adalah bahasa dunia. Jika Anda sudah menguasai bahasa inggris secara benar, maka Anda berpeluang untuk bisa memahami kondisi global saat ini. Paling tidak, Anda sudah mengerti dengan berbagai istilah asing maupun bisa meng-eksplorasi kondisi dan pemahaman yang berlaku secara global. 
2. Untuk meningkatkan potensi kerja (jabatan, gaji lebih baik, dll)
Tidak bisa dipungkiri, kemampuan bahasa Inggris mutlak diperlukan untuk menunjang karier bagi para karyawan maupun bagi para pencari kerja yang sedang dalam tahap mencari kerja. Bahkan untuk beberapa perusahaan multinasional, kemampuan bahasa inggris Anda akan langsung di uji pada tahap akhir sesi wawancara
3. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa kita sendiri  
Johann Wolfgang von Goethe pernah berkata: "Those who know nothing of foreign languages, knows nothing of their own." Kemampuan berbahasa manusia sungguh tidak terbatas, karena pada dasarnya bahasa adalah cara/alat berkomunikasi. Sehingga pada orang-orang yang memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, biasanya juga sangat piawai berkomunikasi dengan bahasanya sendiri.
 4. Untuk mengasah kognitifitas dan keterampilan dalam hidup
Bagaimanapun juga ketrampilan bahasa adalah skill yang diperlukan setiap manusia. Kebutuhan bersosialisasi dan memahami perilaku manusia adalah alasan kenapa setiap orang butuh mempelajari kemampuan berbahasa dengan baik dan benar.
  5. Untuk meningkatkan peluang masuk ke perguruan tinggi
Untuk para pelajar yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi favorit, maka mutlak diperlukan skill dan knowledge bahasa inggris yang baik.
6. Untuk membuat perjalanan lebih layak dan menyenangkan
Anda punya rencana ke luar negeri? Maka jangan ditunda lagi untuk mulai belajar bahasa inggris dari sekarang. Jangan sampai Anda mengalami kesusahan karena Anda tidak mempunyai kemampuan berbahasa Inggris sama sekali.
7. Untuk memperluas pilihan studi keluar negeri
Anda ingin berkuliah atau meneruskan kuliah Anda di luar negeri? Belajarlah bahasa inggris mulai sekarang. Karena takkan ada yang tahu ketika kesempatan itu datang, maka Anda sudah siap untuk menjalaninya.


8. Untuk meningkatkan value Anda dan agar Anda lebih dihormati
Dengan menguasai bahasa inggris. Anda akan lebih dihormati di dalam lingkup sosial Anda, karena tidak semua orang bisa menguasai bahasa ini. Dan ketika Anda maju untuk membuktikan kemampuan Anda, maka Anda akan satu tingkat di atas orang rata-rata.
9. Untuk menjalin persahabatan maupun membangun jaringan Internasional
Anda sudah mahir melakukan percakapan dalam bahasa inggris? atau Anda sudah jago menulis dengan bahasa inggris ? Maka gunakan kemampuan itu untuk mencari teman dari belahan dunia mana saja (ingatlah bahwa bahasa inggris adalah bahasa dunia) ataupun membangun kerjasama dan jaringan bisnis Internasional Anda.





Posted By Muhammad Rezki Rasyak

0 comments:

Post a Comment