blog visitors

Defenisi Bahasa dan Ciri-ciri Bahasa (Definition of Language)

Bahasa adalah..............???

siiip kali ini daeng ekky akan bagikan seputar bahasa nih, tiap hari berbahasa tapi tidak tau apa itu bahasa, apa sih ciri-ciri bahasa sehingga ia bisa dikatakan bahasa, mari kita bahas 




Defenisi Bahasa

yang membedakan manusia dengan makhluk lain di muka bumi ini adalah manusia mempunyai kemampuan berbahasa.bahasa merupakan sumber kehidupan dan kekuatan manusia. bahasa adalah alat untuk berkomunikasi antar anggota masyarakat yang berupa simbol bunyi.

Ciri-ciri Bahasa

Bahasa memiliki enam ciri, keenam ciri tersebut adalah sistematik,arbitter,bermakna,komunikatif, dan ada di masyarakat.

a. Sistematik
bahasa itu tersusun secara teratur dan mempunyai arti. kata-kata yang tersusun itu menjadi frasa.Bila frasa itu digabung dengan kata lain,akan menjadi klausa,ketika klausa diberi intonasi atau diikuti klausa lain, akan menjadi kalimat.

b. Arbitter
bahasa memiliki hubungan dengan kenyataan.Antara bahasa yang satu dengan bahasa yang lain mempunyai hubungan dan dilambangkan dengan kata yang berbeda. misalnya, kata  Matahari, merujuk pada benda langit yang ada ditata surya dan sangat panas, memiliki sebutan lain yaitu :  sun,son,serengenge, dan panonpoe . bahasa memungkinkan semua orang dalam suatu kebudayaan untuk berinteraksi/berkomunikasi.

c. Vokal
Bahasa didasari oleh bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. bunyi tersebut divisualisasikan dalam bentuk tulisan yang disebut huruf. Dalam sistem tulisan, gabungan huruf membentuk suku kata dan kata.

d. Bermakna

bahasa memiliki makna. webber (dalam New Collegiate Dictionary, 1981) mengatakan bahwa bahasa merupakan alat yang sistematik untuk menyampaikan gagasan dengan memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, isyarat atau ciri konvensional yang memiliki arti dan dimengerti.

e. Komunikatif
bahasa merupakan sistem komunikasi, yaitu berinteraksinya pembicara dengan pendengar.

f. Ada di masyarakat
bahasa tampil dalam banyak model , idiotek, dialek dan bahasa itu sendiri. di samping itu, ada orang yang dapat menguasai lebih dari satu bahasa.


sekian dulu dari daeng, leave comment yah untuk penyempurnaan blognya Science and Culture untuk lebih baik lagi kedepannya

0 comments:

Post a Comment