blog visitors

Penggunaan Telepon Genggam (HP) Yang kian hari kian Mencemaskan



 Penggunaan Telepon Genggam (HP) Yang kian hari kian Mencemaskan

Jreeeennggggg.... kali ini daeng Ekky hadir lagi sobat,buat hari kalian labih bermakna,buat budaya kalian lebih berwarna dan lebih hidup, nah pada kesempatan yang berbahagia ini daeng akan bahas mengenai alat elektronik yang kini sebenarnya sudah menjadi budaya kita,atau lebih tepatnya mungkin Internasional ya...!!

Telepon genggam (HP) yapz, siapa yang tidak kenal alat elektronik yang satu ini alat canggih yang kian hari kian marak serta kian canggih,alat yang bisa menghubungkan satu orang dengan orang yang lainnya di benua manapun kecuali di akhirat mungkin,namun kini kian hari kian mencemaskan si Bung HP ini, mengapa ??

Telepon genggam (HP) adalah media komunikasi modern yang bermanfaat kepada umat manusia.namun akhir-akhir ini,HP berkembang ke arah yang mencemaskan.Pertama,kuantitas HP berkembang dalam jumlah yang sangat besar seirama dengan produsen-produsen HP memproduksikan HP murah yang masa penggunaannya terbatas sehingga diperkirakan akan menjadi limbah yang menkhawatirkan didunia.Di Indonesia,HP sampah ini selain diproduksi sendiri juga di masukkan melalui Singapura dan Malaysia yang masih dapay di jual kembali ke masyarakat indonesia dengan masa pakai sekitar satu tahun.


Kedua,HP berkembang ke arah disfungsi sosial,di mana penggunaan HP dapat merusak sendi-sendi hubungan sosial masyarakat.Seperti Umpamanya HP di pakai sebagai alat pemantik dan pengendalian bom yang dapat menerima masyarakat. Dengan menggunakan SMS pun dapat digunakan untuk meneror anggota masyarakat lain,termasuk melalui HP juga dapat dilakukan penipuan,perampokan bank,dan sebagainya.

HP dapat pula digunakan sebagai media komunikasi dan Informasi,namun di masyarakat HP juga dapat digunakan sebagai media "sselingkuh",membohongi orang lain,membohongi suami atau istri,mahasiswa dan siswa dapat menggunkannya untuk menyontek di kelas atau menjoki pekerjaan atau tugas orang lain.

Didunia pelacuran,HP digunakan sebagai sarana Informasi dan media penawaran jasa pelacuran,Dulu pelacur hanya dapat menggunakan radio panggil yang masih sangat terbatas,namun hari ini mereka dapat memanfaatkan teknologi ini untuk menjual jasa pelacuran mereka.Termasuk pula para sindikat maling,kriminal,perampok,penipu dan sebagainya juga menggunkan media HP ini untuk melaksanakan niat-niat dan praktek kriminal mereka di masyarakat.

Pada masyarakat Indonesia yang sedang euforia bersama HP, kadang kala pengguna HP yang tidak sesuai dengan fungsinya  malah menimbulkan berbagai persoalan.Beberapa contoh umpamanya :

1. Menggunakan HP ketika mengendarai kendaraan bermotor sangat beresikomencederai diri sendiri dan orang lain.Karena ber-SMS atau menerima telepon saat berkendaraan akan mengurangi konsentrasi pengendara serta mengurangi keterampilan pengendara itu sendiri.Apabila hal ini dilakukan maka akan sangat berbahaya karena seringkali terjadi kecelakaan di jalan raya karena pengendara menggunakan telepon sambil menyetir motor atau mobil.Di beberapa negara perilaku ini menjadi objek pelanggaran hukum,namun diindonesia perilaku ini sudah biasa.

2. HP seringkali mengganggu suatu forum rapat,majelis taklim,suasana belajar di kelas,bahkan suasana ibadah di tempat ibadah,karena sering kali peserta rapat atau majelis taklim mnerima atau menggunakan telepon di saat ia berada di dalam forum-forum itu. Seringkali pula mahasiswa ber SMS ria dikelas saat kuliah sedang berlangsung sehingga mengganggu konsentrasinya.

3. HP yang kadangkula menjadi media yang digunakan untuk hal-hal yang tidak layak digunakan seperti menggunakan HP untuk menipu,meneror,,memarahi orang,menghasut orang,memfitnah orang dan sebagainya.Menggunakan HP untuk memfitnah dan meneror masyarakat adalah tindikan kriminal yang dapat dijerat oleh hukum.


sering pula HP di gunakan untuk berselingkuh,hal itu disebabkan karena berkirim SMS seseorang lebih leluasa menyampaikan apa saja yang harus kontak langsung dengan orang lain.Sifat orang yang pasif ini mengandung romantisme semu di dalam berkomunikasi. Romantisme ini terus berkembang apabila kedua pihak terus menerus ber SMS. Jadi,berkembang apabila kedua pihak terus menerus ber SMS.jadi pesan singkat akan menjadi pesan panjang lebar yang bermakna menggiring perbincangan ke arah satu fokus tertentu apabila kedua belah pihak terus saja ber SMS,terus saja mencurahkan isi hati,satu dan lainnya,sampai pada titik dimana keduanya sangat akrab,saling terbuka,saling memahami,dan saling menyukai satu sama lainnya.

4. Penggunaan HP yang berlebihan akan meningkatkan pembelian pulsa,hal ini menyebabkan seseorang sangat boros karena terbiasa bicara panjang lebar di HP atau mengirim SMS berbaris-baris.Saat ini diperkirakan penggunaan pulsa HP berbaris-baris.Saat ini diperkirakan penggunaan pulsa HP melebihi anggaran-anggaran perokok menginsumsikan tembakau perhari sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan dasar riil keluarga setiap hari.tentu hal ini berdampak pula pada keluarga setiap hari,juga berdampak pula pada kemampuan dan kemauan orang tua untuk menjalankan uang mereka kepada investasi pendidikan anak-anak mereka,karena biaya hidup keluarga terkuras habis untuk mebeli pulsa.




Referensi : "SOSIOLOGI KOMUNIKASI" oleh Prof. Dr. H.M. Burhan Bungin, S.Sos. M.Si

nah itu dia dampaknya sobat,ada banyak sekali sebenarnya dampak buruknya yang bisa muncul,tentu kita bisa bayangkan bagaimana kedepannya jika terus berlanjut,yah setidaknya kita harus prepare lah atau paling tidak mengurangi dan menekan jumlah sampah dan dampak tersebut.

akhirnya daeng ekky  mohon undur diri dulu,terima kasih sudah mau baca artikelnya daeng ekky, mohon kritik dan sarannya untuk pembangunan dan perbaikan blog dan artikelnya kedepan !

thanks.... and Wassalam

Posted By : Muhammad Rezki rasyak


0 comments:

Post a Comment