Friday, April 13, 2012

Pentingnya Bisnis di Era Globalisasi ( Membuka wira usaha), Berharap Menjadi PNS Hanya Menambah Beban Pemerintah



Pentingnya Bisnis di Era Globalisasi ( Membuka wira usaha), Berharap Menjadi PNS  Hanya Menambah Beban Pemerintah
PENDAHULUAN

Oke kali ini Daeng Ekky akan share tentang pentingnya bisnis di era Global, sodaraku yang baik hatinya,banyak orang yang berpendapat bahwa orang bisa dikatakan sukses apabila bisa mencukupi kebutuhannya dan keluarganya, dan mendapt gaji pensiunan jika telah pensiun nantinya, hal itu merujuk pada pegawai, atau yang serig kita sebut dengan nama Pegawai negeri Sipil, peawai negeri sipil memang baik karena mengemban tugas penting dari negara untuk bidangnya masing-masing,namun sadarkah anda, seiring dengan berjalannya waktu jumlah peminat PNS ini kian hari kian bertambah,dan porsi penerimaannya sendiri sangat sedikit, bahkan tidak jarang seseorang sampai keluar daerah hanya untuk tes CPNS dan menjadi PNS,nah coba sekarang kawan-kawan berfikir sejenak, bagaiman pemerintah bisa menampung semua keluaran dari universitas keguruan dan lain-lain yang nantinya menuntut untuk menjadi pegawai,ada berapa universitas dan perguruan tinggi diindonesia,baik yang negeri maupun swasta, kesemuanya hanya berharap bisa menjadi PNS

terobosan barupun diketemukan yaitu berwirausaha,beberapa jenis bantuan pemerintahpun mengalir untuk memberi pinjaman dana bagi para bisnisman dan pewirausaha, nah inilah yang sebenarnya diharapkan pemerintah, "Bukan pemerintah yang memberi dan embukakan peluang kerja,tapi kita sendiri yang membuka peluang kerja tersebut". tentu banyak orang yang langsung berfikir untuk beralih ke bisnis, hal tiu karena bisnis dinilai memiliki peluang yang tinggi dan tidak lagi membebani pemerintah utnuk menjadi Pegawai,itu pula yang mengakibatkan di era modern ini bisnis muncul menjadi sato momok yang sangat penting,berikut saya sajikan laporan dan penelitian tentang pentingnya bisnis di era Globalisasi dan bagai mana menjadi pebisnis yang baik.

Pentingnya Bisnis di Era Globalisasi & Bagaimana Cara Menjadi Pebisnis yang baik

Latar Belakang Masalah
    Seiring dengan perkembangan zaman, manusia harus ikut serta mengiringi perkembangan tersebut.  Perkembangan tersebut mengakibatkan banyak hal yang berubah menjadi maju atau lebih berkembang dengan sangat pesatnya, seperti tentu tekhnologi, perkembangan zaman mengakibatkan perkembangan tekhnologi menjadi sangat pesat sekali, berkembang dengan sangat drastisnya.  Tak hanya tekhnologi yang berkembang pesat oleh karena perkembangan zaman, banyak hal lain juga yang ikut serta berkembang seperti ekonomi, bisnis, sosial, budaya dan lainnya pun ikut berkembang. Perkembangan zaman itupun membuat dunia bisnis menjadi berkembang, banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bisnis.



    Perlu kita ketahui di zaman sekarang ini semua kegiatan sudah memerlukan tekhnologi canggih karena perkembangan zaman tadi. Tak ketinggalan bisnis. Di zaman sekarang, bisnispun menggunakan beberapa media canggih dengan tujuan memperluas jaringan atau menarik keuntungan yang lebih dengan menggunakan media internet, dan lainnya.  Di zaman sekarang ini, banyak bisnisman (yang melakukan bisnis ) baik bisnis individu atau kelompok (organisasi) menawarkan produk yang akan mereka jual melalui jaringan internet. Karena apa? Karena dengan internet atau jaringan lainnya di dunia maya para bisnisman dapat dengan mudah mencari konsumen, dan modal yang di keluarkan pun lebih sedikit daripada dunia nyata. Jadi kesimpulannya hidup berbisnis sangat berkaitan erat dengan perkembangan zaman, yaitu perkembangan tekhnologi, karena sangat pentingnya tekhnologi bagi kehidupan manusia dan bisnis khusunya. Sangat penting sekali teknologi bagi kehidupan berbisnis, karena banyak juga keuntungannya seperti dengan tekhnologi yang canggih dunia bisnispun menjadi menarik untuk di pelajari, atau dengan tekhnologi yang canggih para bisnisman dapat dengan mudah dan dengan luasnya melakukan penawaran baik menawarkan barang ataupun jasa.

    Oleh karena itu penulis bergerak untuk menuliskan sebuah makalah ini dengan tema “MENGAPA KITA HARUS BERBISNIS” , dengan tujuan semoga pembaca bisa tau betapa sangat pentingnya dunia bisnis bagi umat manusia di zaman serba modern sekarang ini.  Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi semuanya dan pembaca khususnya. Dan karena alasan-alasan di atas juga penulis bergerak juga untuk pembuatan makalah ini dengan judul “ PENTINGNYA BISNIS DI ERA GLOBALISASI”, kita akan mengetahui hubungan antara perkembangan zaman, dengan bisnis. Dan hubungan antara kemajuan tekhnologi dengan bisnis. Itulah pokok-pokok yang akan di bahas dalam makals ini.


PENTINGNYA BISNIS DI ERA GLOBALISASI
Pengertian 


    Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu atau kelompok ( organisasi ) untuk menawarkan barang dan  jasa kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan cara transaksi. Maksudnya bahwa individu atau kelompok tersebut menawarkan dan menjual berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  luas dan membuat masyarakat luas tersebut puas dengan apa yang di berikannya itu.  Ada banyak cara agar bisnisman bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Karena perlu kita ketahui bahwa samakin banyak konsumen yang berminat kepada barang dan jasa yang di tawarkan maka keuntungan yang di dapatkan pun akan lebih banyak lagi. Salah satu cara yang banyak di pakai untuk menarik konsumen ialah pembuatan iklan. Para bisnisman kebanyakan berlomba-lomba mencari konsumennya dengan bisnisman yang lain dengan cara membuat iklan yang sangat menarik. Iklan merupakan media penghubung antara konsumen dan produsennya karena dengan iklan konsumen bisa tau apa-apa yang di tawarkan dan kualitas barang atau jasa tersebut.  Apalagi di zaman sekarang ini, iklan bisa di pasang di mana-mana, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.  Di dunia nyata iklan di tempel di jalan-jalan, di gedung-gedung bahkan di mana-mana iklan sangat banyak sekali meskipun tanpa kita sadari bahwa itu adalah sebuah iklan. Maksudnya terkadang orang tidak tahu bahwa yang di lihatnya tersebut ialah sebuah iklan, karena terlalu banyaknya sebuah iklan dengan berbagai macam produk berupa barang maupun jasa yang di tawarkan. Sebuah tontonan yang sangat biasa di kehidupan kita sehari-hari. Selain di dunia nyata di era globalisasi ini iklan bahkan bisa kita lihat di dunia maya, contohnya di internet. Setiap kita buka situs di sebuah internet pasti terdapat iklan yang mengenalkan atau seolah-olah mengajak kita untuk ikut dan membacanya.



    Di era globalisasi ini segala sesuatunya menggunakan kecanggihan atau tekhnologi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman. Dan agar lebih mudah juga di kerjakannya. Di zaman sekarang 70% pekerjaan manusia di lakukan bukan oleh tangan manusia itu sendiri artinya manusia dalam mengerjakan sesuatunya melalui bantuan mesin, atau alat-alat lain yang lebih canggih. Karena perlu kita ketahui juga ada banyak hal yang membuat semua pekerjaan manusia di lakukan oleh mesin atau barang berupa tekhonlogi salah satunya ialah karena perkembangan zaman itu sendiri percuma manusia cape mengerjakan bila pekerjaan tersebut bisa di lakukan oleh mesin atau alat-alat lainnya. Oleh karena itu media atau alat pembantu pada kegiatan berbisnispun berupa alat-alat canggih juga.

    Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua kegiatan manusia berkaitan dengan tekhnologi, di zaman ini terjadi banyak perkembangan khususnya di bidang tekhnologi, seperti contohnya di zaman sekarang ini, di zaman sekarang ini kehidupan manusia dan kegiatannya pasti berhubungan dengan tekhnologi yang tinggi dan tekhnologi itu sebagai alat pembantu yang sangat penting di bidang-bidang manusia itu sendiri. Dilihat dari kenyataannya saja di zaman sekarang semua kegiatan manusia pasti berhubungan dengan tekhnologi. Contoh kecilnya saja di zaman sekarang pedagang bakso yang biasanya berjualan berkeliling antara satu daerah ke daerah lainnya mendorong atau memanggul gerobak baksonya, di zaman sekarang sudah jarang kelihatan lagi. Di zaman sekarang pedagan bakso identik berjualan dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan lainnya. Itulah contoh kecilnya di mana di zaman sekarang ini semuanya serba canggih dan serba ekonomis. Oleh sebab itu semakin bertingkat atau majunya suatu zaman maka tingkat kompetisi pun akan semakin mejulang tinggi, artinya manusia-manusia di era globalisasi ini berlomba menggunakan fasilitas yang ada untuk mencapi berbagai macam tujuannya. Salah satunya ialah kompetisi dalam bidang bisnis. Bisnis merupakan suatu hal yang banyak di minati masyarakat luas karena melihat banyaknya keuntungan dan mudahnya bekerja karena faktor fasilitas yang canggih tadi. Banyak sekali peminat mendadak terjun dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan  bisnis.

Hubungan antara tekhnologi dengan kegiatan bisnis serta dampak globalisasi dan perubahan tekhnologi di dunia bisnis
Tekhnologi adalah pengembangan dan penggunaan dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. Akan tetapi, penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi. Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karenaitu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat. Karena teknologi di dunia ini ada banyak sekali maka penerapannya kemudian dibagi-bagi lagi kedalam cabang-cabang teknologi yang sudah banyak diterapkan pada masa kini seperti diantaranya teknologi komunikasi, teknologi nuklir, teknologi computer, bioteknologi, teknologi kedokteran dan masih banyak lagi teknologi-teknologi yang lainnya. Karena tekhnologi itu ialah suatu kata yang umum dan didalamnya terdapat berbagai macam cabang. Di kaitkan dengan tekhnologi yang sifatnya umum tersebut kegiatan bisnis sangat erat hubungannya. Semua tekhnologi pasti di butuhkan dalam kegiatan berbisnis sangat lah penting tekhnologi bagi kegiatan berbisnis tersebut karena lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah melakukan berbagai transaksinya. Bisnis memerlukan tekhnologi-tekhnologi yang canggih, yang dapat membantu semua kegiatan antara konsumen dan produsennya. Kebanyakan kegiatan bisnis memerlukan suatu tekhnologi yang tinggi untuk membantu karena dengan tekhnologi tersebut secara otomatis proses demi prosesnya di lakukan dengan cepat dan tidak memakan waktu yang lama.
Sebagaimana disadari, perekonomian global telah mengalami perubahan radikal dalam dua dasawarsa terakhir ini. Ekonomi dunia secara keseluruhan sedang mengalami perubahan pesat dengan adanya faktor-faktor yang mendasarinya. Faktor pertama, globalisasi, pertumbuhan perdangangan global dan persaingan internasional yang eksplosif berdampak pada tidak adanya negara yang dapat tetap terisolasi dari perekonomian dunia saat ini. Jika suatu negara tetap berupaya menutup pasarnya dari persaingan asing, maka penduduknya akan membayar lebih mahal untuk barang domestik berkualitas rendah karena keterbatasan alternatif. Tapi, jika membuka pasarnya, negara bersangkutan akan menghadapi persaingan ketat yang mau tidak mau memacu usaha domestiknya agar dikelola secara efisien dan efektif. Faktor kedua, adalah perubahan dan kemajuan teknologi yang sedemikian pesatnya. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa sekarang ini penduduk dunia berada dalam tahap ‘post industrialization’ dengan perkembangan teknologi yang sangant dramatik. Apa yang dikatakan sebagai penemuan baru dalam 2 atau 3 tahun yang lalu, sekarang mungkin dianggap ketinggalan zaman. Perkembangan internet dan bisnis yang menyertainya dalam beberapa tahun ini juga makin terasa dampaknya dalam aktivitas masyarakat keseharian. Kemudahan komunikasi yang disajikan memungkinkan perolehan informasi seketika. Dekade ini menyajikan kemajuan luar biasa dalam ketersediaan informasi, kecepatan komunikasi, bahan-bahan baru, kemajuan biogenetika, obat-obatan, serta keajaiban elektronika. Kemajuan teknologi komputasi, telepon, dan televisi telah memberikan dampak besar terhadap cara perusahaan menghasilkan dan memasarkan produk mereka. Karena teknologi telah memberikan makanan, pakaian, perumahan, kendaraan, dan hiburan baru yang lebih bervariasi. Jarak geografis dan budaya telah menyempit dengan munculnya pesawat udara, mesin faks, sambungan telepon, dan komputer global serta siaran televisi satelit. Kemajuan-kemajuan ini memaksa perusahaan untuk mengerti bahwa hakikat pasar tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu.

    Sebenarnya bukan hanya kegiatan bisnis saja yang membutuhkan jasa tekhnologi yang canggih untuk mempermudah semua kegiatannya. Semua kegiatan manusia di bantu oleh tekhnologi yang tinggi, baik kita sadari maupun tidak kita sadari. Maksudnya terkadang kita tidak sadar bahwa apa yang di pakai atau apa yang di lakukan oleh kita itu terbuat karena adanya tekhnologi yang tinggi tetapi karena saking terbiasanya jadi tidak terasa oleh kita bahwa itu semua adalah terbuat karena adanya tekhnologi yang tinggi. Oleh karena itu di zaman sekarang sumber daya manusia (SDM ) yang di butuhkan harus selalu berpendidikan tinggi dan mempunyai skill yang tinggi juga karena di era globalisasi ini tingkat kompetisinya pun tinggi. Dengan alasan-alasan itulah manusia di zaman sekarang harus mempunyai semangat untuk mencari ilmu dan pendidikannya pun harus tinggi.

    Dengan melihat alasan-alasan di atas bahwa sebenarnya hubungan antara tekhnologi dengan bisnis sangatlah erat khususnya di era globalisasi ini yang semuanya memerlukan alat tekhnologi yang canggih, alat-alat tersebut yang merupakan alat untuk membantu proses bisnis tersebut. Dan melalui system informasi (tekhnologi) yang canggihlah menjadi kunci menghadapi persaingan di era globalisasi ini, bersaing dengan banyak perusahaan-perusahaan yang lain yang juga menggunakan alat-alat canggih dan system informasi yang canggih pula.
Globalisasi dan teknologi telah mendorong seleksi alamiah yang mengarah pada ‘yang terkuat yang bertahan’. Keberhasilan pasar akan didapat oleh perusahaan yang mampu menyesuaikan diri dengan persyaratan lingkungan saat ini, yaitu mereka yang mampu memberikan apa yang siap dibeli orang. Baik individu, bisnis, kota bahkan seluruh negara harus menemukan cara menghasilkan nilai yang dapat dipasarkan (marketable value) yaitu barang dan jasa yang menarik minat beli. Sebagai dampak globalisasi dan perubahan teknologi, situasi pasar saat ini didorong kearah keadaan yang berbeda jauh sekali dibandingkan situasi pasat sebelumnya. Perubahan-perubahan tersebut tampak pada berbagai fenomena, antara lain: 

- Kekuasaan saat ini sudah beralih ke tangan konsumen.
- Skala produksi yang besar tidak lagi merupakan keharusan.
- Batasan-batasan negara dan wilayah tidak lagi menjadi kendala.
- Teknologi dengan cepat dapat dikuasai dan ditiru.
- Setiap saat akan muncul pesaing-pesaing dengan biaya yang lebih murah.
- Meningkatnya kepekaan konsumen terhadap harga dan nilai.

Situasi dan kondisi demikian memotivasi pelaku bisnis agar senantiasa mamapu mengantisipasi pasar secara berkesinambungan dan memberikan dorongan agar mempunyai keinginan untuk belajar dan belajar.. Untuk itulah, agar dapat bertahan, mereka perlu menganalisis pasar, mengenali peluang, memformulasikan strategi pemasaran, mengembangkan taktik dan tindakan spesifik, serta menyusun anggaran pelaporan kinerja. Perusahaan harus mampu memberikan apa yang diharapkan pelanggan dan menepati janji-janjinya secara konsisten. Dengan demikian, perencanaan bisnis yang benar-benar matang sangant diperlukan, sehingga bisnis dapat tumbuh berkembang dan mampu menghasilkan laba sebagaimana diharapkan. Perencanaan bisnis yang baik harus dapat secara jelas menggambarkan karakteristik bisnis yang sedang atau akan dilaksanakan sehingga pihak-pihak yang tertarik dapat melihat secara transparan dan mengerti dengan jelas prospek perkembangannya dimasa yang akan datang. Perencanaan bisnis yang baik harus memuat asumsi-asumsi serta alasan yang dipergunakan sebagai dasar perhitungan, seperti dasar perhitungan besarnya permintaan dan proyeksi penjualan, perhitungan harga pokok penjualan, strategi-strategi yang akan dilakukan, serta berbagai strategi manajemen untuk pengembangan bisnis.

Tantangan bisnis di Era Globalisasi

Persaingan makin ketat dengan tidak mengenal batas
Kegiatan berbisnis di era globalisasi semakin ketat persingannya, di era globalisasi seperti sekarang inilah banyak orang yang berlomba dengan memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mencari keuntungan dan konsumen sebanyak-banyaknya dengan berbagi caranya masing-masing. Persaingan di era globalisasi ini tidak mengenal batasnya, karena di dalam dunia bisnis dari waktu-ke waktu banyak terus menerus bertambah sehingga semuanya tak terbatas dan menghasilkan persaingan yang ketat sekali.
Akses informasi demikian mudah, cepat dan lebih murah oleh karenanya perluasan informasi produk (barang / jasa) yang ditawarkan harus makin gencar
Di era globalisasi akses informasi sangatlah mudah, artinya semua orang sangat mudah mencari informasi-informasi yang di butuhkan dalam bentuk apapun, selain mudah di era globalisasi semua orang bisa dengan cepat juga mengakses informasi-informasi yang ada, serta lebih murah. Dengan ke mudahan, kecepatan dan kemurahan tadi membuat suatu tantangan bagi para pelaku bisnis karena dengan kecepatan, kemudahan dan kemurahan itu lah produk (barang/jasa) yang di tawarkan pun semakin gencar, para produsen bersaing dengan memanfaatkan system informasi tersebut.

Sumberdaya alam tidak dapat dijadikan satu-satunya modal untuk memenangkan persaingan
Era globalisasi memang sangat kental atau berkaitan erat dengan tekhnologi yang tinggi, system informasi yang sangat luas, dan lainnya yang semakin berkembang. dengan perkembangan-perkembangan tersebut para produsen tak hanya mengandalkan sumber daya alam yang tersedia, karena para pelaku bisnis memanfaatkan fasilitas yang semakin canggih dan semakin pesat. Di era globalisasi sumber daya alam tidak dapat di jadikan satu-satunya modal untuk memenangkan persaingan meskipun masih ada juga yang menggunakan sumberdaya alam yang ada untuk di jadikan modal, tetapi di era sekarang ini sumber daya alam tersebut tidak dapat di jadikan modal karena fasilitas yang ada di era globalisasi ini lah yang memaksa bahwa sumber daya alam tak terlalu penting lagi.
Kemampuan penguasaan aturan bisnis yang bersifat global diperlukan (Ketentuan ISO, Eco-labelling, GATT, WTO, AFTA)
ISO (international organization for standardization) adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap Negara. Eco-labelling ialah Informasi bagi konsumen tentang seberapa tinggi kualifikasi peduli lingkungan (environmentally sound/awareness) suatu produk , maupun seberapa produk, nyaman dan aman , dari segi lingkungan , aman, lingkungan penggunaan produk tersebut. GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) adalah suatu  perjanjian umum tentang tarif-tarif atau harga dalam perdagangan, Organisasi Perdagangan Dunia (bahasa Inggris: WTO, World Trade Organization) adalah organisasi internasional yang mengawasi banyak persetujuan yang mendefinisikan "aturan perdagangan". Dan ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta  serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya. Dengan mengetahui organisasi-organisasi tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa di era globalisasi ini tantangan bagi produsen salah satunya ialah meminta izin dari organisasi-organisasi tersebut.


Keunggulan Komparatif harus ditunjang oleh keunggulan kompetitif
Keunggulan komparatif adalah (theory of comparative advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya, Sebagai contoh, Indonesia dan Malaysia sama-sama memproduksi kopi dan timah. Indonesia mampu memproduksi kopi secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi timah secara efisien dan murah. Sebaliknya, Malaysia mampu dalam memproduksi timah secara efisien dan dengan biaya yang murah, tetapi tidak mampu memproduksi kopi secara efisien dan murah. Dengan demikian, Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi kopi dan Malaysia memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi timah. Sedangkan keunggulan Keunggulan kompetitif adalah kemampuan perusahaan untuk memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan. Jadi intinya dalam hidup berbisnis pendapatan akan di raih lebih besar dengan memanfaatkan kedua keunggulan tersebut yang merupakan keunggulan yang sangat penting. Tak hanya keunggulan komparatif saja yang harus di terpakan tetapi juga kompetitif, dan usahakan keduanya saling berkebutuhan atau memanfaatkannya satu dengan yang lainnya.

Implementasi Internet & Intranet dapat mendukung upaya menjawab tantangan bisnis era global
Internet dan intranet sangat berperan penting dalam kegiatan berbisnis di era globalisasi ini tetapi implementasi untuk menjawab tantangan bisnis nya menjadi sebuah tantangan bagi para pelaku bisnis, sebelumnya kita harus ketahui terlebih dahulu arti implementasi adalah suatu proses yang bertujuan memecahkan suatu masalah dengan interaksi. Proses implementasi ini lah yang menjadi kendala sangat penting demi menjawab tantangan-tantangan berbisnis di era globalisasi, di era globalisasi ini sangat di butuhkan internet dan intranet untuk memenuhi segala kebutuhannya dan untuk mendukung upaya menjawab tantangannya itulah menjadi tantangan yang paling berat dalam kehidupan derbisnis di era globalisasi.

Keuntungan berbisnis di era globalisasi
Jika berbicara tentang keuntungan berbisnis di era globalisasi ini tentu sangat banyak keuntungan yang di dapat, selain berupa material maupun non material. Artinya berbisnis di era globalisasi ini sangat menguntungkan meskipun banyak tantangan yang di hadapi tetapi suatu tantangan tersebut akan luntur dengan sendirinya oleh sebuah kebiasaan, dan cara menghadapinya. Macam macam keuntungan berbisnis di era globalisasi di antaranya    :

Banyak fasilitas yang membantu kegiatan bisnis
Sangat jelas di katakana bahwa fasilitas pembantu sangat memudahkan proses kegiatan manusia salah satunya ialah kegiatan berbisnis, dengan alat alat yang tersedia kegiatan berbisnis sangat mudah di kerjakan, cepat dan aman. Dengan system informasi yang amat sangat berkembang pesat memudahkan suatu kegiatan bisnis menjadi sangat cepat, mudah dan aman.  Sistem informasi mempunyai 5 tipe dalam kegiatan berbisnis baik bisnis individu maupun kelompok, yaitu sebagai:
system pengolahan transaksi, dimana semua kegiatan transaksi akan diolah oleh suatu system tersebut dan membuat perusahaan dapat dengan mudah dan dengan cepat mengolah semua transaksi, selain itu pengolahan tersebut tanpa resiko yang sangat berat. Maksudnya semua transaksi tersebut akan di catat secara otomatis ole suatyu system informasi dan di arsipkan tanpa ada keraguan hilang atau lainnya.


Sistem kerja berbasis pengetahuan, system informasi pun berguna membuat suatu pengetahuan baru bagi pelaku bisnis, maksudnya Sistem informasi dapat membantu membuat, mencipta dan mengintegrasikan pengetahuan baru kedalam organisasi, jadi system informasi tersebutlah yang memberi banyak pengetahuan atau member banyak masukan.
Sistem Otomatisasi Kantor, sistem informasi ini lah yang bekerja mengotomatisasikan sebuah perusahaan artinya suatu sistem yang di rancang untuk membuat sebuah data produktivitas pekerjanya dengan sistem informasi ini, contohnya daftar hadir pekerja, dengan sistem informasi yang canggih pekerja dengan otomatis dapat di absen dan nilai pekerjaannya pun dapat di olah secara otomatis juga. Sistem otomatisasi ini sering di pakai oleh kantor-kantor, perusahaan yang sifatnya kelompok atau banyak karyawan dan lainnya.

 Sistem informasi manajemen, sistem yang dirancang untuk memberikan informasi mengenai perdagangan, karyawan dan harga-harga untuk manajemen Sistem yang merencanakan, mengendalikan dan mengambil keputusan melalui ringkasan laporan dan data rutin, laporan-laporan yang secara rutin dan beraturan di berikan kepada manajemen, secara otomatis. Sistem informasi manajemen sangatlah di butuhkan dan penting, di butuhkan untuk mengetahui berbagai hal tentang perusahaan, dan penting bagi kemajuan sebuah perusahaan tersebut.
Sistem pendukung kebutuhan,  sistem pendukung kebutuhan maksudnya ialah sistem yang berfungsi sebagai pendukung semua kebutuhan-kebutuhan dalam sebuah perusahaan. Sistem inilah yang menggabungkan  antara data, model dan alat analisis pengambilan keputusan tidak rutin, jadi semua kegiatan bisnis di gabungkan dan di jadikan arsip pribadi perusahaan. Sistem pendukung kebutuhan pun bisa juga di sebut sistem executive yang artinya sistem yang bekerja dengan cepat mengumpulkan berbagai data dan penganalisaan yang tidak rutin.

Ilmu pengetahuan yang didapatkan lebih banyak
Belajar bisnis tentu sangat menguntungkan semua bidang baik secara material dan atuau non material, maksudnya secara material jika kita belajar bisnis kita jadi bisa mendapatkan penghasilan atau pendapatan, dan secara non materialnya kita bisa memperbanyak rekan, teman dan bahkan kawan, dengan berbisnis kita jadi bisa tahu bagaimana cara menjual, membeli, dan menukarkan barang atau jasa kepada yang lainnya. Ilmu pengetahuan yang didapatkan banyak manfaatnya bagi kita semua. Manfaat inilah yang di jadikan panduan kedepannya apabila menjadi pelaku bisnis yang sebenarnya, selain itu juga manfaatnya ialah dapat mengenal secara langsung dunia bisnis dan cara-cara berbisnis, bisa mengenal cara untuk memasarkan suatu produk dan cara menjualnya. Itulah pokok-pokok pengetahuan yang terdapat dala bisnis yang ada di era globalisasi sekarang ini. Ilmu pengetahuannya pun tidak sekedar materinya saja, akan tetapi juga prakteknya di lapangan.
Cara sukses bisnis di era globalisasi
Dalam menghadapi tantangan global, diperlukan inovasi untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan. Apalagi saat ini pasar global sedang menghadapi perbaikan yang akan memberikan banyak peluang bagi para wirausahawan di pasar perdagangan yang baru.Pada saat perekonomian dunia dan sektor-sektor utama bisnis sedang menghadapi tantangan yang luar biasa, kita perlu terus berinovasi dan menumbuhkan semangat kewirausahaan, walaupun beberapa negara di Eropa masih menghadapi sejumlah tantangan ekonomi, bisa dipastikan bahwa perekonomian global sedang menuju ke arah perbaikan yang tentunya akan memberikan banyak peluang bagi para wirausahawan di pasar perdagangan yang baru.Agar sukses dalam era globalisasi, wirausahawan harus siap menghadapi bertambahnya kompetisi global dalam pasar global dalam pasar lokal dan pada saat yang sama siap memanfaatkan peluang untuk masuk ke pasar global. wirausahawan dapat mendapatkan keuntungan dari pasar-pasar yang baru terbuka dengan mendapatkan pengertian yang mendalam atas pasar global, menggunakan presentasi online dan menyesuaikan produk dan jasa untuk pasar-pasar ini. 

Selain itu juga untuk sukses di era globalisasi ini kita memerlukan etika-etikanya, etika inilah yang membuat konsumen seakan ingin untuk berminat dengan barang dan jasa yang di tawarkan. Setiap orang dalam kehidupan sehari-hari, akan selalu melihat atau berhubungan langsung dengan berbagai jenis kegiatan bisnis. Baik itu bisnis yang dilakukan oleh golongan menengah ke bawah ataupun pengusaha golongan atas. Semua kegiatan bisnis yang dilakukan haruslah mempunyai etika, yaitu seorang pelaku bisnis harus mempunyai tindakan yang terpuji seperti jujur dalam berbisnis, selalu belajar dari setiap kegagalan yang pernah dialami, dan tidak bersifat serakah atau tamak.
Seorang pelaku bisnis harus dapat membaca setiap peluang yang ada tanpa harus terpengaruh oleh orang lain dan berani untuk mengambil resiko, ini merupakan modal awal dalam menghadapi era globalisasi dimana perdagangan dunia jauh lebih bebas di masa mendatang. Dalam kondisi tersebut, semua pelaku bisnis harus siap untuk berkompetisi dengan tujuan agar memperoleh keuntungan yang maksimal. Tetapi perlu diingat, walaupun tujuan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan, bisnis tersebut harus tetap mentaati segala peraturan yang ada dengan tidak menghalalkan segala cara agar semua keinginan dapat tercapai.


Etika bisnis merupakan suatu usaha yang mendorong orang untuk selalu mematuhi dan melaksanakan persaingan bisnis yang sehat. Setiap pelaku bisnis memiliki cara yang berbeda-beda dalam menciptakan bisnis yang beretika, tetapi hal yang paling mendasarnya adalah mengendalikan diri dari tindakan main curang dan korupsi.
Beberapa hal yang harus dimiliki untuk menciptakan tindakan bisnis yang beretika :
1.        Mampu menentukan tindakan mana yang harus dijalankan dan mana yang harus dihindari,
2.        Mempunyai niat yang baik dalam berbisnis,
3.        Jujur dalam berbisnis,
4.        Tidak bersifat serakah atau tamak,
5.        Memiliki sifat bertanggung jawab,
6.        Mengendalikan diri dari tindakan main curang, dan
7.        Tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.

    Dengan etika yang seperti di atas tadi, konsumen yang menawar atau membeli barang kita berkemungkinan besar untuk berminat tinggi dan menjadi konsumen tetap, selain itu produsennnya pun akan di segani oleh para pesaingnya.

Kesimpulan
    Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu atau kelompok ( organisasi ) untuk menawarkan barang dan  jasa kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan cara transaksi. Era globalisasi adalah zaman atau waktu yang yang semua kegiatan manusia berkaitan dengan tekhnologi. Di era globalisasi ini segala sesuatunya menggunakan kecanggihan atau tekhnologi yang tinggi agar tidak ketinggalan zaman. Dan agar lebih mudah juga di kerjakannya. Jadi di era globalisasi ini kita di tuntut untuk bisa belajar berbisnis melalui sistem informasi yang di era globalisasi ini sistem informasi tersebut sangat di butuhkan untuk melancarkan, mempermudah dan mempercapat semua proses kegiatannya. Di era globalisasi sekarang ini pun untuk menyeimbangkan perkembangan zaman yang makin berkembang dengan pesatnya manusia di tuntut untuk belajar dan belajar. Jadi dapat di simpilkan bahwa kita belajar bisnis agar bisa menyeimbangkan suatu perkembangan zaman,  dimana di zaman tersebut (era globalisasi) di wajibkan untuk mengetahui berbagai macam kegiatan manusia termasuk kegiatan bisnis.



2 comments:
Write comments
  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    info lengkap Hubungi : www.fastpaynasional.com
    Hp:081335640101

    ReplyDelete
  2. Artickle yg terlalu banyak mengulang

    ReplyDelete